Skip to content

Insiden Lampu Sein di Jakarta

10 November 2016

pgc-jaktim-lalin-siang-hari-ramai1

Banyak insiden di jalan Jakarta. Insiden lantaran kendaraan berpindah lajur tanpa memberi lampu isyarat merupakan salah satu yang mengesalkan.

Coba saja simak kejadian berikut ini.

Lalu lintas jalan di kawasan Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur ramai lancar, suatu siang, beberapa waktu lalu. Kendaraan bermotor tumpah ruah. Antrean mengular, khususnya yang dari Jl Raya Bogor menuju Jl Dewi Sartika.

Mayoritas kendaraan siang itu adalah sepeda motor. Selebihnya ada mobil pribadi, angkutan kota (angkot), dan angkutan barang. Pergerakan dari Jl Raya Bogor ke Jl Dewi Sartika memiliki puncak pada pagi hari. Ketika itu, pergerakan nyaris sekadar beringsut. Laju kendaraan tak lebih dari lima kilometer per jam.

Siang hari, arus lalu lintas jalan cenderung ramai lancar. Sesekali cukup padat, namun lumayan bergerak.

Insiden yang saya lihat adalah ketika tiba-tiba sebuah sepeda motor berpindah arah dari kanan ke kiri jalan tanpa memberi lampu isyarat. Praktis sepeda motor yang di belakangnya menjadi kaget. Nyaris terjadi benturan bila pesepeda motor di belakangnya tidak mampu mengerem dengan baik.

Merasa jengkel dengan ulah sang pemotong tadi, pesepeda motor yang dibuat terkaget pun melontarkan kata-kata kekecewaan. Sahut menyahut pun terjadi walau tidak berlangsung lama. Pesepeda motor yang kecewa tampak mengalah karena sang pemotong lajur justeru tampil lebih galak.

Ya. Insiden seperti itu bukan mustahil terjadi setiap hari. Maklum, kecelakaan saja terus tercatat. Setiap hari, belasan kecelakaan terjadi di jalan-jalan Jakarta dan merenggut dua hingga tiga korban jiwa.

Bila pengendara menerapkan kehati-hatian dengan mentaati aturan, bukan mustahil insiden dan kecelakaan dapat ditekan. Saat insiden, tak jarang emosi berkobar-kobar. Hal ini bisa membuat situasi menjadi lebih runyam. Bisa menimbulkan gesekan sosial. (edo rusyanto)

2 Komentar leave one →
  1. 11 November 2016 16:26

    Bagaimana dengan lampu sein menyala yang kanan, kenyataannya belok ke kiri ?

    • 11 November 2016 17:19

      wah itu memprihatinkan😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: