Skip to content

Rambu Lalin Ini Bikin Orang Bertanya-tanya

6 April 2016

rambu sekolah

TULISAN ini berawal dari komunikasi saya dengan bro Yoga via twitter. Dia mengirimkan saya sebuah foto rambu jalan.

“Penjelasan rambu ini apa yah pak? Saya menemui ada empat rambu dari Balikpapan menuju Samarinda, Kalimantan Timur,” kata dia, baru-baru ini.

Dia menambahkan bahwa selama di Jakarta ataupun pulau Jawa, dirinya tidak menjumpai rambu tersebut. Rambu itu berlatar belakang warna biru. Ada gambar orang sedang berdiri dan ada gambar sembilan orang sedang duduk. Di dalam rambu ada tulisan ‘E=mc2’ seperti rumus Einstein.

“Apa ini rambu terbaru pak?” tanya dia.

Terus terang, saya juga tidak familiar dengan rambu yang satu ini. Berbekal rasa penasaran saya mencaritahu. Dan, akhirnya ketemu. Ini jawaban soal rambu lalu lintas bertuliskan E=mc2. Jawabannya ada di dalam Peraturan Menteri Perhubungan No 13 tahun 2014 tentang Rambu Lalu Lintas.

Rambu tersebut masuk dalam kategori ‘Petunjuk Lokasi Fasilitas Pendidikan.’ Ada dua yang masuk kategori fasilitas pendidikan, yakni Petunjuk Lokasi Sekolah dan Petunjuk Lokasi Perpustakaan.

Jadi faham deh.

Oh ya, rambu lalu lintas berdasarkan jenisnya terdiri atas a. rambu peringatan, b. rambu larangan, c. rambu perintah, dan d. rambu petunjuk.

Rambu peringatan digunakan untuk memberi peringatan kemungkinan ada bahaya di jalan atau tempat berbahaya pada jalan dan menginformasikan tentang sifat bahaya. Ciri utama rambu peringatan adalah memiliki warna dasar kuning, garis tepi hitam, warna lambang hitam, dan warna huruf dan/atau angka hitam.

Lalu, rambu larangan digunakan untuk menyatakan perbuatan yang dilarang dilakukan oleh pengguna jalan. Ciri utama rambu ini mencakup warna dasar putih, garis tepi merah, lambang hitam, huruf dan/atau angka hitam, serta warna kata-kata merah.

Sedangkan rambu perintah digunakan untuk menyatakan perintah yang wajib dilakukan oleh pengguna jalan. Bentuk rambu ini warna dasar biru, garis tepi putih, lambang putih, huruf dan/atau angka putih, dan
e. warna kata-kata putih.

Nah, rambu petunjuk digunakan untuk memandu pengguna jalan saat melakukan perjalanan atau untuk memberikan informasi lain kepada pengguna jalan. Ada dua warna dasar di rambu ini, yaitu hijau dan coklat. Sedangkan garis tepinya sama yakni putih, lambang putih, dan warna huruf dan/atau angka juga putih.

Kembali soal rambu Petunjuk Lokasi Fasilitas Pendidikan. Barangkali juga perlu terus disosialisasikan jangan sampai masyarakat bertanya-tanya. Pertanyaannya, siapa yang perlu mensosialisasikan rambu dan marka jalan secara kontinyu? (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: