Lanjut ke konten

Mutasi Yamaha V-max Rp 58 Juta?

20 Desember 2010

Yamaha V-Max. (foto:edo)

SAAT bertandang ke Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu-Jumat, 15-17 Desember 2010, sempat bertemu sejumlah bikers motor gede (moge) di kota Khatulistiwa tersebut. Perbincangan singkat namun terasa hangat sesama bikers pun mengalir. Termasuk soal mutasi sepeda motor lintas provinsi.

”Di Pontianak ada sekitar 48 anggota Ikatan Motor Besar Indonesia atau IMBI,” ujar bro Bobby, yang saat bertemu saya, Jumat, memakai Yamaha V-Max. Bobby saat itu menemani sejumlah anggota Temburong Bikers, Brunei Darussalam. Para bikers negara tetangga itu, sedang berbelanja cindera mata di Jl Pattimura, Pontianak yang terkenal sebagai pusat souvenir kota tersebut.

Bikers Brunei di antaranya memakai Yamaha Vstar dan Honda Goldwing. Mereka sedang menjalani touring lintas tiga negara yakni Brunei-Malaysia-Indonesia meliputi kota Serawak (Malaysia) dan Pontianak (Indonesia).

Menurut Bobby, anggota IMBI Pontianak memakai beragam moge. Seperti yang saya lihat saat bertemu di Jl Pattimura, ada yang memakai Suzuki GSX 750 dan Kawasaki ZZR 1.400.

”Kalau saya pakai moge paling banter seminggu sekali,” ujar bro Harry, sang penunggang Kawasaki ZZR.

Uniknya, ketiga moge tersebut memakai pelat motor Jakarta (B). ”Saya beli dari importir umum di Jakarta,” tukas bro Harry.

Sedangkan bro Bobby yang mengaku sudah beberapa kali memperpanjang masa berlaku pelat motor menjelaskan bahwa dirinya berniat mutasi ke Pontianak. ”Biaya untuk mutasi cukup tinggi, tergantung kapasitas mesin motor. Tapi, kalau V-max saya sekitar Rp 58 juta,” tukas dia, yang sehari-hari juga menggeluti bisnis bengkel itu.

Menurut dia, ada perasaan tidak enak dengan pemerintah dan kepolisian setempat jika terus memakai pelat nomor Jakarta. ”Tidak enak aja, tinggal di Pontianak tapi bayar pajak untuk Jakarta,” seloroh dia.

Karena itu, sejumlah anggota IMBI Pontianak, berniat mutasi secara kolektif. ”Biayanya bisa lebih murah 50% dibandingkan mengurus sendiri,” tukas dia.

Saat ini, persyaratan untuk mutasi kendaraan selain cek fisik motor, juga harus membawa surat tanda nomor kendaraan (STNK), buku pemilikan kendaraan bermotor (BPKB) yang asli, juga kartu tanda penduduk (KTP) daerah tujuan mutasi. (edo rusyanto)

 

foto-foto:edo

14 Komentar leave one →
  1. 20 Desember 2010 09:29

    V-MAX.. CADAAAAAAAAAAAAAASSSS…..

  2. 20 Desember 2010 11:22

    Alamak,
    Biaya mutilasi bisa kebeli N250R + variasi ny…

  3. Pr4 permalink
    20 Desember 2010 12:32

    CBR-250R atau mutasi …..?

  4. 20 Desember 2010 13:05

    Waduh! Mahal buanget…
    Oh iya Pak Edo, kita bayar pajak kendaraan bermotor tiap tahun kan y? Trus uangnya itu kemana y? Perasaan kualitas jalan di Indonesia gak meningkat terutama Bandung.. banyak banget lobang.. cmmiw..

    • 20 Desember 2010 17:39

      semestinya pajak dikembalikan kepada rakyat dalam pembangunan infrastruktur dan moda transportasi sehingga bisa lebih aman, nyaman, dan terjangkau. salam

  5. 20 Desember 2010 13:25

    ampunnn…..:-D

  6. ninja150r permalink
    21 Desember 2010 08:25

    mutasi seharga ninja 250r tuh :mrgreen:

    Modifikasi Honda CBR 250R Modif JDM MUGEN Keren lho 😀
    http://ninja150r.wordpress.com/2010/12/16/modifikasi-honda-cbr-250r-jdm-sentuhan-mugen/
    (HOT) YAMAHA LUNCURKAN YZF R125 TAHUN DEPAN!
    http://ninja150r.wordpress.com/2010/12/16/yamaha-luncurkan-yzf-r125-tahun-depan/
    Kumpulan Gambar Modifikasi Yamaha Byson
    http://ninja150r.wordpress.com/2010/12/11/kumpulan-gambar-modifikasi-yamaha-byson-update/
    Modifikasi Yamaha V-Ixion Menjadi Yamaha YZF R125
    http://ninja150r.wordpress.com/2010/12/15/modifikasi-yamaha-v-ixion/
    kupas tuntazzzz spesifikasi all new jupiter MX vs Old Jupiter MX
    http://ninja150r.wordpress.com/2010/12/17/kupas-tuntas-spesifikasi-all-new-jupiter-mx/
    SPESIFIKASI HONDA CBR 250R
    http://ninja150r.wordpress.com/2010/12/18/spesifikasi-honda-cbr-250r/

  7. Boombox Walker permalink
    30 Desember 2010 16:12

    ane sih pilih CBR1000 aja deh

  8. ANUAR RIZKY permalink
    29 Maret 2011 08:41

    V-Max numero uno, best speed…biaya mutasi dapet CBR 250 or N 250 R. perlu pertimbangan tuh.

  9. zecka permalink
    5 Juni 2012 22:39

    minat cari yamaha vmax berapaan yaa pasarannya ,please infonya yaa

  10. 20 Juni 2013 13:28

    kalo biaya mutasi CBR 150r tahun 2007 dari jakarta ke tasik berapa yaa???

  11. joy permalink
    7 September 2013 01:31

    waduuuuh….. gilee aje ndro, 58jt mending jualan pecel bebek daaaah…

  12. 16 September 2014 23:14

    beli motor yg secukupnya lah

  13. Ilham Saraan permalink
    11 Juli 2019 16:46

    mutasi 58 juta biaya apa aja coba terangkan….acam bukan duit aja 58 jeti brooooo…..np the best

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: