Skip to content

Lantai Trotoar Dipercantik Granit

5 April 2016

trotoar embong malang jatim

RASANYA pedestrian bakal nyaman berjalan di trotoar yang apik. Lewat trotoar yang aman, nyaman, selamat, dan indah bakal memperingan langkah.

Trotoar adalah fasilitas publik yang wajib disediakan oleh Negara. Fasilitas bagi pedestrian itu seyogyanya memberi rasa aman, nyaman, selamat, dan ramah bagi seluruh pejalan kaki.

Di sisi lain, trotoar menjadi simbol kota yang humanis. Wajah kota menjadi lebih manusiawi ketika trotoarnya memadai di tengah hiruk pikuk kendaraan bermotor yang mengguyur kota. Penataan kota yang apik akan tercermin dari tersedianya trotoar yang cantik.

Lihat saja trotoar di negara tetangga, Singapura atau Malaysia. Jalur pedestrian yang cukup lebar di kota memberi kenyamanan tersendiri bagi pejalan kaki. Tentu, kian apik manakala dilengkapi rindangnya pepohonan dan taman nan indah.

Di Jakarta, tentu di beberapa sudut utama kota, kita juga menjumpai trotoar yang cukup lapang dan nyaman. Misal, di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan atau di jalur Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat. Trotoar cukup lebar dan diberi keramik yang membuat nyaman mata memandang.

Penggunaan Granit

Secara sederhana, trotoar diharapkan bisa mengakomodasi perjalanan secara dua arah, yang masing-masing jalur bisa digunakan untuk minimal dua orang berjalan bersisian. Agar memperoleh rasa nyaman, lebar pedestrian setidaknya berukuran sekitar 2,5 meter.

Selain urusan lebar jalan, elemen penting lainnya adalah keleluasaan dalam berjalan. Lalu, memperhatikan unsur kebersihan dan keindahan, serta menggunakan bahan permukaan dan tekstur jalan yang sesuai.

Tekstur permukaan jalan untuk area pejalan kaki ini cukup beragam, tergantung material yang digunakan, seperti batu bata, batu beton, batu granit atau paving block. Karena trotoar merupakan fasilitas umum, material yang dipilih sebaiknya yang mudah dipasang, tahan lama, dan mudah pemeliharaannya. Penggunaan batu granit memberikan nilai ekstra, khususnya dalam membangun suasana nyaman, serta memberikan keindahan.

Menurut Kuntjoro Tjahjosarwono, GTS Manager Granito, PT Granitoguna Building Ceramics, selaku produsen homogenous tile merek GranitoTM pihaknya sejak dua tahun terakhir ikut mempercantik kota. Dia mencontohkan, akhir 2015, lantai GranitoTM telah menyuplai kepada pihak kontraktor yang ditunjuk PemKot Surabaya, Jawa Timur dalam mengembangkan trotoar di di sepanjang Jalan Ngeplak, Surabaya.

Begitu juga di beberapa ruas jalan di Jakarta, lantai Granito juga telah aktif terlibat dalam memperbaiki dan mempercantik area pedestrian. Spesifikasi dari tile yang digunakan dalam ruas trotoar di Jalan Prof. Dr. Satrio, Jakarta Selatan merupakan jenis tile Granito type Castello dengan perpaduan dari Crema, Rosso, Espresso dengan ukuran 40×40 cm.

”Penerapan lantai trotoar yang penuh warna dengan pemberian ornamen juga dapat menciptakan objek hiasan yang menarik bagi pejalan kaki,” kata dia.

Karena bagaimanapun, tambah dia, kebutuhan trotoar sebagai ruang terbuka publik terus meningkat seiring dengan penyesuaian gaya hidup dan standar hidup bagi masyarakat. (edo rusyanto)

foto trotoar di Malang, Jawa Timur, sumber istimewa

Iklan
2 Komentar leave one →
  1. 5 April 2016 09:20

    Reblogged this on Suetoclub's Blog.

  2. 6 April 2016 08:48

    mantap
    Tips memnafaatkan android agar ngasilin duit secara gratis >> http://www.traxima.com/Hotprod.php

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: