Lanjut ke konten

Ini Dia Otot Honda Absolute Revo

17 Maret 2011

Honda Absolute Revo SW. (dok ahm)

 

 

HONDA Absolute Revo masih merajai penjualan sepeda motor bebek di Indonesia. Pada Februari 2011, pangsa pasar motor ini mencapai sekitar 24,78% dari total penjualan motor bebek. Bulan itu, total penjualan motor bebek di pasar domestik sekitar 274 ribuan unit.

Tahukah Anda bahwa kekuatan motor yang iklannya dibintangi kelompok band Nidji itu, ada divarian mana? Yuk kita teropong sedikit dari data versi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi).

Sejak diluncurkan 30 Januari 2009, motor bermesin 110cc tersebut merangsek pasar dengan tiga varian yakni Absolute Revo tipe pelek jari-jari (spoke wheel/SW), tipe pelek racing (casting wheel/CW), dan tipe pelek racing deluxe (deluxe CW).

Sudah barang tentu, harga yang dibanderol untuk ketiganya berbeda-beda. Pada Maret 2011, harga yang dipasang untuk ketiga varian itu, masing-masing per unit Rp 11,865 juta, Rp 13,215 juta, dan Rp 13,815 juta.

Nah, sejak tahun 2009 hingga Februari 2011 pula, ternyata otot Absolute Revo ada di tipe SW, alias si jari-jari. Kenapa? Sederhana saja jawabannya. Faktor harga. Untuk motor bebek level bawah, konsumen sangat elastis terhadap harga. Praktis, selisih harga yang mencapai sekitar Rp 1,350 juta bakal calon konsumen berpikir ulang. Ya sudah, tipe SW lah yang dipilih.

 

Relatif Stabil

Volume penjualan tiga varian Absolute Revo tergolong stabil sepanjang tiga tahun terakhir. Motor yang pada Februari 2011 berkontribusi sekitar 47% terhadap total volume penjualan motor bebek PT Astra Honda Motor (AHM) itu, mencatat rata-rata penjualan sekitar 68 ribuan unit dalam dua bulan pertama 2011.

Pada tahun pertama masuk ke pasar, rata-rata penjualan Absolute Revo sekitar 72 ribuan unit dan meningkat pada 2010 menjadi sekitar 74 ribuan unit per bulan.

Dari ketiga varian Absolute Revo, fluktuasi terjadi di varian SW. Ketika tahun 2009 mampu terjual rata-rata per bulan sekitar 45 ribuan unit dan melejit menjadi sekitar 50 ribuan unit pada 2010,  justeru menurun menjadi rata-rata sekitar 45 ribuan unit pada dua bulan 2011.

Sementara itu, varian CW menempel di posisi kedua. Varian CW berkontribusi kedua terbesar. Sedangkan varian deluxe masih belum mampu mengimbangi dua varian lainnya. Mungkin karena faktor harga yang terlalu tinggi di segmen entry level.

Perjalanan 2011 memang masih panjang. Ada sekitar 10 bulan lagi. Fluktuasi pasti terjadi karena berbagai aspek, mulai dari daya beli hingga pencitraan produk. Nah, yang ini faktor yang sulit diterka. Walau, untuk entry level elastisitasnya tinggi terhadap harga, faktor citra pasti berpengaruh.

Para pabrikan rasanya berbondong-bondong membidik entry level yang sudah terbukti menjadi pilihan mayoritas konsumen di Indonesia. Siapa mampu menjaga citra, bisa memperbaiki volume penjualan. Kalau sudah begini, rasionalitas dalam pembelian sepeda motor menjadi abu-abu? (edo rusyanto)

21 Komentar leave one →
  1. 17 Maret 2011 12:09

    cobain dulu mbah..

  2. as2tie permalink
    17 Maret 2011 12:11

    bebek sejuta umat om

  3. 17 Maret 2011 13:08

    Kang edo!
    Klo gk salah artikel kmren
    Membhas new revo launcing hari ini..
    Kok blom ada kabar ya kang??

  4. tigerpiceks permalink
    17 Maret 2011 13:11

    lah katanya hari ini keluar new Revo ma Facelit Suprajoss baru mbaghh 😀 kok beritanya belun keluar yak?

  5. 17 Maret 2011 13:19

    lengkap bgt niihh

  6. kangmase permalink
    17 Maret 2011 13:22

    mang datanya dapet dari mana mbah?

    http://kangmase.wordpress.com/2011/03/17/bea-balik-nama-kendaraan-bermotor-bbnkb/

  7. Ground zero permalink
    17 Maret 2011 13:23

    Wah.ada repo baru ya.

  8. AshleyzZzzz permalink
    17 Maret 2011 13:27

    repo maning—–

  9. 17 Maret 2011 13:46

    masih penasaran apa sih bedanya abs revo sama blade :mrgreen:

    engine, rangka sama

    tapi segmennya berbeda :mrgreen:

    http://bladeus.wordpress.com/2011/03/17/biography-pembalap-motogp-casey-stoner/

  10. 17 Maret 2011 14:32

    wah, motor aye nih :))

  11. extraordinaryperson permalink
    17 Maret 2011 17:12

    di mari kan emang yg paling laku bebek 😀

  12. Paidjo_Padjah permalink
    17 Maret 2011 19:08

    ga ada info revo fit Om?

    • 17 Maret 2011 19:10

      belum sempat menulisnya nih, bahannya sih dah ada,hemmmm…kapan yah nulisnya?

  13. ali permalink
    17 Maret 2011 21:04

    nice inpoh ni kang edo,,,saya bner2 trtarik dgn ulasan kakang. sngat mmbantu buat artikel yg sedang saya susun. salam kenal y kang. dtunggu ulasan yg lain lgi nih.mkasih sebelumx.

  14. 18 Maret 2011 14:15

    info yang menarik.. semoga peminat revo semakin banyak lagi.. salam sukses

  15. 5 April 2011 09:31

    artikel tentang keunggulan dan kehebatan dari honda revo yang bagus sehingga menarik banyak peminat pembeli.. semoga terus bisa memberikan yang terbaik untuk konsumen.. sukses selalu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: