Lanjut ke konten

Senang Deh, Vixion Sudah Sehat

1 Februari 2011

foto:edo

”Pak, motornya akan diservis biayanya sekitar Rp 382 ribu tapi itu belum didiskon.”

PENJELASAN dari pihak bengkel resmi Yamaha, PT Sumber Mas Motor saya peroleh Senin (31/1/2011) pagi. Sontak saya amini dengan pertanyaan, ”Kapan selesai?”

Sang penelepon bilang, diusahakan Senin sore bakal rampung. Walau, belakangan saya mendapat pesan singkat (SMS) pada Senin, pukul 13.36 WIB. ”Pak motornya sudah selesai ya. Semua biayanya sudah diskon jadi Rp 373.100.”

Motor saya, Yamaha Vixion harus ’rawat inap’ untuk servis besar. Masuk hari Sabtu (29/1/2011) siang karena mesin sempat mati mendadak, lalu hidup kembali setelah didiamkan selama sekitar 30 menit.

Senin siang saya bergegas menuju bengkel yang terletak di Jl Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Butuh sekitar 70 menit mencapai bengkel tersebut. Maklum, saya harus naik angkutan umum.

”Problem motor bapak pada ring oli yang macet sehingga tidak naik ke atas,” papar sang teknisi, saat saya tiba di bengkel tersebut.

Dia menjelaskan bahwa ring piston Vixion saya macet. Dalam struck pembayaran tertera bahwa spare part yang diganti mencakup piston ring set (std) seharga Rp 140.000, seal valve (4) Rp 24.000, gasket cyl head 1 Rp 13.000, gasket cyl Rp 14.000, yamacollant Rp 28.000, dan ganti oli yakni oil yamalube sport 1 ltr Rp 33.000. selain itu, ditambah jasa skir valve Rp 30.000 dan biaya service besar Rp 100.000.

Lumayan juga nih mesti ngodok kocek, maklum, sebelumnya baru saja ganti rantai satu set Rp 575 ribu.

Oh ya, menurut mbak di bagian penerimaan pendaftaran servis, ada diskon untuk sparepart sebesar 5%. ”Tapi diskonnya bisa cukup lumayan kalau semua prosedur terpenuhi, seperti pelaksanaan servis rutin sesuai buku panduan dan selalu pakai oli yamalube,” tutur dia.

Bagi saya, dengan rampungnya servis sudah cukup membantu. Maklum, kurang ahli soal mesin motor. Saat dijajal menuju kantor ke sekitar Jl Sudirman, Jakarta Pusat, Vixion saya terasa seperti baru lagi. Lancar jaya, tarikan juga mantab. Semantab merogoh kocek biaya servis. ”Oh ya, kalau ada keluhan bisa dibawa kesini lagi pak garansi tujuh hari,” kata mbak tadi. Ok mbak, semoga lancar-lancar saja. (edo rusyanto)

71 Komentar leave one →
  1. 1 Februari 2011 06:11

    selamat pak edo, semoga sehat selalu vixinya

    • 1 Februari 2011 08:24

      Belum sehat mas. Masih 60 persen. Yang 40 persen KOMSTIR OBLAK…. :mrgreen:

  2. xxl123 permalink
    1 Februari 2011 06:29

    langsung di kasih minum pertamakk vixinya 😀

    welehh juragan ijo yg minum pertamak 😀

  3. Icaq's permalink
    1 Februari 2011 06:30

    Weh…serasa baru lagi. Jd enteng gitu tarikannya ya pak Edo?

  4. vyzex permalink
    1 Februari 2011 06:31

    he?
    cuma tujuh hari?

    ko bengkel dekat rumah saya, kalo servis besar garansinya satu bulan
    kalo servis kecil garansi satu minggu

    ngomong-ngomong, garansi vixy bukannya 3 tahun ya?
    mestinya ring piston masih garansi?

    atau cuma setahun?

    • AshleyzZzzz permalink
      1 Februari 2011 10:28

      vixy bukannya diacyl cylinder yah….apa punya mas edo dah lebih dari 3 tahun kali…

  5. 1 Februari 2011 06:48

    ia it bkan.a msti garansi pbrikan mas?
    kn mslh enjin tuh

  6. 1 Februari 2011 07:22

    udah sehat,lumayan juga habisx ya hehe…ada penjelasan lain kenapa ring oli disebutkan bisa sampai macet oleh pak?
    Ntp http://az147r.wordpress.com/2011/02/01/bebek-susah-punahnya/

  7. satriafu150 permalink
    1 Februari 2011 07:27

    Mantab…

  8. indent dewe permalink
    1 Februari 2011 07:27

    lagi2 yamaha…
    jupiter Z mogok di depan rumah. dibiarin sebentar trus stater hidup lagi.
    semalam vega r di depan saya mogok. distater ga hidup2. saya bilang tunggu aja sebentar.
    benar ga sampe 10 menit langsung tok cer.
    knapa ya?
    jadi pikir2 ama yamaha

    • AshleyzZzzz permalink
      1 Februari 2011 10:28

      cara pakai jg kali mas berpengaruh….

    • redlight permalink
      1 Februari 2011 13:32

      dasar sales 😀

      sering lihat merk lain mogok juga. cuma gue gak nyalahin merknya.
      perawatannya pasti gak bener

  9. NanaRedPro. permalink
    1 Februari 2011 07:30

    alhamdulillah pak,blik inreyen lgi dong

  10. sekopati permalink
    1 Februari 2011 07:58

    selamat beraktivitas dengan motornya lagi oom edo

  11. Piet-LAnang permalink
    1 Februari 2011 08:05

    semoga lancar aja pak, tolong direvew peanggunaan bbm pertamax sama premium dpaknya buat si vixi, scara dgn harga sekarang minum pertamax terus kagak sanggup nih, soale si vixi buat harian ‘nggolek upo’ 4o km ? hari

  12. Joko permalink
    1 Februari 2011 08:16

    Gimana kabar diasil cylinder dan forged piston. Garansi mesinnya berapa lama ya? Padahal servis rutin tiap bulan.

  13. 1 Februari 2011 08:22

    emang motor udah berapa km/tahun ya? kok udah turun mesin…setahu saya vixion pernah ada recall tersembunyi untuk kasus pompa oli (kata anak YVC) macet. ini bisa menyebabkan kasus seperti Mbah Edo…Ayo pabrikan garputala tanggung jawab dong..

  14. f41z permalink
    1 Februari 2011 08:36

    ada tmn yg batalin pesen vixion stelah baca2 indomotoblog. karena merk favorit dgn penjualan terbanyak tentunya akan banyak terekpose. beberapa diantaranya fuelpump gampang jebol klo pake premium,komstir ga awet, ban licin,ecu yg rawan ngacau klo kena panas, sekarang masalah ring piston ini. tp smoga permasalahan2 itu hanya case by case. mnurutku sih vixion adl motor produksi lokal dgn tech yg paling advance.permasalahan utamanya adlh sistem injeksi yg bikin bengkel umum angkat tangan. terus terang ini yg bikin sebagian orang takut piara vixion termasuk gw yg paling anti bengkel resmi coz PASTI MAHAL DIBANDING BENGKEL UMUM. untung skrg ada byson.
    intinya ganti byson donk bang Edo.HE3…

    • AshleyzZzzz permalink
      1 Februari 2011 10:31

      wah…kepercayaan orang beda2 yah,,,no offense yah mas…saya sich lebih percaya beres,,,mungkin selisih..bisa lumayan atau dikit…..tapi masing2 lagi…mungkin saya belom menemukan bengkel umum yg sreg dihati……dan begitu pun dengan bro faiz….

  15. 1 Februari 2011 09:36

    hmmm…selaamat deh Eyang Edo…bisa dipakai lagi tuh vixi buat jjl dan mencari sekantong uang :mrgreen:

  16. 1 Februari 2011 09:37

    Piston Ring set dll itu bukan ny termasuk komponen di dalam mesin pak edo,??
    Kata ny garansi mesin 5 tahun kog ada masalah di mesin malah di kenakan biaya pada konsumen,??
    Ini jelas” KEBOHONGAN PADA PUBLIK

    • AshleyzZzzz permalink
      1 Februari 2011 10:32

      lah ini malah 5 tahun….hahahaha…mana yg bener nich…

  17. 1 Februari 2011 09:58

    wah selamat ya om edo udah bisa numpak vixion lagi 🙂

    Nitip lapak:50 Tahun yamaha di MotoGP

    http://motorkencang.wordpress.com/2011/02/01/50-tahun-yamaha-di-ajang-balap-grand-prix-akankah-semakin-di-depan/

  18. sekopati permalink
    1 Februari 2011 10:26

    kalau turun mesin / servise besar otomatis harus ganti gasket2 dan sebaiknya ring piston juga diganti buat mengembalikan kompresi yg mulai turun performanya. hal tersebut tidak perlu mengganti pistonnya. saran saja buat oom edo, coba gunakan juga nano zr lumayan buat melapis diding piston dan cyl blocknya yg mungkin tergores. selain itu juga meningkatkan performa.

  19. Aa Ikhwan permalink
    1 Februari 2011 10:36

    Alhamdulillah Vixion bung Edo dah sehat, jd bisa jalan2 lagi mencari inspirasi 😀

  20. 1 Februari 2011 10:48

    trims all, soal garansi, perlu diperhatikan dua hal, seperti saya tulis di atas, jangan sampai lalai servis di bengkel resmi sesuai ketentuan yg ada di buku panduan. lalu, harus senantiasa memakai oli yamalube. itu kata mbak di bengkel kemarin. nah, dari sekian part yg harus saya bayar, yg digaransi adalah piston ring set (std) seharga Rp 140.000. lumayan banget sebetulnya. namun, karena persoalan waktu dan jarak bengkel yg cukup jauh, saya putuskan agar langsung saja diperbaiki. maklum, perbaikan dan pergantian part yg digaransi harus melihat buku servis dulu, duh repot. sedangkan waktunya gak bisa berhenti jalannnnn terus. ya sudah, saya pikul risiko bayar sendiri. hemmm…
    soal komstir, lain lagi ceritanya, minggu depan deh kalau ada duit baru dibenerin tuh, kabarnya lumayan gede euy harganya bisa sampai rp 400-an ribu. jebol deh dompet ane.
    skali lagi, trims ya all. salam

  21. Kris YSC Bandung permalink
    1 Februari 2011 10:52

    alhamdulillah om dah bner lagi vixinya,,tenang om ada yang lebih dalem rogoh koceknya 🙂
    rante pio 760ribu 😀 hehe

  22. 1 Februari 2011 10:59

    Yth. para pengunjung Blog, terima kasih atas kesetiaan anda menggunakan produk-produk roda dua mutakhir dan berteknologi tinggi dari Yamaha. Dalam kesempatan ini kami ingi menyampaikan beberapa hal, diantaranya : Garansi mesin motor Yamaha memang betul selama 5 tahun, itu meliputi blok mesin yang berteknologi Diasil Cylinder dan piston yang berteknologi Forged Piston. Jadi, ring piston tidak termasuk dalam garansi kami, karena ternasuk fast moving part sebagaimana ban, dll. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca keterangan garansi di buku manual atau hubungi dealer Yamaha terdekat di tempat anda. Salam Yamaha, Semakin di Depan !

    • 1 Februari 2011 11:10

      trims atas penjelasannya yah, salam.

      • tigerpiceks permalink
        2 Februari 2011 06:12

        wong ra dinei garansi kok di depan ki piyeghh :mrgreen:

    • tongsam permalink
      1 Februari 2011 11:28

      @YMKI Public relations : komstir termasuk garansi gak ? 🙂

      • 1 Februari 2011 20:20

        KOMSTIR LAGI….
        *hore ada temen yang komstirnya oblak :mrgreen:

        • Piet-LAnang permalink
          2 Februari 2011 08:43

          pada komster ane yo ra mari 2x, sebel10……..x. catatan gjala awal mulai km k 20 rbuan nyampai skrg (46rban)

        • 2 Februari 2011 10:10

          emang kenapa to dengan komstir V-ixion 🙄 katanya deltabox bikin komstir lebih awet 😕

    • Joko permalink
      1 Februari 2011 11:53

      Jadi yg digaransi hanya blok dan piston? Atau ada komponen lainnya yg juga digaransi?

  23. tongsam permalink
    1 Februari 2011 11:32

    om edo… sudah 38.*** km ya… 🙂

    berapa tahun itu om..?

  24. penggemar ninja permalink
    1 Februari 2011 11:43

    Om ..tanya donk, komstir oblak itu emang dari komstirnya atau kurang kenceng aja..?

    soale saya pake vixion dari 2007, kok ngak ada masalah komstir..? apa saya ngak tau masalahnya apa aja..:), dulu pernah oblak, cuman dikencingan aja digetok pake palu, sampe sekarang ngak oblak2 lagi tuch..

    kenapa vixion sekrang banyak masalah komstirnya..ya..? penyebab utamanya apaan sich..?

    • 1 Februari 2011 11:54

      terakhir, saat diperiksa oleh teknisi bengkel resmi, komstirku divonis untuk diganti saja karena sudah tidak stabil. mungkin disebabkan oleh pemakaian yg keliru, duh…nanti kalau ada dananya, segera saya ganti. supaya lebih aman, nyaman, dan selamat saat berkendara. bgm saat ini? masih bisa dipakai sih, cuma kurang nyaman aja.

      • penggemar ninja permalink
        1 Februari 2011 14:34

        klo ciri2 komstir dah perlu diganti apa mas..?

        maklum cupu nih..:)

        • 1 Februari 2011 15:39

          secara teknis terasa tidak nyaman saat berbelok atau di jalan lurus ketika melintas di atas gundukan jalan akan bergoyang-goyang. kira-kira seperti itu bro. salam

    • 1 Februari 2011 20:21

      KOMSTIR LAGI-LAGI…
      *makin banyak kawan yang komstirnya oblak :mrgreen:

  25. davied permalink
    1 Februari 2011 11:57

    mumpung ada orang yamaha,saya pemilik vixion..sekarang usianya 11bulan(14.000km), dari baru ada suara berisik disekitar head silinder,bebrapa kali ke beres katanya normal dan ada kaitan pada dekompressi,saya gak ngerti letaknya dimana,klo saya bandingkan dengan vixi yang lain suara berisik itu motor saya diatas rata2,dan semua bengkel beres yamaha mengatakan hal yang sama.sekedar informasi servis gak pernah bolong dari bengkel beres yamaha,oli yang dipakai oli yang direkomendasikan pabrik,servis rutin ketat,tidak pernah lebih dari 2000km bahan bakar shell super x-tra,dan skrg baru beralih ke pertamax plus.yang saya herankan adalah suara itu kadang bisa hilang(tdk terlalu terdengar),dan skrg penyakit barunya dimulai dari bulan 11 tahun kamren adalah komstir,yg dimulai stang kemudi mulai berat,saya bawa keberes yamaha ktnya “hanay dikendorin aja pak”,mmg bner dikendorin ringan kembali tapi stang kemudi jadi koclak,tersa jika melintas jalan yang tidak rata.mohon rekomendasi dari orang yamaha dsini,krn klo uda menyangkut hal spt ini bengkel resmi manapun biasanya berusaha mengelak…permisi ya om edo,sekedar nyampein uneg2

    • 1 Februari 2011 20:22

      KOMSTIR LAGI-LAGI-LAGI
      *temen saya banyak nih yang komstirnya oblak 😦

      • 1 Februari 2011 20:24

        sudah diganti? di-sharing dong…

        • davied permalink
          2 Februari 2011 23:13

          belum diganti om,nanti sekalian mo servis rutin,ni baru dilonggarin aja dikit,tapi malah berasa koclak kalo melintas jalan kurang rata…
          btw orang yamahanya kemana ya…ditunggu responnya…dulu pernah ngobrol ama teknisi beres yamaha,ternyata mmg suara berisik dimesin vixion mmg pernah dibahas di internal yamaha,dan disimpulkan ada kaitan dengan dekompresi dan mreka ditraining untuk menjelaskan itu ke konsumen,tapi stlh saya tanya kenapa kejadian ini gak merata disemua motor,dan sebagian kecil aja yang mengalami,orangnnya gak bisa jawab…mgkn klo orang yamaha nya gak percaya saya pemilik vixi,boleh request kontak person saya..(siapa tau disangka ada niat black campaign)..

  26. Joko permalink
    1 Februari 2011 12:05

    Begitu jatah oli pabrikan habis, langsung pakai oli pilihan sendiri. Garansi? Hari gini masih mikirin garansi? Prakteknya susah, dan ada banyak cara bagi bengkel utk mengelak garansi.

  27. king97online permalink
    1 Februari 2011 12:30

    waduuuhh… VIXI rawat inap ampe opname, infus lagi. memuaskan or gak, sharing gan.. biar tahu kualitas bengkel resmi.

  28. 1 Februari 2011 16:39

    Alhamdulilah ya Pak Edo Vixi nya bisa di gasss Lagii ^_^

    Ayoo Pak Edo bujuk YMKI segera Upgrade si vixion biar gak kalah sama pabrikan lain,, kalau di upgrade tentu para pengguna Motor Yamaha pasti akan konsumsi produk Yamaha lagi kok apalagi kalau bisa dibeli parts nya doank..

    • 1 Februari 2011 16:45

      tadi sudah ada penjelasan sedikit dari PR YMKI, smoga suara2 konsumen yg ada di sini bisa menjadi salah satu input. trims yah bro.

  29. 1 Februari 2011 16:58

    sundul gan………..biar keluar R15

  30. 1 Februari 2011 17:07

    salam leher kuning

    dari
    si gigi kuning :mrgreen:

    • 1 Februari 2011 20:23

      SALAM KOMSTIR OBLAK :mrgreen:

      • AshleyzZzzz permalink
        2 Februari 2011 10:19

        om nadi
        wakakakaka…1…2…3…4…5….berapa tuch….lagi-lagi-lagi-lagi….salam komstir oblak…

        om bjl
        salam maho`ers

  31. kupret permalink
    1 Februari 2011 20:01

    yamaha = yang mahal…………saya punya Vega R New Borosssssssssss……………aseeeeeeeeeemmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm, Bedanya bensin sesendok SEKOP

  32. tong permalink
    1 Februari 2011 20:42

    sepertinya bro nadi rada dongkol? ungkapin bro…!!!

  33. Aa Ikhwan permalink
    1 Februari 2011 20:49

    wah Vixi bung edo sekitar 27 bulan bro udh KM 38xxx, ane 14 bulan udh KM31xxx nih bung.. maklum perjalanan jauh n rutin aja ganti olinya.. 😀

  34. softech_niQ permalink
    1 Februari 2011 21:37

    smoga lancar jaya….ga nambahin virus kanker lg…

  35. 1 Februari 2011 22:46

    Ring piston Vixi macet apa krn kilometer sudah cukup jauh, jadi motor kudu servis besar seperti itu? dulu, waktu saya pakai Suzuki Shogun & rutin servis di Suzuki Cipulir, bengkel sarankan setiap 15.000 km agar servis besar.

  36. vyzex permalink
    2 Februari 2011 01:18

    gak ada itu servis besar setiap berapa km sekali
    cuma usaha bengkel buat cari uang…
    servis besar hanya perlu dilakukan kalo memang kompresi dah di bawah normal

    nih..supra saya dah 72 ribu km belum pernah servis besar…
    setiap saya servis di bengkel resmi, gak ada tuh yang menyarankan servis besar..

    saya sampai heran, karena di bengkel suzuki saya dianjurkan tiap 40 ribu

    tips:
    pakai bensin yg berkualitas (kalo bisa ya pertamax ke atas)
    terus pake oli shell
    dijamin mesin bersih
    (pernah ngintip dari lubang busi, itu klep sama kepala piston masih bersih…saya sampai terheran-heran sendiri)

  37. Joko permalink
    2 Februari 2011 06:45

    Karismaku sudah 7th nggak pernah servis besar, padahal servis & ganti oli (bukan oli biasa lho) tiap 10rb km. Selalu servis di ahass, kata mrk nggak apa2 jarang bongkar, malah sekrupnya awet. Dan nyatanya sudah hampir 70rb km masih awet.

  38. 2 Februari 2011 07:46

    Biasa karena kebut produksi…supaya indent konsumen tidak lama sehingga masalah2 kecil diabaikan..jadinya seperti ini…Tolong dong seperti ini diperbaiki..produk refresh..masak sudah banyak claim..masih tutup mata juga..T.E.R.L.A.L.U.Setahu saya dulu lama keluar juga karena masalah quality yang tidak kunjung kelar..Hidup konsumen..Hidup konsumen

  39. 2 Februari 2011 09:10

    @YMKI Public relations : Yth. para pengunjung Blog, terima kasih atas kesetiaan anda menggunakan produk-produk roda dua mutakhir dan berteknologi tinggi dari Yamaha.
    produk kami dibuat untuk jangka waktu 2 tahun..sehingga setelah masa itu konsumen sekalian wajib untuk menyiapkan dana untuk biaya-biaya service dan penggantian part.dan apabila produk kami dibuat untuk 5 tahun kami kuatir bisnis kami dispare part akan mati.Tolong minta pengertian konsumen sekalian (teman adalah yang selalu mengkritik kita)

  40. 4diti4 permalink
    2 Februari 2011 09:44

    ^
    Pedes amir

  41. Bassis permalink
    2 Februari 2011 09:57

    Motor jelek dibeli…!!! nyusahin..!!!

  42. 2 Februari 2011 12:33

    Garansi MESIN 5 TAHUN di Tulis Gede Gede

    Dalam kurung dngn tulisan kecil
    “Hanya meliputi Blok mesin dan Piston ny saja”
    di tambah tanda ** syarat dan ketentuan berlaku…

    Hahaha,,,
    ini buku garansi pa Iklan Operator seluler sihh,?? Kog Berbelit”…

  43. usl~orin permalink
    29 Mei 2011 15:03

    KOMSTIR TRUSS…
    ane mk vixi 2007 km udah 68rebu.5bulan ptma jalanan yg dtmpuh jln batu dan tanah.
    ptma x komstir bmsalah pada km 20xxx.blak2 blik bgkel resmi n bgkel umum smua kota.cm btrhan sbntar.dkncengin,dkendorin..gitu2 aja.
    terahir bongkar sdri,kthuan pnyebabnya pada karet dtengah2 mor pgncang komstir yg kualitas@ jelek(cpat kendor/tipis).cr ganti ga ada,kanibal ga ada, trhir ane ptong tu karet,dsmbung lagi pake lem setan(sjnis alteco).komstir dkncengin,mor stang dkcengin smp skg ga bmsalah lgi.. n msh kenceng 135kpj pada gps.(knalpot r9, co +5, ban blkg 130/70/17)

  44. TERRA permalink
    24 September 2011 09:23

    KOMSTIR NAMBAH
    vixi ane thn 2008 km 41 rb, jarang sekali ketemu jalan g berbatu di jakarta cara mengendaraina juga sangat berhati2 jarang sekali ngebut, tp klodi ajak balap bisa tembus 140/km serius, kalau masalah mesin dan part lain nya oke2 saja ga ada masalah, hanya komstir bermasalah terasa berat sejak km 39, apa mungkin masalah nya dari velg dan ban aku ganti besar? ban depan 100 belakang 120, tolong solusinya mengatasi komstir berat..
    kmarin sdh bersihin injectin di yamaha pusat cempaka putih pas ada program gratis, mesin serasa lebih enak dan enteng banget. cuma nungguna lumaan lama 6 jam,

  45. ngurah permalink
    11 Desember 2011 21:11

    untung mas brow…kadang ngk smua dealer mau ngambil kerjaan gtu….biasa mekanik asal bilang….”memang karakter motor mesin tegak” jwban yg tdk memuaskan….

  46. 17 September 2012 17:19

    vixion gw thn 2010 ring seher nya udah kena total biaya di dealear yamaha kira2 500rban..mahal bgt y

Tinggalkan komentar