Lanjut ke konten

AHM Setop Produksi Supra X 125 PGM FI

10 Oktober 2011


Supra X 125 Helm in. (edo)

PRODUKSI sepeda motor bebek injeksi, Supra X 125 PGM FI dihentikan mulai Juli 2011. Informasi yang saya peroleh, penyetopan produksi itu terjadi menyusul tersendat-sendatnya penjualan motor tersebut di pasar domestik.
Kenapa sepeda motor bebek bersistem injeksi loyo di pasaran? Kita tahu, sebelumnya Suzuki menempuh hal serupa untuk bebek injeksinya.
“Persepsi konsumen terhadap motor bebek injeksi di antaranya adalah soal service dan spare part-nya sulit,” ujar sumber saya di kalangan pabrikan motor, di Jakarta, Minggu (9/10/2011) siang.
Selain itu, katanya, soal harga yang terlalu tinggi dibandingkan produk lain di kelasnya.

Oh ya, tanda-tanda penghentian produksi Supra X 125 PGM FI terlihat juga dari data distribusi pada Juli-September 2011. Pada Juli, distribusi motor tersebut hanya empat unit, sedangkan Agustus dan September, nihil.


Supra X 125 PGM FI. (dok ahm)

Tanda lain adalah kehadiran Supra X 125 Helm in. Motor yang memiliki bagasi lebih besar dibandingkan seniornya itu, justeru lebih moncer pada bulan pertama masuk pasar. Tercatat distribusi ke pasar sekitar 10 ribuan unit. Padahal, target untuk motor ini hanya sekitar 8.000 unit per bulan.
“Target kami sebanyak 8 ribu per bulan, jika kenyataannya lebih besar, Alhamdulillah. Soal evaluasi target, biasanya kami lakukan setelah melihat tiga bulan masuk ke pasar,” ujar Istiyani, general manager HC3 PT Astara Honda Motor (AHM), produsen Supra X 125, di Jakarta, Minggu (9/10/2011).
Tampaknya, konsumen bebek injeksi tak seagresif konsumen motor sport injeksi. Lihat saja produk motor sport Yamaha Vixion yang relatif stabil sejak masuk pasar pada 2007. AHM saat ini memiliki beberapa produk bersistem injeksi yang masuk ke pasar domestic, yakni Honda CBR 250 R, PCX 125, dan Revo AT. (edo rusyanto)

31 Komentar leave one →
  1. 10 Oktober 2011 03:35

    Wih IH SUPRA FI tumbang juga :

  2. 4201journey permalink
    10 Oktober 2011 05:50

    kemahalan oom…

  3. Nobita permalink
    10 Oktober 2011 06:48

    resiko terlalu banyak varian……..
    banyak yang mati muda, setelah beberapa waktu lalu abs. revo dx, sekarang giliran si emprit pgmfi…..

  4. Virus permalink
    10 Oktober 2011 06:55

    wahhh ashemb, beli motor honda jaman sekarang bukan jaminan harga jual kembali tinggi…coz klo melihat honda yg suka brojol baru dan men stop produk yg telah lalu…alamat suram harga jual kembali nya…anjlok bener dah!
    *nasib deh supriX125 pgm-fi ane dirumah…

  5. penggemar ninja permalink
    10 Oktober 2011 07:46

    bebek injeksi sama yg karbu iritnya 11/12 , jadi ngapain beli injeksi harga nya juga mahal..lagian juga buat ngojek ini..:)

    beda sama motor semprot..image yg beli dah kelas ” berpendidikan ” padahal klo irit mah vixion sama NMP 11/12 juga kyknya..

    hehe..

  6. saed permalink
    10 Oktober 2011 08:26

    emangnya Mas Edo udah dapet konfirmasi resmi dari ahm kalo supra pgmfi sudah di discontinue ?? setau saya belum ada tuh

    • 10 Oktober 2011 10:02

      sudah dapat mas, saya gak akan gegabah menulis tanpa dasar. makasih atensinya, salam.

  7. rendy permalink
    10 Oktober 2011 08:43

    MOTOR INJEKSI COCOKNYA HANYA BUAT ORANG YG BERDUIT,,,RAKYAT JELATA MANA MAU MENGHIRAUKAN INJEKSI,INJEKSI ITU CANGGIH MALAH DI MATIIN,,,KAPAN MAJUNYA NEGERI INI BUNG,,

  8. 10 Oktober 2011 09:28

    nanti kalo dah Harus standar Euro yang lebih tinggi gimana mbah?Bukannya secara teori Karburator tidak akan bisa memenuhi standar emisi alias harus pake Fuel Injection

    • john permalink
      17 Oktober 2011 14:39

      yah..ampe skrg kan blm ada standar “yuro” yg lebih tinggi jd masih bisa karbu..

  9. assassin permalink
    10 Oktober 2011 10:27

    wah sayang amat yah……padhal keren juga tuch coloringnya….

  10. fajar permalink
    10 Oktober 2011 19:40

    Kayak nya nama aja di matiin…. Tp mesin psti bisa di jual kembali dngan nama yg baru… Goooooo injeksi

  11. 10 Oktober 2011 19:53

    Saya tetap dukung injeksi lahir kembali dalam wujud yang lain.

  12. 11 Oktober 2011 06:33

    emang iritny beda tipis ama yg supra 125 karbu..tp masalah perawatan,mlh lbh mudah yg pgm fi..pgm fi sy pernah kelupaan 1 bulan d garasi tanpa pernah dsart engine,eh ternyata skali pencet langsung jreng..btw,mungkin mati suri y om..

  13. 8 November 2011 09:56

    wah sayang banget, kalo menurut saya yang jualannya msih loyo itu bukan dimatiin tapi itu yang perlu difikirkan bagaimana biar bergaira lagi.
    padahal motornya udah punya karakter ( bebek pertama berinjeksi di Indonesia) sayang banget donk…
    padahal ane suka Supra yang ini.

  14. miya permalink
    26 November 2011 12:43

    KLO NULIS ARTIKEL YANG BENER DONG BUKAN DI STOP TP AKAN ADA FI YANG BARU, BUKTIKAN AJA DESEMBER NANTI

  15. 18 Februari 2012 10:05

    allows the engine to achieve an emission level approximately half the European emission standards

  16. bagus permalink
    1 Mei 2012 11:16

    minta saran nih…ane lg bingung pilih motor supra x125 yg biasa atau injection….tolong sarannya ya ditunggu pisan….makasih….

  17. 30 Agustus 2012 16:15

    untung dulu ga jadi beli yang FI, ga demen…..

  18. 6 April 2013 07:38

    Anda semua salah. SUpra PGM Fi adalah produk terbaik, hanya saja rakyat belum terbiasa dengan adanya perubahan teknologi yang lebih maju. Rakyat kita selalu kurang bisa diajak maju. Beginilah Indonesiaaaa

  19. Zent permalink
    13 Juni 2013 02:33

    Biar supra x 125 helm in ijeksi saya,tetap bgus tenaga’ea perwatan’ea msti gman?dtnggu jwbn’ea

  20. Logan permalink
    27 Agustus 2013 09:25

    Kamplet, ngapain Helm In nongol?? Secara design body, dari 4 Keturunan / Silsilah / Generasi keluarga Supri bagusan Generasi Ke-3 (karbu/PGM FI non HelmAN)… Bener kan baru 4??

    Kluaran 1 = Bodi masih tipis, miur2 gampang sobek ala saudara tua (Grand de el el)…
    Kluaran 2 = Udah design 3D tp kliatan datar…
    Kluaran 3 = Lekukan 3D nya lumayan mantep (kmaren abis ndlosor ga ada yg patah tedengnya)…
    Kluaran 4 = Helm An…

  21. 18 Desember 2013 11:43

    menurut aku lbh bgus HSX PGMFI non helm in.drpd yg helm in .justru helm in malah bnyk di kurang spt rem depan pnya revo,spedometer gk digital lg.trus kenalpot gk crom dtambah bodinya bongsor.

  22. 12 Januari 2014 21:32

    Klo q sieh enak puya mtor pGM F1,,,lebih irit,bodi ea rapinG,gas ea sepoNtN,,and lari ea cukup memuas kn kecang,,,??
    KlO hrgga sie emg mhal,,tpi kn baggUs mesin tahan lama,,klO d musim bajir tinggi ea seroda mtor,,
    mtor egc mudah mati,,
    coba pake mtor bebek yk pake karbu,,wah kemasukan air,,
    klo supra x 125 F1 kn ega mati,soal ea q pernah mecoba,ea berulang,,,
    poko ea lumayan hebat motor luaran bru pGm f1,,,

  23. 21 Juli 2014 12:41

    udh2 jgn udur2an. smua spda mtor it bgus2. skrng tergntng perwtn’a.
    nah skrng sya mw mnta tlng ma tmen2 smua trmsuk mas edo, gmana cra perwatan supra x 125 PGM FI, yg terbaik.

    sya tnggu y.
    terima kasih

  24. Riyandikha permalink
    31 Januari 2017 16:54

    Saya press body supra x 125 helm in di deler gak bener yahh ? Agung motor cipanas

Trackbacks

  1. Kalau berani diskontinue Supra X PGM Fi mestinya CS1 juga ada perubahan | Teras Belitong Blog
  2. Honda Supra X 125 FI akan Kembali,Bagaimana Peluangnya..? « Bakul Kangkung Jpr
  3. modifikasi motor supra x 125 | Cara Setting Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: