Skip to content

Ini Bedanya Taksi dengan Angkutan Online

18 Maret 2017

KERAP kali saya membaca judul berita di media massa yang memakai kalimat ‘taksi online’. Lalu, ada juga yang menulis dengan kalimat ‘angkutan online’. Jadi penasaran, apa sih bedanya kedua kalimat tadi.

Sebagai orang awam, saya perlu membaca informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber untuk memahami hal ini. Sumber utama adalah Undang Undang (UU) No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Tentu beserta aturan turunannya, termasuk yang paling anyar yakni Peraturan Menteri No 32 tahun 2016 tentang Penyelenggraaan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Ketemulah bahwa kalimat ‘taksi online’ merupakan perpaduan dari ‘taksi’ dan aplikasi berbasis teknologi yang dipopulerkan dengan sebutan ‘online.’ Sebuah paduan yang tak terpikirkan pada 20 tahun, bahkan 10 tahun lalu. Lantas, apakah taksi itu?

UU LLAJ bilang, taksi adalah salah satu pelayanan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek.

Lalu, taksi harus digunakan untuk pelayanan angkutan dari pintu ke pintu dengan wilayah operasi dalam kawasan perkotaan. Pengertian dari pintu ke pintu adalah pelayanan taksi dari tempat asal ke tempat tujuan (door to door). Sedangkan yang dimaksud dengan wilayah operasi adalah kawasan tempat angkutan taksi beroperasi berdasarkan izin yang diberikan.

Soal wilayah operasi dalam kawasan perkotaan dan jumlah maksimal kebutuhan taksi ditetapkan pemerintah daerah.

Sementara itu, tarif taksi ditetapkan oleh perusahaan angkutan umum atas persetujuan pemerintah sesuai dengan kewenangan masing-masing berdasarkan standar pelayanan minimal yang ditetapkan. Terkait tarif, taksi diwajibkan memasang argometer untuk konsumen mengetahui berapa biaya yang mesti dibayar.
Regulasi yang berlaku saat ini juga menegaskan bahwa taksi dioperasikan oleh entitas yang berbadan hukum.

Nah, sekarang soal angkutan online (angkol).

Kementerian perhubungan (kemenhub) menegaskan, dalam operasionalnya, perusahaan angkutan umum dapat mengunakan aplikasi berbasis teknologi informasi baik yang dilakukan secara mandiri atau bekerjasama dengan perusahaan penyedia jasa aplikasi yang berbadan hukum. Perusahaan penyedia jasa aplikasi informasi yang memberikan layanan reservasi angkutan umum, harus bekerjasama dengan perusahaan angkutan umum yang telah memiliki izin penyelenggara angkutan. Perusahaan penyedia jasa aplikasi dilarang sebagai penyelenggara angkutan umum seperti menetapkan tarif dan memungut bayaran, merekrut pegemudi dan mementukan besaran penghasilan pengemudi.

Jadi ada dua pihak, yakni penyelenggara angkutan dan penyelenggara jasa aplikasi. Keduanya sangat berbeda. Namun, bisa saling melengkapi.

Angkol yang populer saat ini masuk kategori sebagai salah satu dari angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek. Dia juga harus dioperasikan oleh badan hukum yang berlaku di Tanah Air.

Pengoperasian angkol wajib oleh entitas berbadan hukum. Entitas ini minimal memiliki lima armada serta surat tanda nomor kendaraan (STNK) nya atas nama badan. Ketentuan lain lazimnya angkutan umum mutlak dipenuhi oleh sang penyelenggara.

Angkol tidak memiliki argometer seperti taksi. Lalu, tidak diberi identitas berupa mahkota, yakni tanda yang terletak di bagian atas mobil. Tampilan fisik angkol benar-benar seperti mobil pribadi pada umumnya.

Lantas, dapatkah taksi memakai aplikasi untuk memudahkan pemesanan seperti angkol?

Jawabannya bisa atau dapat. Buktinya, saat ini, salah satu penyelenggara jasa aplikasi sudah bermitra dengan operator taksi. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: