Skip to content

Merokok Sambil Bersepeda Motor

4 Agustus 2016

merokok dan larangan1

ADA-ADA saja ulah pesepeda motor di Jakarta. Salah satunya, merokok sambil berkendara.

Pemandangan pesepeda motor yang merokok sambil berkendara mudah dijumpai saat di perempatan jalan. Pernah saya melihat sang pesepeda motor tadi menyalakan rokok saat menunggu lampu pengatur lalu lintas berwarna hijau. Umumnya mereka memakai helm open face. Helm jenis ini memungkin sang perokok tanpa harus mencopot helm yang dipakainya.

Entah karena jenuh menunggu lampu berganti berwarna menjadi hijau atau ada alasan lain sehingga pesepeda motor memutuskan merokok sambil berkendara. Biasanya, ketika lampu berwarna hijau, rokok diselipkan di jemari lengan kiri. Lalu, sesekali menghisapnya seraya jalan melambat. Abu dan percikan api pun beterbangan.

Ada juga yang merokok sesaat akan berangkat, namun posisinya sudah di sepeda motor. Untuk hal yang ini biasanya karena alasan tanggung sisa rokok masih dianggap sayang untuk dibuang.

Apa pun itu rasanya menjadi tak elok, merokok sambil berkendara, bahkan berisiko merusak keamanan, kenyamanan, dan keselamatan. Bisa jadi mengusik keselamatan diri sang perokok dan keselamatan pengguna jalan yang lain. Kalau sudah sampai ke tahap tersebut rasanya dapat menjadi pembelajaran bagi siapa pun bahwa merokok sambil bersepeda motor merupakan perilaku yang keliru. (edo rusyanto)

One Comment leave one →
  1. 5 Agustus 2016 07:09

    dah biasa pak.. sambil minum sambil bawa mtor jg ada… gk yg bawa mtor aja.. yg bawa mobil ya gitu juga…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: