Empat Tahun, Vixion Ganti Aki
PADA Juli 2012, mekanik tempat saya service motor menyarankan ganti aki. Masuk akal, mengingat sudah menjelang empat tahun usia aki di Yamaha Vixion saya. Akhirnya, pada Agustus 2012, hal itu terealisasi.
Vixion memakai aki kering. Isyarat penggantian itu sudah diberikan oleh lampu yang ada di samping speedo meter. Warnanya oranye. Lampu berkedip-kedip.
”Yamaha Vixion memakai aki Yuasa dan GS pak,” kata sang mekanik, saat mengganti aki Vixion. Usia motor saya itu memasuki empat tahun pada Oktober 2012.
Aki GS GTZ5S Astra Otoparts. Begitu tulisan yang ada di aki tersebut. Saya membayar Rp 155 ribu untuk penggantian aki.
Efeknya, starter electric saya kembali normal. Suara klakson kembali pulih dan cahaya lampu sepeda motor kembali terang dan jernih. Asyik.
“Aki sebaiknya digunakan satu sampai dengan satu tahun setengah saja,” kata Asisten GM Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufactur (YIMM) Muhammad Abidin, dalam pesan di blackberry messenger saat saya tanya, Selasa (28/8/2012) siang.
Lantas, saat saya tanya bagaimana jika aki kering saya memasuki usia empat tahun? “Kurang baik dengan FI (fuel injection) system karena aki adalah media sementara untuk menyimpan arus,” tegas dia.
Oh ya, menurut dia, Yamaha Vixion memakai aki kering besutan Yuasa dan GS. “Komposisinya 70% Yuasa dan 30% GS Astra biasanya,” kata Abidin.
Mengutip blog bro Jojo, kualitas accu lebih kepada tingkat CCA-nya (Cold Cranking Ampere) yang berarti kemampuan baterai untuk menghasilkan aliran kuat dalam suhu dingin (-17,8 ° C). Ini adalah kemampuan minimum untuk menghidupkan mesin, lebih besar tingkat CCA-nya bererti lebih baik. Tetapi mengganti accu dengan ampere yg lebih besar biasa dilakukan agar daya tahan baterai lebih panjang. ”Umumnya hal ini dilakukan bagi orang-orang yang menambah aksesories di motornya seperti lampu, klakson dll,” kata dia di blognya.
Soal Yuasa, kabarnya, memasok 70% aki motor Yamaha, 70% motor Suzuki, dan 50% motor Honda. Pada semester pertama 2012, penjualan aki Yuasa untuk motor naik 10%, sedangkan aki mobil relatif stagnan. (edo rusyanto)
PERTAMAX
kalo motor injeksi emg gt om?saya baru mio J nih,,jd maks 2 tahun hrus ganti?
baiknya begitu bro.
Beat saya 4 tahun belum ganti aki.
wew awet bener itu akinya… saya aja 5th udah 2x ganti aki, berarti tiap 2,5th sekali 😀
Kabarnya, mesti 1,5 thn sekali 🙂
punya ane 3,5 thn msih normal…mudhn ampe 5thn awetx 🙂 vixy182.wordpress.com/2012/08/26/kalo-bebek-super-suzuki-mesinya-dohc-kaya-2-motor-ini-power-full-juga-nih/
wah saya kadang malah 1 tahun sekali gara-gara keburu tekor.
tapi sekarang pake aki motobatt udah 1.5 tahun belum tekor. tapi gejala sudah ada 😀
Brp harganya bro?
dulu beli 250 om.. rada mahal sih soalnya dia gel bukan kayak aki kering gitu
Absoluterevo saya juga blm di ganti akinya sudah 4taun dan km masih 4000km ga pernah di pake soalnya:..! nice info eyang 🙂
Wah sayang motornya 🙂
Ja’alanallahu wa iyyakum minal aidin wal faizin walma’bulin, mohon maaf lahir dan batin. nitip tulisan mas
http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/08/28/kado-terindah-untuk-yang-terindah
Taqabbalallahu minnaa wa minkum, taqabbal ya kaarim..
irit juga ya mbah, nggak kayak vario bapak ssaya 😦
2 tahun g nyampe 😦
http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/13/aki-kering-mudah-soak/
Xeon saya pas 2 tahun ganti aki kering, KM sekitar 48.000
ada iklannya tuh om, top brand..!!!
wah saya baru ganti aki di mio soul saya sejak pertama beli th 2009, aslinya pakai Yuasa YTZ 5 S diganti GS kaya gambarnya bro edo, semoga tahan lama
Aki V-ixion ku sudah usia 3 tahun tetapi masih sehat dan masih normal.
punyaku vixion maret 2008. baru tadi pagi ganti aki. pakai GS GTZ5S harga 150rb.
motor byson ane baru 10 bulan dah mati akinya..,,, gi mana nh bru beli juga nh motor.,,
vixion ane udah KM 14 ribu,kmrn mlem si masi enk,lah mngkn kakak ane lupa matiin kuncinya,eh sampeg tadi pagi vixion ane dlm keadaan ON,lgsung ane coba eh doble stater gk bisa, gmna nih??????
apa ane hrus ganti aki ya gan…
Motor vixion saya tahun 2008 awal tahun ini 2013 udah mulai drop akinya…. starter electric tdk bisa mesti pakai selah (kick starter), 16 Maret ganti aki di Shop n drive Bogor, pakai GS gantikan Yuasa yang sudah lemah.
vixion gue mei 2008 dan belum pernah ganti aki, april 2013 selesai touring sekitar 400 km gue cuci tu vixi. maklum kalimantan terkenal akan debu jalanannya hehehehe. nah sehabis di cuci tiba2 tu vixi brebet-brebet dan lampu kuning berkedip2 dan rpm gak normal terus gue paksain jalan sekitar 1km vixie mati mendadak dan gak mau di starter baik elektrik maupun manual. krn deket beres ya ude gue mampir aja setelah di cek ini dan itu dari diagnosa chief mekanik kiproxnya bermasalah jadi akinya gak dapet suplay ya ude gue minta ganti yg baru. tapi setelah ganti kiprox rpm tetap gak bisa normal seringnya terjadi pada saat mesin dingin. dan pada tanggal 6 oct 2013 genjalanya muncul lagi lampu kuning berkedip2 dan kadang los power. nah pertanyaanya, mengigat vixie yg sudah berumur apakah sebenarnya pada kasus pertama karena kiprox yg bermasalah atau masalah usia aki yg sudah layak di ganti
. .
ane baru 2thn kek na AKI nya udh kena nih 😐
Masalah sy jga seprti ini, lampu akinya kedip-kedip dan staternya ga bisa dinyalain, lampunya jga tdk trlalu terang, tapi motor sy jalannya sendat-sendat seperti pincang, gasnya kosong, dan kadang sampai mogok.
Aki vixion saya udah jalan 3 tahun pake Aki Yuasa, so far tidak ada masalah, semua masih lancar arus kelistrikan nya, selain aki perlu di perhatikan juga si kiprok 🙂
Aki Jupiter Z1 saya dah tekor padahal baru setahun dg kilometer baru 13.000an.
udah 2 bulan aki gua modar
Kalo 5 tahun perlu ganti g kang. Km 43 ribu lebih. Di cek mekanik katanya masih layak. Jadi bingung maw di ganti atw tidak. Kondisi busi jg sama bgtu saat di cek. Jadi aki n busi masih bawaan pabrik saat awal beli. Vixion 2010
Vixion saya 6 tahun tepat awal juni kemarin dan belum ganti aki dari pertama beli gimana tuh gan? vixion 2009
Wah sama bang… aki gw dr 2009 mpe 2016 blom ganti… baru skrg udah mulai tekor neh… udah mo 7 thn
Untuk type aki kering sebenarnya masih ada cara untuk memperbaiki aki kering meskipun daya tahan yang dihasilkan tidak sebagus aki baru.
Gimana caranya?
Blade 125 saya baru ganti aki di km 57.000. 2 tahun setengah.
Aki bawaan honda spacyf1 baru mengalami kesulitan elektrik stater setelah 5 tahun 7 bulan…
Niat mau coba merk motobat
vixi ane thn 2011 smpe 2018 bru ganti sekali
yuasa awet bner dh
vixi ane thn 2011 smpe 2018 bru ganti sekali
yuasa awet bner dh
vixi ane thn 2011 smpe 2018 bru ganti sekali
yuasa awet bner dh
aki motor honda blade ane udah 7 tahun baru ganti, cuman yang ane jadi pertanyaan koq aki bawaan honda merknya yuasa ya?biasanya kan GS, apa bisa jadi honda dapet pasokan aki dari Yuasa..tolong pencerahannya Gan yang tau. Tks bfore