Lanjut ke konten

Yamaha Kuasai Motor Injeksi 2011

18 Januari 2012

YAMAHA terlalu tangguh di segmen sepeda motor injeksi. Empat tahun terakhir, pangsa pasar Yamaha di segmen tersebut rata-rata sekitar 75%. Padahal, produk motor injeksi yang disodorkan Yamaha hanya mengandalkan motor sport Yamaha Vixion. Wow!
Entah kenapa, Yamaha di Indonesia hanya menelorkan satu motor injeksi sebelum tahun 2012. Boleh jadi karena menganggap segmen tersebut belum terlalu gurih dibandingkan motor bermesin karburator.
Secara umum, perbedaan motor injeksi dan karburator adalah pada sistem pembakaran bahan bakar minyak (BBM). Motor injeksi dianggap lebih irit BBM berkisar 5-10% dibandingkan motor karburator.
Tapi, kenapa konsumen lebih banyak memilih motor karburator? Apa karena produsen menyodorkan lebih banyak motor karburator ketimbang injeksi? Atau karena harga motor injeksi lebih mahal dibandingkan motor karburator? Jangan-jangan juga lantaran persepsi repotnya menservis motor injeksi karena tidak semua bengkel umum bisa menangani sistem electronic control unit (ECU)?

Segmen motor injeksi memang tidak terlalu besar jika dibandingkan motor karburator. Empat tahun terakhir, rata-rata pangsa pasar motor injeksi jika dibandingkan total penjualan motor sekitar 3,63%. Minim.

Fenomena Vixion

Saat Vixion merangsek pasar pada 2007, praktis menjadi produk ’langka’. Maksudnya, produk motor sport serupa sulit ditemui di pasaran. Sekalipun ada, tidak semassal Vixion. Faktanya, setahun kemudian Vixion mampu mendobrak pasar. Tak hanya di segmen motor injeksi, tapi juga di segmen motor sport secara umum. Tentu saja, untuk lingkup produk besutan anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi).

Di segmen motor sport, pada 2008, pangsa pasar Vixion sekitar 20,23% sedangkan di segmen injeksi sebesar 58,85%. Tahun itu, varian motor injeksi besutan Aisi, kalau saya tidak keliru setidaknya ada empat, yakni Vixion, Honda Supra X 125 PGM FI, Kawasaki KLX 250, dan Shogun 125 Hyper Injection.
Vixion memang fenomenal. Setahun kemudian, yakni pada 2009, pangsa pasar Vixion di segmen injeksi terus membubung menjadi 81,31%. Entah kenapa, untuk di segmen motor bebek injeksi, yakni Shogun 125 Hyper Injection, anjlok penjualannya pada 2009. Begitu pula bebek Supra X 125 PGM FI. Tak ketinggalan KLX 250.

Penjualan Vixion melawan arus pasar tahun 2009. Selain motor-motor injeksi lainnya melorot, secara umum, penjualan pasar domestik pada 2009 juga menurun sekitar 5,36% dibandingkan 2008. Vixion justeru melonjak sekitar 86,80%. Dahsyat!

Memasuki 2010 dan 2011, Vixion terus bertumbuh. Namun, pasar motor injeksi berubah total memasuki tahun 2011. Maksudnya, pasar diguyur empat produk baru besutan Honda. Total motor injeksi Honda yang merangsek pasar pada 2011 sebanyak tujuh varian. Mulai dari motor sport, bebek, dan skutik. Sekalipun demikian, dominasi Vixion masih cukup tangguh dengan pangsa pasar sekitar 76,91%.

Tren Injeksi

Pada 2011, varian motor injeksi yang merangsek pasar sebanyak sembilan varian yakni; Yamaha Vixion dan Kawasaki KLX 250. Selain itu, produk-produk Honda, yaitu Supra X 125 PGM FI, Supra X 125 Helm in Injeksi, CBR 250 R, CBR 150 R, PCX 125, dan Revo AT. Khusus Supra X 125 PGM FI, perannya digantikan oleh Supra X 125 Helm in Injeksi.
Tahun 2012 ini, guliran motor-motor injeksi rasanya bakal kian deras. Produsen seperti Honda dan Yamaha boleh jadi bakal menambah peluru mereka. Motor injeksi dianggap lebih ramah lingkungan karena mengonsumsi BBM lebih irit.

Yamaha menyebutkan, pada sistem motor injeksi (fuel injection) terdapat ECU yang bekerja seperti otak pada manusia. ECU meneruskan sinyal yang dikirim sensor-sensor. Pada akhirnya, ECU memerintahkan injector untuk menyemprotkan bensin pada mesin. Kerja ECU layaknya otak yang saat mendapatkan sinyal dari sensor-sensor, lantas memerintahkan bagian tubuh untuk menjalankanfungsinya. Selain sensor-sensor, komponen penting lainnya pada ECU adalah fuel pump. Alat ini berfungsi mensuplai BBM dari tanki ke injector dan menjaga tekanan bahan bakar agar sesuai persyaratan.
Kini, di era pengetatan BBM, kita semua tahu, mulai April 2012, kendaraan pribadi roda empat dilarang mengonsumsi BBM bersubsidi, kendaraan yang hemat BBM bakal menjadi pilihan konsumen. Para produsen ditantang menelorkan produk yang lebih ramah lingkungan. Tak ketinggalan di segmen sepeda motor. Informasi yang beredar, pada 2014, seluruh motor yang diproduksi anggota Aisi bakal memakai sistem injeksi.
Selain memperkuat produk, para produsen juga mesti memperkuat jaringan pelayanan di bengkel-bengkel mereka. Yamaha mengaku terus merapatkan barisan. Sebanyak 14 ribuan mekanik di sekitar tiga ribuan jaringan bengkel Yamaha kabarnya terus dilatih untuk menyongsong era injeksi. Sang produsen mengaku jejaring mereka sudah siap melayani konsumen. Benar nih pak? (edo rusyanto)

13 Komentar leave one →
    • Ayo Dukung Suzuki Jadi No. 2 permalink
      18 Januari 2012 12:07

      Wah selamat ya gan dapat pertamax

      • Gatot kocoo permalink
        18 Januari 2012 16:44

        wah dr td bro Ayo Dukung Suzuki Jadi No. 2 kepengen banget jd Pertamax ya..
        udah beberapa blog saya kunjungi cuman bro lah yg plng aktif..
        Mantaf bro

  1. Ayo Dukung Suzuki Jadi No. 2 permalink
    18 Januari 2012 12:05

    Suzuki pertamax ga yah?

  2. Ayo Dukung Suzuki Jadi No. 2 permalink
    18 Januari 2012 12:33

    Semoga kedepan semua motor injeksi semua gan

    http://suzukikunaiki.wordpress.com/2012/01/18/ngeri-gan-pembalap-suzuki-john-hopkins-harus-merelakan-jari-tangannya-diamputasi/

  3. Aa Ikhwan permalink
    18 Januari 2012 13:04

    kelinci percobaan injeksi “Vixion” berhasil,.. mestinya Byson, Sorpio jg diinjeksi juga 😀

  4. 18 Januari 2012 13:23

    katanya mau era injeksi, line up yamaha semua mulai injeksi kah?

    http://beckhem.wordpress.com/2012/01/18/patlabor-film-anime-kesukaan-waktu-kecil/

  5. 18 Januari 2012 21:56

    vixion memang fenomeaaaa…l sampe sekarang belum tumbang 🙂
    http://learningfromlives.wordpress.com/2012/01/18/bergitar-tidak-pada-tempatnya/

  6. jaelan.. permalink
    18 Januari 2012 22:46

    sy suka analisa mbah edo dalam menganalisa detai roda 2…..diantaranya
    1 presentasi dalam hal keseluruhan penjualan roda 2…
    2 ………………………….. persaingan antara type roda2…
    3 ………………………….. detail head to head……dsb

    ………..eyang sepertinya suka matematika….jadi suka dgn hal yg akurat dlm menilai sesuatu hal……………….analisa yg valid…dan hasilnya jernih ….lanjutkan

  7. Nobita permalink
    19 Januari 2012 05:06

    1 vixion vs 7 motor injeksi honda…

    • 19 Januari 2012 06:57

      naaah hebatnya honda gk setengah2 ksh injeksinya…smua motor ada.. walau kalah tp thn dpn berat buat yamaha. kec memang mio j dr varian terrendah spoke dh injeksi. naaah sbg bukti yamaha kurang fokus diinjeksi fino kok gk injeksi jg. tp moga2 injeksi jg

  8. 19 Januari 2012 21:28

    Yamaha semakin di depan, begitulah iklan yang dinyanyikan ahmad dani.
    Kalau mesin injection untuk motor wanita ada nggak ya ?

  9. 25 Agustus 2012 15:37

    Can I just say what a comfort to uncover an individual who actually understands what they are talking about online.

    You definitely realize how to bring an issue to light and
    make it important. A lot more people ought to read this and understand this side of the story.
    It’s surprising you’re not more popular because you most certainly
    possess the gift.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: