Agustus, Motor Sport Yamaha Kian Kokoh
Yamaha Byson, segera diluncurkan YMKI usai Lebaran 2010. (foto:edo)
BOLEH saja di segmen skutik Honda kian menggigit. Namun, di lini motor sport, Honda terseok-seok. Sebaliknya, Yamaha kian kokoh. Coba saja data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) di bawah ini.
Sepanjang Januari-Agustus 2010, Yamaha yang diageni PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), merengkuh penjualan sekitar 159 ribu unit. Soal pangsa pasarnya jangan ditanya, sekitar 50%.
Sementara itu, Honda yang dibesut oleh PT Astra Honda Motor (AHM) harus puas mengantongi sekitar 101 ribu unit dengan pangsa pasar sekitar 31%. (lihat grafik penjualan)
Padahal, pada delapan bulan 2008, Honda masih berkibar dengan pangsa pasar 43% dan Yamaha sekitar 28%. Saat itu, Suzuki bercokol di posisi ketiga dengan penguasaan sekitar 23%.
Kini, pada delapan bulan 2010, Suzuki justeru terlewati oleh Kawasaki. Agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor Kawasaki, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tampaknya belajar banyak. Hasilnya, tahun ini menggeser Suzuki dari posisi ketiga. Kawasaki melego sekitar 43 ribu unit dengan market share sekitar 13%, sedangkan Suzuki hanya 11 ribu unit (3,54%).
Vixion Merajalela
Dari belasan sepeda motor sport yang dibesut anggota Aisi, Yamaha Vixion masih bersinar pada Januari-Agustus 2010. Vixion menempati posisi puncak dengan market share sekitar 45%. Jarak dengan kompetitor terdekat sangat lebar. Posisi kedua, Honda Megapro hanya mampu menguasai sekitar 16%, sekalipun digabung dengan New Megapro 150cc, baru sekitar 18%. (lihat grafik market share)
Posisi ketiga masih dipegang Honda Tiger (9%) dan posisi keempat Kawasaki Ninja 150 (7%).
Tahun ini, persaingan di lini sport diwarnai dengan peluncuran produk baru oleh para raksasa sepeda motor. AHM meluncurkan Honda New Megapro 150cc. Generasi sebelumnya bermesin 160cc. Sedangkan YMKI sudah mengelus-ngelus Yamaha Byson 150cc yang bakal digelontorkan seusai Lebaran 2010 atau sekitar September-Oktober 2010.
Kehadiran kedua produk baru tersebut tentu saja diharapkan mampu mendongkrak penguasaan pangsa pasar masing-masing. Seberapa jauh imbasnya? (edo rusyanto)
Pertamax..
Sepertinya bulan selanjutnya peta penjualan bakar berubah,AHM akan bisa menggenjot penjualan dg adamya NMP.IMHO
Ralat:Maksudnya bakal berubah.
scouzy masih laku ya, padahal tampang jadul bgt, tinggal tunggu byson & new scouzy..
mantab dah…..ada menu segment sport,ntar segment yg lain jg ya,,?
hehehe
Absen ajah pak edo
Hmm kyknya sport mmg bakal dikuasai ymh.
Alasan simpel,
Sport ymh pantes dipakai tua n muda.
Sperti vixion misalnya.
Sdang image hnd berlari ke org berkeluarga/org tua.
So,jalan2 satu2nya ya harus launching cbr150 entah ckd atau cbr125 pakai mesin cs1 dgn sdikit perubahan msl pake dohc atau 4klep
Scara ane yakin honda slalu lbh unggul kalo soal mesin
@ nick
unggul kencengx, iritx, apa teknologix?
@ om edo
lha kalo data penjualan sport tvs, bajaj n minerva gmna?
tvs dan minerva aku punya, tapi kalau bajaj belum ada. masih dikumpulkan. trims bro
@Om Edo
untuk bulan agustus sendiri gmn datanya om?
itu yg terpenting, baru kemudian data akumulasinya.
khusus NMP, bulan agustus kemaren laku berapa?
Kentas
Semuanya
wkwkwkwk 😛
Semakin didepan y??
Lum lg katanya akhir september yamaha mau test new scorpio faceliftnya ke bromo y..
Makin greget aja pasar motorsport di indonesia, apalagi kalo honda jadi nelurin new tiger ma cbr ckd.. Waaah :p
Bro Edo, klo perang harga gimana kira-kira ? biar konsumen yang di untungkan hehehe…