Lanjut ke konten

Honda PCX Laris Manis di Jawa Barat

12 September 2010

Honda PCX 125. (foto:dok ahm)

KONSUMEN di Jawa Barat tampaknya tergiur akan kemolekan Honda PCX 125. Sepeda motor yang diimpor secara utuh oleh PT Astra Honda Motor (AHM) itu, mampu terjual sekitar 720 unit pada Agustus 2010. Sekitar 30% terserap oleh pasar Jawa Barat.

Skutik yang diluncurkan pada 16 Juni 2010 itu, juga memikat konsumen di Jakarta. Terbukti, 26% total penjualan PCX 125 pada Agustus 2010, diserap oleh wilayah yang dihuni oleh sekitar 10 juta penduduk itu. Setelah Jakarta, pasar yang paling banyak menyerap skutik yang dibanderol Rp 32 juta per unit itu adalah kawasan Jawa Timur (9,31%).

Di luar Jawa, yang kepincut skutik bermesin 125 cc PGM-FI itu, adalah Kalimantan Selatan sekitar 7,78% dari total penjualan Agustus 2010. Sedangkan Bali yang terkenal doyan skutik, menjadi pasar nomor lima terbesar Honda PCX 125 yakni 5,14%.

Sejak digelontorkan ke pasar, Honda PCX 125 yang sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro 3 itu, sudah terjual sekitar 1.326 unit atau rata-rata sebanyak 454 unit per bulan. Fantastis! Mengingat saat diluncurkan di Jakarta, manajemen AHM hanya menargetkan rata-rata per bulan sebanyak 250 unit.

Skutik Agustus

Penjualan segmen skutik sepanjang Agustus 2010 sebanyak 346.541 unit, naik sekitar 5,94% dibandingkan sebulan sebelumnya yang sebanyak 327.102 unit.

Jawara di lini skutik masih digenggam Yamaha dengan penguasaan pangsa pasar sekitar 48,90%, dibelakangnya Honda (46,02%), dan Suzuki (5,08%). (lihat grafik)

Yamaha yang diageni oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) melenggang tak senyaman tahun-tahun sebelumnya. Maklum, Honda terus mengekor dengan ketat.

Yamaha yang baru saja memasukkan skutik Xeon ke pasar pada Mei 2010 mulai memetik buah dari skutik tersebut. Pada Agustus 2010, Xeon mencetak penjualan tertinggi sejak Mei, yakni sekitar 19 ribu unit. Total penjualan Xeon sekitar 58 ribu unit atau sekitar 5% dari total penjualan skutik Yamaha pada Januari-Agustus 2010. (edo rusyanto)

About these ads
22 Komentar leave one →
  1. az147r permalink
    12 September 2010 13:04

    motor mahal uey….

  2. nick69 permalink
    12 September 2010 13:23

    Gak kuaat…
    Mending variotechno sisanya buat beli pakaian,sepatu,tas yg keren2 dan buat cari cewek cantik xixixixix

  3. Kakang ali permalink
    12 September 2010 13:48

    Nice data info kang Edo !

  4. Den Bagoezt : "SELAMAT IDUL FITRI... Mohon Maaf Lahir Batin" permalink
    12 September 2010 14:06

    ckckckckkkk…
    skutik mahal aja bisa laris manis begini ya…

    @Om Edo
    di jabar angka 720 unit itu hasil penjualan bulan agustus doank apa juga akumulasi juni-agustus?

    • 12 September 2010 14:19

      bro, di jabar sekitar 30% dari 720 unit. angka 720 unit adalah hanya untuk agustus 2010. semoga bermanfaat. salam

  5. Den Bagoezt : "SELAMAT IDUL FITRI... Mohon Maaf Lahir Batin" permalink
    12 September 2010 14:21

    Di bulan agustus market share skutik yamaha tinggal 48% ya?

    hmmm….
    dgn ms yg ada sekarang, gw sih nganggap sebenernya ms skutik honda udah diatas yamaha klo ngelihat begitu panjangnya antrian indent skutik2 honda.

    harus bener2 hati2 nih yamaha…
    klo masih tetep pede dgn produk2 jyadulnya gw yakin tahun depan klo kapasitas produksi honda udah ditambah pasti skutik honda langsung leading.

  6. 12 September 2010 14:21

    Pantesan d tempat ku nih motor dah keliaran!!
    Ada 4 atau 5 yang keliaran d seputaran banjar…
    *jabar bro

    • Ali permalink
      30 November 2010 22:57

      Hahahha…
      Mungkin salah satunya nu urang tah kang…hehehhe

  7. softech_niQ permalink
    12 September 2010 14:35

    ttp nunggu CBR versi matik….kn versi bebek udh ada…..bhahahaha.

    • 12 September 2010 14:47

      wah…CBR matik kayak gimana tuh bro? hehehe….

  8. 12 September 2010 15:02

    semua serba matik….
    ada cewek matik gak ya…
    AHM keluarin cewek metik yang mulus nan sexi pasti laku….

  9. softech_niQ permalink
    12 September 2010 17:29

    @bro edo.
    kali aja ada atpm yg mw bkin motor sport matik…hehehe.
    atw adakh yg pngen modif matikx pke baju ala motogp…?

    @ocho99.
    cewe matik ada (tinggal angkat gas, dah siap geber),,,tp d sirkuit khusus aja,,,hahahaha.

    • 12 September 2010 17:36

      tempo hari, Minerva bikin matik sport, tapi kayaknya kurang direspons pasar tuh bro. hehehe…

  10. daris permalink
    12 September 2010 17:33

    pantesan ane dibanjarbaru banyak liat PCX, ternyata banyak juga PCX yg laku dikalsel

  11. Dani Ramadian permalink
    12 September 2010 21:06

    Wadaaaa…
    Kok geliatnya semakin nyata ya produk² AHM
    Semoga customer makin dimanjakan… :) :D

  12. softech_niQ permalink
    12 September 2010 21:21

    @bro edo.
    harga minerva sport matik brp bro…?kl mahal,ya emang ga bkln drespon rakyat,msh klh “mindset” dgn produk jepun,,,,ada fotox ga ya,,,?hehehe….

  13. ashley permalink
    12 September 2010 21:44

    Bro softech
    Kalo gak salah kymco dah ngeluarin sport matic…

    Ya…ya…ya…
    Ahm girang maticnya makin laku….trus kapan semprotnya….

  14. ashley permalink
    12 September 2010 21:46

    Minerva…maticnya minerva gtr…150 cc atau 125 cc gtu kalo gak salah, liverynya mirip2 aprilia gtu…gambar macan…

  15. aank wijaya permalink
    13 September 2010 07:50

    larisss manissss kyak kcang bungkus dungz!!!
    ga ko kiding…
    tapi kpan masuknya ke kota slain jabotabek????
    cpetan dung…,,btw harganya berapa????
    hehehehehe…

  16. Edi PCX permalink
    16 September 2010 20:21

    Indentnya itu lho….luaaaaama banget ?

  17. Ali permalink
    30 November 2010 22:54

    Ane juga pake… PCX gitu loch
    Malah Ane Pembeli Pertama Untuk Wilayah Tasik Malaya,Banjar,Rancah,Kawali dan sekitarnya

Lacak Balik

  1. Wisata jawa timur park? | Indonesia Search Engine

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.103 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: