Skutik Honda Ungguli Yamaha
OKTOBER 2011 menjadi sejarah baru buat motor skutik Honda. Produk Honda Beat melampaui penguasaan pangsa pasar Yamaha Mio cast wheel (CW). Pada bulan itu, Beat menguasai sekitar 26,21%, sedangkan Mio CW sekitar 19,90%. Total volume penjualan motor skutik Oktober 2011 sekitar 390 ribuan unit.
Secara akumulasi, Januari-Oktober 2011, produk-produk motor skutik Honda merajai segmen tersebut. Dari data yang saya peroleh terlihat bahwa Honda menguasai sekitar 55,60%, sedangkan Yamaha sekitar 41,25% dan Suzuki sekitar 3,16%. Total volume sepuluh bulan 2011 tercatat sekitar 3,48 juta unit.
Tahun 2011 menjadi babak baru untuk segmen motor skutik. Sepanjang lima tahun terakhir, tahun ini, Honda akhirnya memuncaki pasar motor skutik di Indonesia. Sebelumnya, Yamaha nyaris tanpa lawan sebanding di segmen yang terus membubung itu.
Oh ya, kini, segmen skutik menguasai total pasar domestik, yakni sekitar 50,23%, sedangkan motor bebek yang sebelumnya terus merajai pasar, kini sekitar 41,70%. Sisanya, 8,07% dipegang segmen motor sport. Total pasar domestik sepanjang Januari-Oktober 2011 menyerap sekitar 6,9 juta unit motor.
Super Serius
PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen motor skutik Honda tergolong super serius menggarap segmen skutik. Bagaimana tidak. Tahun 2011, mereka menggelontorkan sekitar Rp 800 miliar untuk meningkatkan kapasitas produksi menjadi 2,5 juta unit per tahun. Sekaligus untuk memperkuat portofolio di segmen skutik.
Keseriusan juga bisa dilihat dari gencarnya AHM menelorkan varian skutik. Tahun 2010, persisnya pada Juni, AHM mengguyur pasar dengan dua produk anyar, yakni Honda Scoopy dan Honda PCX.
Scoopy membidik segmen penyuka retro modern. Tampang jadul tapi modern. Strategi ini cukup manjur. Buktinya, pada 2010 mampu membuat gebrakan dengan rata-rata penjualan sekitar 16 ribuan unit. Sebuah torehan mencengangkan karena melampaui target yang sebesar 15 ribu per bulan. Target awal AHM hanya berkisar 10 ribu unit per bulan.
Sedangkan skutik futuristik Honda PCX tak sekinclong Scoopy. Maklum, motor bermesin 125cc itu, dibanderol harga Rp 32 juta per unit. Motor ini diimpor utuh dari Thailand dengan target pasar para pemakai skutik premium. Harga yang jauh di atas harga rata-rata skutik para anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi), membuat PCX agak lambat direspons pasar.
Memasuki 2011, AHM menggenapi peluru motor skutiknya menjadi enam varian, dengan memasukan Honda Spacy Helm in, pada Mei 2011. Sosok yang satu ini juga menghentak pasar. Target 25 ribu per bulan langsung pecah. Rata-rata sepanjang enam bulan memasuki pasar, Spacy mencatat volume penjualan sekitar 27 ribuan unit per bulan. Wow!
Jajaran skutik Honda saat ini adalah Vario Techno, Vario CW, Beat, Scoopy, Spacy, dan PCX.
Yamaha Bertahan
Mantan pemimpin pasar, Yamaha harus bertahan habis-habisan di segmen skutik. Penetrasi Honda mesti disikapi dengan strategi jitu. Pada 2010, Yamaha di Indonesia, yakni PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) memasukan Xeon ke pasar. Jurus melempar produk anyar itu, cukup membuat Yamaha masih kinclong pada 2010.
Namun, memasuki 2011, YMKI harus puas diposisi kedua. Empat varian Yamaha, yaitu Mio, Mio CW, Mio Soul, dan Xeon, harus bertahan ditengah gempuran varian-varian Honda.
Strategi dengan memberi hadiah uang satu miliar rupiah untuk pemenang undian Mio tidak terlalu signifikan menahan Honda. Walau, hal yang cukup menggembirakan, secara individual, untuk periode Januari-Oktober 2011, produk Mio CW masih menempati posisi teratas dengan pangsa pasar sekitar 25,27%.
Sang kompetitor, yakni Honda Beat, membayang-bayangi di posisi kedua dengan pangsa pasar sekitar 23,58%. Bukan mustahil, jika Yamaha lengah, pada tutup tahun 2011 bakal terjadi sejarah baru.
Untuk periode Januari-Oktober 2011, Yamaha mencatat kenaikan volume penjualan sekitar 7,59% jika dibandingkan periode sama 2010. Sebuah angka yang minim, mengingat Honda melejit sekitar 55,56%. Yamaha lebih baik dibandingkan Suzuki yang anjlok sekitar 23,78%. (edo rusyanto)
Mangstab euy…. Akhirnya Beat bisa nge-beat Mio… 🙂
mio diovertake beat..T O P
Sudah kebaca dari bulan kebulan Mio anjlok terus….lawong Mio nya Jadul gak ada perubahan sih…gonta ganti striping terus……nggilani
kasihan, suka suka
selama ini konsumen udah sadar , betapa mereka mau d bodohi dgn produk jadul, g ada inovasi…sekarang bsa dliat hasilx.
apa yg dulu d tanam Honda kini bisa d petik dgn hasil yg mmuaskan.
Tulang pungguh yg mulai rapuh. Alamat bakal makin terseok.
Baca di kompas.oto jd ketawa sendiri, (10 motor terlaris 1. mio seris (mio cw, mio sw, mio soul, mio xeon) 2. Beat dll . Gila semua varian skutik ymki dinamakan mio.
wartawane koplak itu…………………………
oh beat no.2 ya….
bagus brooo…
gimana mbah prediksi mbah tentang akan brojolnya fino ?
scoopy akan anjlok kang !!!!!!!!!!!
makin macet pastinya….
mana tuh yang ngebacot spacy ngak laku ??? ….lebih baik ngebacot kenapa xeon ngak laku ..wwkwkwk…padahal itu motor baru yg 2 kali facelift , cc gede ,harganya dipepetin sama dgn variotech tapi boro2 lawan variotech lawan spacy yg baru launching bulan juni aja kalah ..wkwkw ..satu lagi investasi buang2 uang yg gagal ..
kalo lihat dari 10 besar cuma mio doang tulang punggungnya …yakin ymki berani discontinue mio … mio di ganti belum tentu semua org suka jadi perlu penetrasi lagi , nah selama masa penetrasi tsb honda pepet langsung side by side dengan produk barunya lagi ..modar deh lu
Ini juga ada artikelnya bro :
http://triatmono.wordpress.com/2011/06/10/honda-spacy-selain-makan-honda-beat-juga-makan-segment-lainnya/
untuk mio cw untuk bln oktober terjual brapa ya…???
klo gak salah 90 ribuan unit bro, udah kalah sama BeAT yg bisa 104 ribuan
akhirnyaa.. kesalip juga tuk yg kedua kalinya.. mantaappp…
udah berapa kali Mio disalib BEAT, tahun depan ane yakin mio semakin nyungsep sedangkan BeAT akan semakin berkibar.
jempol ini…HONDA masih menguasai pasar Indonesia
dulu siapa yang bilang ya waktu honda luncurin spacy penjualan beat bakalan nyungsep? ternyata penjualan beat malah menjungkalkan mio.. jelas2 beda segment! 😀
http://temonsoejadi.wordpress.com/2011/11/11/kisahku-melihat-awan-sholat/
Peringatan untuk AHM jangan berhenti berinovasi, terbukti konsumen lebih suka yang fres. Kalau perlu beat diberi sentuhan baru biar tidak telanjur nyaman dan tak berani berubah seperti mio.
sebentar lagi, kang. menurut sang sumber akn mengaplikasi pgm fi…..
pak edo,…
saya baca di detik.oto kalo supra x tidak masuk dalam top 10 penjualan motor terbanyak, dan ada jupiter mx di peringkat ke 8.
apakah penjualan supra kalah dibandingkan jupiter mx.?
mohon pencerahannya, terima kasih
mas bro, saya belum sempat mengolah data segmen bebek, jadi belum bisa jawab. tapi, smoga besok sudah rampung sehingga memudahkan untuk membacanya. salam.
wah ngga sabar nunggu artikelnya,…
ditunggu banget yah,….
terima kasih.
udah diedit mas bro, emang yg sebelumnya ane mosok revo dan supra gak masuk 10 besar justru masukin NaJiZ dan Vixion di peringkat 9 dan 10.
tp sekarang udah agak bener kok, kecuali mio aja yg aneh, mosok semua skutik yamah disebut mio series dari mio CW, SW, Soul sampai Xeon disebut mio.
salh bro xeon gk masuk, didetik no 1 mio seres 115rban, all matic ymh 133rb. sisa 15rb xeon…cmiiw
udah di revisi boz,tuh yang ngasih data lagih mabok ngkali !!!!!!!!!!!!!!!cek ajah lagih !!!!!!!!!!!!!
yang ngasih data orang ymki kali …biasa mang udah terkenal sulap2an data , sogok menyogok , tipu menipu , bc membc 😀
Nice info, Bagus sekali penyajian grafik2nya Kang Edo, Thanks.
Hampir semua skutik Yamaha tendensinya menurun, kecuali Xeon yang sedikit menguat di tahun 2011. sedangkan skutik Honda yang melemah hanya Vario CW, maklumlah, life cylenya sudah mau habis. 😀
Korban dari Spacy kayaknya Mio Soul, bagaimana pendapat komentator lainnya?
nah…bisa juga,,
Wooowww…
Mengerikannnnnn
kasian dealer2 yamaha+sales marketingnya ngomong ampe berbusa tapi tetep aja jualanya onjlok.
Masuk di akal ! Kalau yang satu brojol 400-an, terus yang satunya lagi brojol pas-pasan di 300-an? Dengan kapasitas terpasang seperti ini, H sesungguhnya bisa menang di semua lini. Bahkan sport sekalipun. Tanpa menunggu tahun 2012.
http://temonsoejadi.wordpress.com/2011/11/11/keajaiban-menurut-islam/
YAMAHA SEMAKIN PASRAH,
HONDA SEMAKIN DIDEPAN,
Bentar lagi kita akan Melihat pangsa Pasar MOTOR SPORT YAMAHA Bakalan di ACAK-ACAK sama HONDA,
Kalau YAMAHA tdk segera Ndatengin NEW YZF R15 V2.0 ke INDONESIA.
YAMAHA SEMAKIN PASRAHH,
HONDA SEMAKIN DIDEPAN,
Bentar lagi kita akan Melihat pangsa Pasar MOTOR SPORT YAMAHA Bakalan di ACAK-ACAK sama HONDA,
Kalau YAMAHA tdk segera Ndatengin NEW YZF R15 V2.0 ke INDONESIA.
YAMAHA SEMAKIN PASRAH,,,,,
HONDA SEMAKIN DIDEPAN,
Bentar lagi kita akan Melihat pangsa Pasar MOTOR SPORT YAMAHA Bakalan di ACAK-ACAK sama HONDA,
Kalau YAMAHA tdk segera Ndatengin NEW YZF R15 V2.0 ke INDONESIA.
KEMATIAN YAMAHA,TINGGAL MENUNGGU WAKTU..
PERCAYALAH.
*Kecuali NEW YZF R15 V2.0 segera ada di Mari.
yg djadoel yg cuma bisa gonta-ganti stripping dan tagline doank akhirnya ndlozooorrrzzz…….!!!
Udah jelas, dari fitur unggul beat. irit unggul beat. model fresh beat
startegi ahm utk menahan mio sukses besar. dg brojol scoopy dan spacy yg secara harga ga begitu jauh dg beat akhirnya bisa meluaskan market skutik honda. dan konsumenpun senang krn pilihannya jadi variatif