Mengintip Scorpio Z dan Tiger
GEMURUH sepeda motor sport di kelas 150cc tak mengusik Yamaha Scorpio Z dan Honda Tiger. Kedua motor sport itu masing-masing bermesin 225cc dan 200cc.
Segmen kedua motor itu masih tetap ada. Walau, relatif amat kecil dibandingkan kelas 150cc. Tengok saja rata-rata penjualan per bulannya.
Untuk periode Januari-Mei, dalam rentang lima tahun terakhir, Scorpio Z hanya berkisar 1.200-an unit hingga 3.000-an unit per bulan. Sedangkan Honda Tiger berkisar 1.900-an unit hingga 6.100-an unit per bulan. Bandingkan dengan segmen 150cc yang bisa menyentuh angka belasan hingga puluhan ribu per unit. Itu di luar Honda CBR 150R yang angkanya masih 800-an unit per bulan.
Mari kita intip Scorpio Z. Sepeda motor ini sempat memiliki penjualan rata-rata per bulan sekitar 3.000-an unit pada lima bulan 2008. Namun terus merosot pada tahun-tahun berikutnya. Sempat menyentuh angka 2.000-an unit pada 2011. Lalu, anjlok lagi menjadi 1.200-an unit pada lima bulan 2012.
Sedangkan Tiger memiliki masa puncak, yakni 6.100-an unit pada 2008. Mirip dengan Scorpio Z, penjualan motor ini terus merosot. Titik terendah terjadi pada Januari-Mei 2012, yakni sekitar 1.900-an unit per bulan.
Mengapa kedua varian itu terus melemah? Sekadar meraba-raba, mungkin karena faktor harga. Kedua motor ini lebih mahal dibandingkan tipe 150cc yang menjadi andalan sang produsen, seperti Vixion dan New Megapro. Selisih Scorpio Z dengan Vixion bisa mencapai Rp 2,3 jutaan. Sedangkan selisih Tiger dengan New Megapro bisa mencapai Rp 4,7 jutaan.
Faktor model. Kalau urusan yang ini relatif. Selera konsumen bisa berbeda-beda. Mungkin faktor kapasitas mesin dan kondisi lalu lintas jalan. Ini juga sekadar menebak-nebak. Sepeda motor berkapasitas 150cc, seperti Vixion dan New Megapro dianggap masih cukup pas untuk dikendarai di lalu lintas jalan yang padat. Apalagi seperti di kota-kota besar semacam Jakarta dan Surabaya. Boleh jadi sang penunggang merasa sudah cukup terpenuhi oleh kinerja Vixion dan New Megapro ketimbang Scorpio Z dan Tiger yang praktis kecepatannya bisa di atas Vixion dan New Megapro. (edo rusyanto)
pertamax?
kelas anak tiri
ya seadanya ya mbah?
http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/17/kualifikasi-motogp-silverstone-antara-trek-basah-dan-penayangannya-vs-badminton
motor2 jadul yg mestinya udah gak layak edar nih…
kayak muka lu jadul,, g layak buat pamerin ke cewe
sesuai kebutuhan ,.,.
Faktor utama ya di modelnya yang telah uzur.
Harga tinggi tapi dapat mesin jadul..
Mungkin itu lebih tepat..
Coba harganya 18 juta..
Laris dah
lumayan 10 besr.,
ijin menyimak dan nitip tulisan mas
http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/06/16/bagaimana-jika-harus-ditolak/
terima kasih
si Pio dan si Tigor sudah saatnya pensiun..sdh terlalu lama beredar, konsumen pun lbh tertarik dg produk2 baru yg fresh & keren.
Salam..
http://lexyleksono.wordpress.com/2012/06/17/ke-cipanas-bersama-ninja-650/
loh scorpio kan masih muda, wah kejem sampeyan, fby protes lo…
lo muka ama motor g sepadan,, harusnya muka2 kaya lu jadi tukang odong2,,
2 motor hebat….
scorpio memang poll tarikannya
ane lhat pio putih sangar jg ternyata klo lhat aslinya ..
Ane tetep si Pio ajalah… Hehe….
pio merah mantap, auranya keluar. a balance between performance and design.
wooy , lg pade ngapain loe.,,