Skip to content

Begini Toh Perbedaan Pembiayaan Syariah dan Konvensional

22 April 2012

SUATU siang rumah saya kedatangan para pemasar kredit sepeda motor. Sang pemasar hanya meninggalkan selebaran alias brosur.
Isinya? Tabel-tabel hitungan kredit. Brosur itu ternyata berasal dari Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS). Wow!
Salah satu yang menarik perhatian saya adalah hadiah yang disodorkan sang manajemen BPR. “Beli motor Yamaha berhadiah TV LCD 32′ periode Februari-April 2012” tulis brosur itu.
Tapi, ada tanda bintangnya (*) loh. “Bagi nasabah yang beruntung”. Wah, gak semua konsumen dong.
BPRS Alsalaam yang mengeluarkan brosur itu juga menerapkan biaya administrasi motor Rp 185 ribu. Berhubung saya tidak bertemu sang tenaga pemasar, info lebih jauh belum bisa digali.
Iseng-iseng membaca tabel yang ada di brosur tersebut. Ternyata BPRS itu membiayai produk-produk dari lima ATPM sepeda motor. Kelimanya adalah Honda, Kawasaki, Piaggio, Suzuki, dan Yamaha.
Ternyata ada yang menarik. Pembelian lewat pembiayaan BPRS tersebut selisihnya cukup lumayan loh. Saya belum mengerti kenapa bisa begitu. Coba lihat hitung-hitungan awam di bawah ini.
Untuk membeli Yamaha Mio J versi jari-jari (spoke wheel/SW) yang dibanderol Rp 12 juta per unit, lewat pembiayaan syariah konsumen merogoh kocek Rp 15,861 juta. Perhitungannya, uang muka Rp 1,2 juta ditambah cicilan Rp 418.881 per bulan dengan tenor 35 bulan.
Saat saya bandingkan dengan salah satu perusahaan pembiayaan konvensional, konsumen harus membayar sebesar Rp 19,174 juta. Ada selisih Rp 19,174 – Rp 15,861 = Rp 3,313 juta.Wow!
Hitungan-hitungan pembiayaan konvensional itu berasal dari uang muka Rp 1,75 juta ditambah cicilan terendah Rp 528 ribu kali 33 bulan. Oh ya, harga untuk tunai sama, Rp 12 juta per unit.
Masih penasaran, saya coba lihat untuk produk Jupiter Z cast wheel (CW) yang dilego Rp 14,850 juta per unit tunai. Untuk mencicil via BPRS menjadi Rp 19,623 juta. Angka itu dengan asumsi uang muka Rp 1,5 juta plus cicilan Rp 517.811 per bulan sepanjang 35 bulan.
Nah, jika dibandingkan dengan pembiayaan konvensional angkanya membengkak menjadi Rp 23,483 juta. Waduh.
Penghitungannya begini, cicilan Rp 651 ribu per bulan dikali 33, yakni Rp 21,483 juta. Lalu, uang muka Rp 2 juta. Oh ya, harga tunai untuk produk ini Rp 14,85 juta per unit.
Bagaimana dengan produk Honda?
Saya coba lihat simulasi untuk Honda Beat CW. Harga tunai dipatok Rp 12,575 juta per unit. Dengan cicilan terendah, yakni Rp 437.382 per bulan dengan jangka waktu 35 bulan, plus uang muka Rp 1,3 juta, hasilnya menjadi Rp 16,433 juta per unit.

Lantas saya bandingkan dengan pembiayaan konvensional. Hasilnya, konsumen Honda harus merogoh Rp 19,892 juta per unit. Angka itu berasal dari cicilan Rp 538 ribu per bulan dikali tenor 34, serta ditambah uang muka Rp 1,6 juta. Sedangkan harga tunai Rp12,650 juta per unit.
Sedangkan untuk Honda Supra X 125 CW Helm in PGM FI yang dihargai Rp 15,775 juta per unit, nasabah BPRS merogoh kocek sekitar Rp 20,844 juta. Angka itu dengan asumsi uang muka Rp 1,6 juta dan cicilan per bulan Rp 549.822 selama 35 bulan.
Dalam pembiayaan konvensional, konsumen Honda Supra X 125 CW Helm in PGM FI malah harus merogoh kocek Rp 24,996 juta per unit. Cicilan per bulannya Rp 669 ribu dengan tenor 34 kali, lalu ditambah uang muka Rp 2,25 juta. Oh ya, harga tunai Rp 15,975 juta tunai.
Ada yang faham kenapa pembiayaan BPRS bisa lebih rendah dibandingkan pembiayaan konvensional? (edo rusyanto)

Iklan
132 Komentar leave one →
  1. 22 April 2012 13:26

    wo0w, lebih miring ternyata, mungkin karena bunganya dikit
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/22/modifkasi-kawasaki-ninja-rr/

    • 9 September 2014 07:22

      Halo,
      Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi,
      pinjaman hipotek, kredit mobil, pinjaman
      pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi, tanpa jaminan
      jaminan, modal ventura, dll … Atau hanya menolak
      pinjaman dari bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan?
      Anda adalah solusi yang tepat bagi kredit! Kami adalah
      pemberi pinjaman pribadi, kami menawarkan pinjaman untuk bisnis dan individu dengan
      tingkat suku bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Jadi jika Anda
      tertarik pinjaman cepat dan mudah. Email
      Kontak: stellarise26@gmail.com
      NAMA: …………….
      AGE: ……………..
      SEX: ……………….
      Perkawinan STATUS: ………………..
      KONTAK NOMOR TELEPON: …………….
      ADDRESS: ………………….
      CITY: ……………….
      NEGARA: ………………..
      COUNTRY: ……………….
      ZIP KODE: …………………
      PEKERJAAN: …………………..
      BULANAN PENGHASILAN: ………………..
      JUMLAH DIPERLUKAN: ………………….
      LENGKAP DETAIL BANK: ………………..
      WHEN NEEDED: …………………….
      TUJUAN KREDIT: ……………………
      BANGKRUT ATAU TIDAK: ……………………..
      PELUNASAN DURASI: …………………..

      Kami menunggu balasan cepat Anda ke e-mail

      Salam,
      Mrs kenaikan stella

  2. rusmanjay permalink
    22 April 2012 13:29

    mungkin prinsip syariah murabahah cmiiw

  3. 22 April 2012 13:33

    Itulah bedanya bunga dan bagi hasil…

    • 26 Juli 2015 15:35

      akadnya jual beli (murabahah) dengan keuntungan margin atau persentase, bukan bagi hasil.

  4. 22 April 2012 13:35

    memang jatuhnya beda, om..
    untuk KPR aja, angsuran syariah murni flat tiap bulan. beda sama yg non syariah mengikuti suku bunga..

  5. 22 April 2012 14:55

    wah temanya menarik, IMHO, murah atau mahalnya produk pembiayaan syariah bukanlah yg menjadi acuan pembeda syariah dan konvensional. Perbedaannya cuma di akad, biasanya baik bpr/leasing/bank syariah menggunakan akad murabahah utk pembiayaan kendaraan.

    coba tanya aja ke marketingnya, cara hitung marginnyadi akad murabahah tersebut pake persen juga koq sama kaya bunga konvensional! Tapi hati-hati karena disini biasanya org terjebak dan bilang, “ah sama aja syariah dengan konvensional, cuma beda istilah bunga dan margin, buktinya pake sekian persen2 juga angsurannya”. Karena ersentase cuma alat hitung! bukan syariah/konvensional.

    kenapa margin pembiayaan motor alsalam lebih murah? mungkin biaya dana mereka lebih murah. biaya dana itu adalah biaya yg dikeluarkan alsalam utk dana yang disalurkan ke pembiayaan motor tadi. Misalnya ane contohin, kalo alsalam 100% sumber dananya dari tabungan masyarakat yang bagi hasilnya 5%, ditambah biaya gaji karyawan dan operasional mereka 5%, maka kalau dia jual margin 15% sudah untung 5%. Tapi coba kalau sumber dana alsalam 100% dari deposito yang bagi hasil per bulan ke nasabah bisa 10%, gak mungkin dia bisa jual 15%, karena dia harus bayar operasionaldan gaji 5%, tiris untungnya!.

    Lantas kenapa leasing konvensional mahal? ingat leasing itu tidak mengumpulkan dana masyarakat, artinya sumber dana mereka dari mana?? dari kredit ke bank, misalnya adira dengan danamon, apa iya danamon ngereditin adira gak ngambil untung tapi terima risiko macet?? jadi danamon pasti ambil selisih bunga penyaluran kredit ke adira antara biaya dananya sendiri, dan adira menyalurkan pembiayaan ke masyarakat mengambil selisih lagi agar dapet untung. Artinya konsumen kena dua kali.

    Simpelnya begitu, tapi yang tau detil dapur lengkapnya ya cuman alsalam dan leasing masing2. Jadi bukan berarti syariah itu pasti murah dan konvensional pasti mahal. Sistem syariah menggunakan akad yg disesuaikan dengan ajaran islam sehingga terjamin kehalalanya, itu yang menjadi perbedaanya dengan konvensional

    • 22 April 2012 15:18

      Makasih pencerahannya mas bro. Amat berfaedah. Salam.
      https://edorusyanto.wordpress.com

      • dani permalink
        22 April 2012 15:59

        berhubung saudar juga kredit vixion di assalam ada satu yang beda apabila telat bayar akan kena bayar denda yang akan disodakohkan sesuai keinginan yang didenda..jadi ada pilihan gitu…maklum abang pernah telat bayar jadi dia cerita…

        • botak permalink
          22 April 2012 18:17

          Kasusnya ane jg kena denda. Cuma kebetulan ane ngambil cs1 tahun 2010. Kebetulan pas bulan mei 2011 ane nunggak sebulan krn habis kontrak kerja. Bulan dpan ane bayar di kancap jatiwaringin dpan unv.as syafiiyah, sekalian ane tnya sm teller bank alsalam berapa dendanya per bulan, ternyata murah dn emang di infakkan nantinya “klo bapak telat, dendanya seribu rupiah perhari, bisa bapak bayar saat pengambilan bpkb dan pelunasan pembayaran motor”
          wah ane cukup sanjung ni, ternyata ada sist.kredit yg lbh baik.

          Mungkin referensi ni buat webnya

          http://syariahku.com

          • 3 September 2015 23:55

            Bayar telat kena denda? Denda nya itu termasuk riba lho mas bro.

      • Abie_fatih_hafiidz permalink
        24 September 2012 07:57

        Coba ditanyakan gimana cara pelunasan di percepatnya… saya ada sharing sama temen katanya ada “program Syariah dari XXX syariah”,,, cara pelunasannya malah lebih memberatkan… Ex: angsuran 500rb/bulan,, sisa 10 bulan,,, kalo mau dilunasi ya tinggal dikalikan aja katanya,, jadi ga ada potongan ata pengurangan,, (kan sama aja),,,

        Makasih,,,^_^

        • 26 Juli 2015 15:38

          karena akad nya jual beli. pokok + keuntungan sudah di tetapkan di awal. Makanya baik di percepat maupun yang standar, sama saja jumlahnya. Di konvensional, jika mau bayar sisanya sekaligus, hanya bayar pokoknya saja. tanpa bunga. (jika salah,tolong di koreksi).

    • 23 April 2012 15:57

      just menyanggah…
      saya rasa penyebutan ” bagi hasil 5% ” kurang tepat kalau yang dimaksud ‘ 5 % dari modal yang disetor’, itu namanya bunga.
      Dalam bagi hasil, pemilik modal dan yg menjalankan usaha membuat kesepakatan tentang pembagian laba/rugi (misal hasil usahanya rugi), misalnya 30% pemodal dan 70 pengusaha

      • 23 April 2012 20:10

        maksudnya, dimisalkan realisasi bagi hasil atas nisbah yg disepakati shahibul maal dan pengelola adalah 5%, maka yang dianggap biaya dana si bprs itu ya 5%. mungkin saya terlalu menyederhanakan jadi keliru, trims sdh diingatkan.

        • 23 April 2012 20:46

          he3 iya…dari bahasa masbro sebelumnya jg saya dah menduga, itu bahasa penyederhanaan dari bagi hasil yg dianalogikan dalam bentuk bunga( tentu saja setelah bagi hasil diketahui)…iya masbro…hanya khawatir orang dewasa pun kadang salah memahami bagi hasil…salam masbro…

          • 23 April 2012 20:51

            Indahnya saling berbagi untuk saling mencerahkan. Trims mas-mas bro.

      • 26 Juli 2015 15:41

        akadnya bukan bagi hasil. Tapi akad jual beli (murabahah). keuntungan di tetapkan di awal. Bisa menggunakan “bahasa” persentase dari harga pokok maupun langsung di sebut kan jumlah keuntungannya.

    • 23 April 2012 22:16

      trims, sudah sharing hasil pembandingan syariah dan konvensional.
      jadi paham kenapa syariah lebih murah. berarti karena permodalannya sendiri memang lebih murah ya. sekali lagi, trims 🙂

    • 17 Agustus 2013 07:05

      mantab mas bro, jadi lebih paham kitanya. Terima kasih ya

  6. Buncis permalink
    22 April 2012 15:15

    coba buka webnya aja om
    http://syariahku.com

  7. kalimalang rider permalink
    22 April 2012 16:01

    intinya sama aja, bisnis muterin duit..yg penting kehalalan duit yg buat bayar cicilan..

    • 23 April 2012 20:13

      gak cuma kehalalan yg buat bayar cicilan om, kalau akadnya salah ya ngga sama intinya. misalnya, apa om mau makan ayam yang dipotong tanpa membaca doa? kan sama aja toh daging ayam halal? kalau muslim pasti ga akan mau.

  8. Aa Ikhwan permalink
    22 April 2012 16:21

    Mesti tanya ahlinya mbah biar gak salah :D.

    • 22 April 2012 16:36

      betul, siapa tahu ada pakar yg mau berbagi disini. salam.

  9. botak permalink
    22 April 2012 18:18

    Kasusnya ane jg kena denda. Cuma kebetulan ane ngambil cs1 tahun 2010. Kebetulan pas bulan mei 2011 ane nunggak sebulan krn habis kontrak kerja. Bulan dpan ane bayar di kancap jatiwaringin dpan unv.as syafiiyah, sekalian ane tnya sm teller bank alsalam berapa dendanya per bulan, ternyata murah dn emang di infakkan nantinya “klo bapak telat, dendanya seribu rupiah perhari, bisa bapak bayar saat pengambilan bpkb dan pelunasan pembayaran motor”
    wah ane cukup sanjung ni, ternyata ada sist.kredit yg lbh baik.

    Mungkin referensi bagus ni, lbh murah tp halal. Dan ane bilang terjamin.

  10. sponge bob permalink
    22 April 2012 18:37

    yg pasti karena pake prinsip syariah jadi ga ngambil untung banyak spt kredit konvensional. Teman ane sdh mmbuktikannya, dia ngambil motor bajaj Pulsar 135, cicilan perbulannya beda 100ribu lebih murah dibandingkan dgn leasing biasa. Lumayan tuh bisa hemat

    • mashari wahid permalink
      8 Desember 2012 00:27

      bukan cuma bisa hematnya yg ente pertimbangkan !!!
      aman dunia akhirat bro yg penting …
      kita punya cara bermuamalah yang sudah ditentukan ALLAH, itu yang harus kita perhatikan … terima kasih
      jazakALLAH !!!!!!

  11. 22 April 2012 18:54

    seharusnya acara seperti ini tidak hanya diJakarta ya coba ada didaerah-daerah

  12. 22 April 2012 19:14

    saya skr masih berjalan ambil xeon dari january 2011 cicilan 23 bulan menggunakan bprs alsalam amal salman. biasa bayar ke kantor cabang di jatiwaringin. skr bisa bayar di BNI. telat tiga hari ga kena denda. kalo lebih dari 3 hari kena denda seribu rupiah per hari.

    • 3 September 2015 23:58

      kalo ambil kredit di bpr alsalaal perlu ada jaminannya gak bro?

  13. nuri fahmi permalink
    22 April 2012 19:40

    Danany langsung yg biayai bprs itu sendiri,mkny margin/keuntungannya bs lbh murah d banding dng leasing,yg dananya dari bank,jd bank meminta keuntungan,leasingnya pun mengambil keuntungan,jd jauh lebh mahal

  14. 23 April 2012 00:24

    brati enakan pake syariah donk, lebih aman dunia akhirat juga 😀

    http://autonoz.com/2012-chevrolet-camaro-eu-version-review-specs-price-and-features/
    http://i-klan.com/

    • 11 September 2012 15:37

      aman dunia akherat.. ini kalimat enak sekali kedengarannya di hati.. coba ke BPRS assalam deh.. thanks bro

  15. irwan permalink
    23 April 2012 08:17

    sepertinya pembiayaan syariah ini belum begitu banyak diketahui oleh masyarakat luas pak edo , di daerah tangsel sepertinya belum ada yaah ??

  16. goeh80 permalink
    23 April 2012 13:21

    dari masyarakat untuk masyarakat…

  17. 23 April 2012 15:03

    Di Surabaya atau Yogyakarta ada nggak ya ?

    tq

  18. justjoe permalink
    23 April 2012 15:25

    iya dari masyarakat untuk masyarakat. mungkin itu definisi masyrakat madani — perlindungan anggota masyarakat yang kuat atas yang lemah — apapun nanti definisi aslinya waktu prakteknya.

  19. 23 April 2012 17:03

    saya juga melakukan analisa dari model konvensional dan syariah, ternyata sistem syariah memang lebih murah bisa selisih 3 juta rupiah, dan semua dilakukan dengan sisitem musyawarah mufakat….yang saya baca sih seperti itu….dan telatnya bayar pun ga sebesar konvensional…sepertinya saya mau coba sistem syariah ini, ngeri klo liat hasil itungan yang konvesional bener capitalis banget…

  20. andre permalink
    23 April 2012 21:13

    dimungkinkan itu tidak pake asuransi

    • Pak nanang permalink
      6 Oktober 2012 05:38

      Itu dp sama dengan yang lain jadi asuransi udah masuk disana, salah satu pemasarnya nih

    • ibnu amin permalink
      14 Oktober 2012 17:09

      Semua kredit Motor pasti ada asuransinya…

      Hanya karena Via Syariah Lebih ringan angsuran nya karena mereka berdiri sendiri… Tidak mengikat pada BI….

      sedang yang konvensional, mereka tunduk pada peraturan yang di tetapkan oleh BI baik masalah bunga dan masalah DP…

  21. ryu permalink
    24 April 2012 03:57

    kalo begini caranya debt collector gak laku 😀

    btw baca di http://nonkshe.wordpress.com/2012/03/13/bagi-hasil-dalam-pembiayaan-pada-perbankan-syariah/

    ada point Bagi hasil tergantung pada keuntungan proyek yang dijalankan. Sekiranya rugi akan ditanggung bersama oleh kedua pihak.

    jadi kalo misalnya kredit trus selanjutnya gak mampu bayar cicilan, kerugian akan ditanggung berdua. adakah leasing syariah yg mau ?

    • 11 September 2012 15:41

      kemaren kebetulan semat ke bprs assalam, untuk kasus macet, unit yang ditarik akan dilelang / dijual dan hasilnya akan dibagi antara kekurangan untuk bprs assalam dan uang yang telah disetor oleh nasabah. tentu setelah dipotong biaya admin karena proses lelang tersebut. tapi intinya uang yang telah kita keluarkan akan kembali, tidak seperti konvesional yang hilang unit hilang pula cicilan yang sdh kita keluarkan.

      • 4 September 2015 00:04

        setahu saya, motor yang kita beli (tunai/kredit) itu jadi hak kita jadi tidak boleh ditarik lagi oleh dealer. Makanya dalam perkreditan syariah mesti ada jaminannya dan itu harus barang yang lain, bukan barang yang sedang kita kredit, jadi kalo kreditnya macet barang jaminan ini yang dijual. Terus secara syar’i si pemberi kredit juga tidak boleh memanfaatkan barang jaminan ini.

        • Budiono permalink
          26 September 2016 21:45

          Maaf pak. Yang menarik jika terjadi kemacetan adalah pihak leasing baik konvensional atau syariah.
          Dealer tidak menarik motor jika sudah ada PO keluar dari pembiayaan

    • ibnu amin permalink
      14 Oktober 2012 17:12

      setahu saya…

      Sistem syariah tidak lah bagi hasil…
      hanya karena memang bunga yg ringan…

      Kalau menggunakan sistem bagi hasil…

      KARYAWAN NYA MAU DI GAJI PAKAI APA????

  22. 24 April 2012 08:51

    bedanya kalo marketing konvensional lebih luwes, jam berapa aja suruh dateng dia dateng. sabtu minggu pun gak masalah. dokumen kurang-kurang dikit, approved. sedangkan syariahku hanya mau jam kerja dan hari kerja. dokumen kudu lengkap. akad kredit harus disetujui lebih dahulu, baru unit motornya dicarikan. sedangkan kalo konvensional mah kadang belum disetujui, motornya udah dirumah wkwkwk…

    • l4re permalink
      24 April 2012 11:16

      disitu bedanya mas..
      konvensional ( kapitalis ) : apapun caranya, yang penting hasilnya…
      syariah : proses HARUS bersih/halal,hasilnya insya allah juga bersih, halal. dalam kata lain
      ” yang penting prosesnya”….

    • ibnu amin permalink
      14 Oktober 2012 17:14

      Kita liat DP Motor nya…

      Kalau cuman 1 juta’an pasti agak repot..

      Tapi kalau di atas 3 atau 4 juta PASTI LANGSUNG ANTAR SEBELUM BERKAS DISETUJUI…

  23. Rollerman permalink
    24 April 2012 22:38

    daripada kredit,mending uangnya pinjem dari teman atau saudara dengan perjanjian hitam di atas putih bermaterai.hehehe

    harga motor gak membengkak,motor baru juga dapat,ditambah mempererat tali silahturahmi.hehehe

    • boy permalink
      5 Februari 2013 09:43

      Masalahnya g sma sodara mampu, dn g sma temen mau dipinjemin duit. *pengalaman pribadi

  24. AhMaYa permalink
    26 April 2012 08:41

    kan prinsip dasarnya bukan cari untung besar……tapi untung yg dikembalikan lagi untuk para nasabahnya

    • ibnu amin permalink
      14 Oktober 2012 17:16

      kalau untung buat dikembalikan kepada nasabahnya…

      KARYAWAN NYA MAU DIGAJI DARI MANA????

      • Haqqi permalink
        10 September 2014 15:29

        Mending sampean belajar lg akadnya. Saya oerhatikan kok sampean ini tidak bermutu dalam berkomentar.

  25. 26 April 2012 09:24

    memang gitu pak klo syariah… smua kredit klo lewat lembaga keuangan syariah bunga nya ga gila2an kyk lembaga keuangan non syariah… istri saya tahun kmren kredit motor via bmt, klo ditotal selisih bunga yg dibayarkan bisa lebih dr separuh drpd kredit via adira, baf, dsb.

  26. sentot dwi widayanto permalink
    24 Juni 2012 14:27

    lalu apakah pelayanan produk syariah mencakup seluruh lapisan ataukah hanya yang seagama pak ?mohon pencerahan

    • 6 September 2012 11:54

      setahu saya untuk semua orang pak, nggak cuma Islam. karena prinsipnya untuk kemashlatan semua orang. coba survey beberapa lembaga keuangan syariah yang terpercaya. tapi mungkin ada beberapa lembaga yg agak kaku karena memang asas organisasinya begitu.

  27. 12 September 2012 19:51

    yg syariah saja lebih berkah, selisih bukan acuan utama

  28. Putrie Adhelia Yahya permalink
    11 Oktober 2012 10:56

    cuma mau nambahin, kredit di BPRS proses nya cepat, dan apabila persyaratan memungkinkan akan langsung di A.C.C
    kebetulan motor turun selang’ 2 hari dari pengajuan.. trus yang bikin tenang nya tuh klo Seandainya kita ga bisa bayar dlm 2 bln, motor ditariik lalu di Lelang, di potong Hutang kita trus duit kita kembali deh, ya meski ga full.

    pokoknya bnyak untung nya deh xixiixi@curhaat
    bagi Temen2 yg mau Kredit syariah tu lokasinya di cinere ada, di harmoni ada, trus di bekasi.

    • Mustofa permalink
      15 November 2012 19:00

      Boleh tau alamatnya ga kalo bisa yg di daerah jakarta utara

  29. 16 Oktober 2012 17:38

    Memang kalo dengan kredit syariah pasti lebih murah, Selain itu, kalo telat bayar cicilan biasanya kita cuma dikasih denda sekitar Rp1000 buat zakat. Jadi kredit sekalian bisa bantu yang membutuhkan gitu. Plus, kredit syariah kalo ga salah, sampe sekarang belum kena aturan DP minimum, jadi masih bisa kasih DP di bawah 20-15%.

  30. 21 Oktober 2012 08:07

    Maaf mas mas bro, klo saya boleh nimbrung, ane mau copaskan link artikel mengenai jual beli dengan kredit antara tiga pihak (penjual-pembeli-dan leasing/lembaga yg sejenis). krn normalnya klo kita mau membeli dngn kontan atau kredit ckp antara kita sebagai pembeli dan mereka sebagai penjual, tap skrng jelas beda, silahkan, ini alamat linknya … http://pengusahamuslim.com/hukum-kredit-segitiga-1517 … trims

    • Bune Alma permalink
      10 Maret 2013 03:19

      Ustadz saya cerita, di daerah asalnya, Lombok, malah ada pembiayaan syariah yg tidak memakai model kredit segitiga seperti ini. Barang yg akan dikredit (kebetulan mobil) benar2 dibeli dan dimiliki oleh pihak leasing tsb. Setelah pihak leasing menambahkan keuntungannya pada harga beli awal, barang baru dijual secara kredit ke ustadz saya itu tanpa bunga.
      Pihak leasing mengambil untung dr selisih harga beli dan harga jual.
      Di lombok saja ada pembiayaan model spt ini, kenapa di jabotabek nggak ada ya? atau saya yg belum nemu?

      • 4 September 2015 00:09

        ini yang syar’i nih. terus kalo telat bayar gak boleh kena denda

  31. 25 Oktober 2012 19:41

    klik aja link ini,,|
    https://www.facebook.com/baihaqialfikri/photos_albums

  32. 1 November 2012 23:13

    boleh jg coba pake syariah

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  33. Dede Hermawasyah permalink
    6 November 2012 14:37

    boljug toeh,mau donk pk syariah

  34. 16 November 2012 00:54

    cabang yg di bekasi alamatnya dimana ya no tlp yg bisa di hubunggi

  35. Iman permalink
    3 Desember 2012 09:19

    Perkara yang halal sudah pasti ada keberkahan & kemudahannya.

  36. imam permalink
    7 Desember 2012 07:13

    share info pembiayaan al salaam,monggo di buka
    kreditsyariahmurah.blogspot.com

  37. toni permalink
    13 Januari 2013 21:43

    $eharu$nya perhitungannya lebih rinci lagi ma$….. knp perbulannya bi$a $egitu??? antum haru$ tau…. perhitungannya $eperti apa…. jgn mentang2 $yariah… di bilang lebih murah…

  38. Putut permalink
    14 Januari 2013 20:25

    Cmn syang proses lama.sya alami di assalam cileungsi.dp tgl21des2012 smpe tgl13 jan2013 ga dkrim2 jg.akhrny dp sya tarik.it jg mst bdbat&hmpr brntem.mnysal sgguh nysel

  39. 19 Januari 2013 18:59

    Referensikan teman/ saudara utk semua pembiayaan mtr di alsalaam, informasi price list
    kunjungi: http://www.syariahalsalaam.blogspot.com
    fb: pembiayaan syariah

  40. 26 Januari 2013 09:38

    sayangnya untuk yang didaerah agak susah soalnya kantor cabangnya belum banyak

  41. Putut permalink
    2 Maret 2013 11:14

    Sayang,pngurusan lma agk ribet.dtngny mtor luama

  42. anung permalink
    9 Juli 2013 09:07

    alhamdulillah berkah, pengalaman bprs al salaam ambil megapro sekarang sdh lunas. saya lunasi sebelum jatuh tempo juga nggak ada penalti, kalau telat pun dendanya cuman 1500 per hari, u/ infaq pula..

  43. 15 Juli 2013 10:51

    daerah bandung dan sekitarnya tolong dong di kembangankan…masih pada buta syariah nihhhh 🙂

  44. Imron permalink
    20 Juli 2013 16:37

    Harus difahami, syariah tidak harus murah, kalo murah ya syukur, kalau tidak murah ya tidak apa-apa…yang penting berkah. Tidak terlibat riba. Itu saja.

  45. 3 September 2013 16:23

    wah wah kayanye lagi pada rame bahas Alsalaam ni,

    saya mencoba menjelaskan kembali masalah denda di BPRS Alsalaam,pada dasarnya kami pun kurang senang jika itu disebut dengan kata denda namun ya tertulisnya harus denda jadi apa boleh buat,hehehe…..
    di tahun 2013 ini denda(kita sebut aja seperti itu) sebesar Rp.1.500/hari dari telat bayar,dan telat bayar disini kami artikan hari ke-4 dari hari turun unit.artinya jika unit anda turun tanggal 20 maka anda jatuh tempo pada tanggal 20 pula, lalu anda membayar angsuran pada tanggal 21 atau 23 itu tidak kami kenakan denda (sebut aja begitu ) dan jika anda membayar pada tanggal ke 24-nya maka akan kami kenakan denda (sebut aja begitu ) sebesar Rp.1.500.
    lalu biaya keterlambatan / denda (sebut aja begitu) akan kami kumpulkan dan kami salurkan untuk bantuan sosial/infaq sodakoh seperti pembangunan jalan desa,pembuatan sanitasi warga,dll (yang berbentuk pembangunan).kami tidak menggunakan biaya keterlambatan tersebut karena menurut kami biaya itu adalah riba.

    info selanjutnya di http://www.bprsalsalaam.info

    • andy permalink
      13 September 2013 22:40

      saya mau tanya ,, apakah kendaraan yang akan dikreditkan oleh as salam dibeli terlebih dahulu baru dikreditkan atau as salam hanya sebagai pihak ketiga saja ??

  46. 16 November 2013 00:34

    Hukum Kredit Segitiga

    Agar lebih mudah memahami hukum kredit model ini, mari kita simak ilustrasi berikut:

    Dalam sebuah showroom dealer sepeda motor, dipajang sebuah motor dengan harga 10 juta tunai dan 17 juta kredit. Datang pak Ahmad hendak membeli motor dengan pembayaran dicicil (kredit). Setelah deal transaksi, beliau akan diminta mengisi formulir plus tanda tangan, dan biasanya dengan menyertakan barang jaminan, serta uang muka.

    Setelah akad jual-beli ini selesai dan pembeli-pun membawa pulang motor yang dibeli, selanjutnya beliau berkewajiban menyetorkan uang cicilan motor ke bank atau lembaga pembiayaan, dan bukan ke dealer tempat ia mengadakan transkasi dan menerima motor yang dibeli.

    Keberadaan dan peranan pihak ketiga ini menimbulkan pertanyaan besar, mengapa Pak Ahmad harus membayarkan cicilannya ke bank atau lembaga pembiayaan, bukan ke dealer tempat ia bertransaksi dan menerima motornya?

    Jawabannya sederhana, karena Bank atau lembaga pembiayaan telah mengadakan kesepakatan bisnis dengan pihak dealer, yang intinya, bila ada pembeli dengan cara kredit, maka pihak bank berkewajiban melunasi harga motor tersebut, konsekwensinya pembeli secara otomatis menjadi nasabah bank, sehingga bank berhak menerima cicilannya. Praktik semacam ini dalam ilmu fiqih disebut dengan hawalah, yaitu memindahkan piutang kepada pihak ketiga dengan ketentuan tertentu.

    Pada dasarnya, akad hawalah dibenarkan dalam syariat. Akan tetatpi permasalahannya menjadi lain, tatkala hawalah digabungkan dengan akad jual-beli dalam satu transaksi. Bila kita mencermati kredit segitiga yang dicontohkan di atas, dapat dipahami dari dua sudut pandang:

    Pertama, Bank mengutangi pembeli motor tersebut Rp 10 juta, dalam bentuk Bank langsung membayarkannya ke dealer. Kemudian pak Ahmad dituntut untuk melunasi cicilan piutang Rp 17 juta tersebut ke bank.

    Bila demikian yang terjadi, maka transaksi ini jelas-jelas riba nasi’ah (riba jahiliyyah). Tujuh juta yang menjadi tambahan adalah riba yang diserahkan ke bank. Hukum transaksi ini terlarang, sebagaimana ancaman dalam hadis dari sahabat Jabir radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melaknat pemakan riba (rentenir), orang yang memberikan/membayar riba (nasabah), penulisnya (sekretarisnya), dan juga dua orang saksinya. Beliau juga bersabda: “Mereka semua dosanya sama.” (HR. Muslim)

    Kedua, Bank membeli motor tersebut dari dealer dan menjualnya kembali kepada pak Ahmad. Hanya saja bank sama sekali tidak menerima motor tersebut. Bank hanya mentransfer sejumlah uang seharga motor tunai, kemudian pembeli membayar cicilan ke bank. Bila realita bank membeli motor ini benar, maka Bank telah menjual motor yang dia beli sebelum menerima motor tersebut. Sehingga Bank atau lembaga pembiayaan telah menjual barang yang belum sepenuhnya menjadi miliknya. Sebagai salah satu buktinya, surat-menyurat motor tersebut semuanya langsung dituliskan atas nama pembeli, dan bukan atas nama bank yang kemudian dibalik nama ke pembeli.

    Kesimpulannya
    Hakikat perkreditan segitiga ini adalah salah satu bentuk rekasaya riba yang jelas-jelas diharamkan dalam syariat. Larangan menjual barang sebelum menerima dari pembeli pertama, ditunjukkan dalam hadis dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membeli bahan makanan, maka janganlah ia menjualnya kembali hingga ia selesai menerimanya.” Ibnu ‘Abbas berkata, “Dan saya berpendapat bahwa segala sesuatu hukumnya seperti bahan makanan.” (Muttafaqun ‘alaih)

    Pendapat Ibnu ‘Abbas ini selaras dengan pendapat Zaid bin Tsabit radhiallahu ‘anhu sebagaimana ditunjukkan dalam hadis berikut,

    Dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhu, ia mengisahkan: “Suatu ketika, saya membeli minyak di pasar. Setelah saya membelinya, ada seorang lelaki yang menemuiku dan menawar minyak tersebut. Kemudian ia memberiku keuntungan yang cukup banyak, maka aku pun menerimanya. Tatkala aku hendak menyalami tangannya, tiba-tiba ada seseorang di belakangku yang memegang lenganku. Maka aku pun menoleh, dan ternyata ia adalah Zaid bin Tsabit. Kemudian ia berkata, ‘Janganlah engkau jual minyak itu di tempat engkau membelinya, hingga engkau pindahkan ke tempatmu. Karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang seseorang menjual kembali barang (yang dia beli), di tempat barang tersebut dibeli, hingga barang tersebut dipindahkan ke tempat mereka masing-masing.” (HR. Abu Dawud dan Hakim)

  47. 28 November 2013 00:42

    Reblogged this on Suetoclub's Blog.

  48. 28 November 2013 01:14

    Reblogged this on Suetoclub's Blog.

  49. 16 Desember 2013 10:46

    Kunjungi http://www.syariahalsalaam.blogspot.com
    utk sekedar informasi pembiayaan syariah motor baru dan simulasinya ada koq.
    syukur-syukur ada minat, udah syariah murah lagi.

  50. 20 Februari 2014 18:35

    Kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya

    Halo semua saya di sini untuk bersaksi bagaimana saya mendapat pinjaman saya dari Mr Benson Leo . Saya membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis dan saya diterapkan dari berbagai lender pinjaman yang berjanji untuk membantu , tetapi mereka akhirnya mengumpulkan uang saya dan tidak pernah memberi saya pinjaman . Sampai seorang teman saya memperkenalkan saya ke Mr Benson Leo pendiri BENSON LEO PENDANAAN INC yang berjanji untuk membantu saya dan memang dia melakukan seperti yang dijanjikan tanpa bentuk penundaan. Saya tidak pernah berpikir masih ada pemberi pinjaman dapat diandalkan sampai saya berarti Mr Benson Leo dia adalah pria yang dapat diandalkan . Saya tidak tahu jika Anda berada di tetap membutuhkan pinjaman , jangan ragu untuk bertemu dengannya untuk bantuan , Anda dapat menghubungi dia melalui alamat email-nya : bensonloefunds234@gmail.com

    Ingat dia adalah kepercayaan layak dan dapat diandalkan pemberi pinjaman yang membantu saya dengan memberikan saya pinjaman untuk memulai bisnis saya , Jadi saya saran Anda semua pencari pinjaman untuk menghubungi dia hari ini dan saya berjanji kepada Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dan semua masalah keuangan Anda akan akan berakhir.

    terima kasih
    Flores

  51. MegaOto permalink
    23 April 2014 16:42

    Situs Jual-Beli Mobil/Motor Bekas: Barang Istimewa, Harga Mantap!

    Lagi cari kendaraan? Atau bingung cara jual kendaraan? Kunjungi http://www.mega-oto.co.id. Situs jual-beli motor/mobil baru dan bekas. Bisa Cari/Beli, Bisa Jual, Bisa Pesan. PASANG IKLAN GRATIS, JUAL-BELI LARIS MANIS!

    MAU KE MEGA OTO: KLIK DI SINI

  52. 5 Juli 2014 22:04

    Perhatian kepada semua pencari pinjaman!!
    Halo,

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman? Atau apakah Anda khawatir finansial?. Apakah Anda memiliki utang untuk melunasi? Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia. Suku bunga kredit kami adalah 3% per membatalkan dengan durasi dinegosiasikan terlepas dari Lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini Hubungi kami melalui email di Alamat Perusahaan: klarabannyfinance@gmail.com

    CATATAN: Kami memberikan keluar minimal 500,00 DOLAR AS / EURO maksimum 50,000,000.00 US DOLLAR / EURO, ETC Permintaan Kredit harus dinyatakan dalam US DOLLAR ATAU EURO, Dan setiap MATA UANG bekas lainnya.

    Kontak: klarabannyfinance@gmail.com: untuk pinjaman Anda hari ini, kami siap melayani Anda.

    Salam,
    Klara Banny
    Manajer di Koperasi

    Penawaran Pinjaman Terapkan Sekarang Segera.

  53. 10 Juli 2014 07:55

    kalau aku pilih aman saja, dibayar tunai…! sah…? sah…? sah…? saaahhhh….!!!

  54. Mr Berry Andrews permalink
    16 Juli 2014 11:26

    Halo

    Nama saya adalah Mr Barry Andrews, Saya seorang pemberi pinjaman terdaftar dan legit saya memberikan pinjaman sebesar 3%, saya pemberi pinjaman yang selalu menjaga dia karena saya memberikan pinjaman dari segala jenis.

    Apa jenis pinjaman yang Anda butuhkan, hanya menyebut mereka, kami akan selalu siap untuk memberikan kepada Anda.

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk investasi bisnis baru Anda? atau Anda membutuhkan pinjaman pribadi untuk mengurus keluarga atau diri Anda sendiri? apa jenis pinjaman yang Anda butuhkan? menyebutkan mereka melalui e-mail, dan kredit Anda akan ramah disediakan ke depan pintu Anda segera setelah Anda inginkan.

    Jadi, jika Anda benar-benar tertarik pinjaman, hubungi saya melalui alamat email saya di berryandrews@outlook.com.

    Dapatkan kembali ke saya jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman ini.

    sungguh-sungguh

    Mr Berry Andrews.

  55. Sarah Jerkins permalink
    27 Juli 2014 19:46

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman yang sah? Jika ya, maka hubungi Kualitas Finance Limited untuk pinjaman Anda pada tingkat bunga 3%. Kirim email ke: qualityfinanceltd@qualityservice.com

  56. reachie permalink
    29 Juli 2014 09:39

    Hi teman-teman, saya punya kabar baik untuk Anda. Pernahkah Anda mendengar? Ada organisasi pinjaman ini baru Islam yang dibentuk oleh beberapa kelompok perempuan yang faithfuls Islam. Mereka memberikan pinjaman sekarang tanpa agunan kepada siapa saja yang sungguh-sungguh tertarik untuk mendapatkan pinjaman . Ketika seorang teman saya mengatakan kepada saya, saya tidak pernah percaya karena saya adalah korban penipuan dari beberapa pemberi pinjaman online. Tapi teman saya yang mendapat pinjaman dari mereka menekan saya untuk mencoba organisasi ini bahwa mereka sangat asli dan yang paling penting mereka memiliki takut Allah. Jadi dia memberi saya email mereka (fastloanlenders281@gmail.com) dan saya menghubungi.

    Bahkan ketika saya apakah saya masih takut karena pengalaman masa lalu saya dengan penipuan ini memamerkan internet dan saya pikir mereka di mana salah satu dari mereka. Tapi coba tebak, dalam waktu 3 hari, saya mendapat pinjaman sebesar $250.000.000,00usd dari mereka untuk membersihkan tagihan saya dan membiayai bisnis saya. saat itulah saya menjadi yakin bahwa masih ada beberapa pemberi pinjaman online yang sah. Tapi sekelompok ini penipuan tidak akan memungkinkan Anda untuk mengenali mereka. Tapi apa yang saya baru menyadari bahwa satu-satunya cara untuk meyakinkan hanya untuk memberikan mencoba. am sangat senang sekarang bahwa saya tidak bisa menyembunyikan perasaan saya. jadi saya memutuskan bahwa saya akan memberitahu seluruh dunia hal yang baik organisasi ini telah dilakukan untuk saya. Hanya jika anda membutuhkan pinjaman mendesak, jangan ragu-ragu untuk menghubungi mereka now.When Anda mengambil langkah berani, Anda akan senang dan memiliki kebebasan finansial seperti saya. Allah memberkati kalian semua ……

  57. 2 Agustus 2014 19:48

    Peluang kredit

    Untuk benar memperkenalkan diri, saya Mrs Lydia Hamson pemberi pinjaman pribadi saya memberikan pinjaman dengan suku bunga 2%. Ini adalah kesempatan keuangan di depan pintu Anda langkah hari ini dan mendapatkan loan.There instan banyak di luar sana mencari pilihan keuangan atau bantuan di sekitar tempat dan masih tidak bisa mendapatkan satu. Tapi itu adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini. Layanan ini untuk perorangan, perusahaan, bisnis pria dan rentang tersedia jumlah pinjaman women.The dari $ 5,000.00 sampai $ 500.000.000,00, atau sejumlah pilihan Anda Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui e-mail: lydia_hamson101@hotmail.com

    Informasi PERTAMA diperlukan

    Nama dan nama ………………………………

    Telepon Pribadi ……………………….

    Negara …………………………………….

    Alamat ………………………………..

    Negara …………………………

    Umur ………………………………………

    …………………………. seks

    Apakah Anda menerapkan sebelum? …………………..

    Status perkawinan ……………………………

    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan sebagai pinjaman ……………………………….

    Pinjaman Jangka ……………………………

    Tujuan pinjaman ………………………

    Pekerjaan ………………………………

    Pendapatan Bulanan ………………………..

    Seperti menunggu respons yang cepat,
    Salam hangat, Lydia Hamson

  58. 3 Agustus 2014 09:19

    Halo

    Nama saya adalah Mr. Berry Andrews, Saya seorang pemberi pinjaman terdaftar dan legit saya memberikan pinjaman sebesar 3%, saya pemberi pinjaman yang selalu menjaga dia karena saya memberikan pinjaman dari segala jenis.

    Apa jenis pinjaman yang Anda butuhkan, hanya menyebut mereka, kami akan selalu siap untuk memberikan kepada Anda.

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk investasi bisnis baru Anda? atau Anda membutuhkan pinjaman pribadi untuk mengurus keluarga atau diri Anda sendiri? apa jenis pinjaman yang Anda butuhkan? menyebutkan mereka melalui e-mail, dan kredit Anda akan ramah disediakan ke depan pintu Anda segera setelah Anda inginkan.

    Jadi, jika Anda benar-benar tertarik pinjaman, hubung saya melalui alamat email saya di berryandrews@outlook.com.

    Dapatkan kembali ke saya jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman ini.

    sungguh-sungguh

    Mr Berry Andrews.

  59. 11 Agustus 2014 17:55

    apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membersihkan dept Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda jika ya hubungi kami: jeffersoncarsonloanfirm@hotmail.com

  60. 26 Agustus 2014 08:30

    Kalau bukan muslim, apa bisa mengajukan kredit ke bprs?
    Terima kasih untuk jawabannya.

  61. Alonzo peter permalink
    27 Agustus 2014 10:57

    Apakah Anda dalam kesulitan keuangan, yang Anda butuhkan pinjaman bisnis untuk mengembangkan bisnis Anda? Terapkan untuk pinjaman sekarang dan mendapatkan disetujui. kami menawarkan semua jenis pinjaman pada tingkat bunga yang lebih rendah dari 3%. (Kredit Usaha, Kredit Tanpa Agunan, Kredit Konsolidasi, Kredit Mobil, investasi Loan, dll) kami telah menyewakan pinjaman kepada mereka yang tekanan keuangan dan juga untuk ekspansi bisnis . hubungi kami hari ini dan mendapatkan persetujuan. email: meritsfinancecompany@gmail.com

  62. Richard permalink
    30 September 2014 13:34

    Dear Sir / Madam
    SECEPAT MUNGKIN PINJAMAN dalam 2days. Micro keuangan Dana Plc
    Komersial dan Personal, Rumah Kredit sebesar 2% bunga rate.Interested Orang
    harus
    hubungi Loan Officer melalui e-mail dengan informasi berikut:
    NAMA PERTAMA: ….. NAMA TERAKHIR: …… NEGARA: ……. Telepon
    Nomor: ….. PEKERJAAN: …… AGE: …………. PINJAMAN JUMLAH DIPERLUKAN: …… PINJAMAN
    DURASI: ……
    Petugas Nama: Penawaran Kredit Investasi
    Email: fredrickrichardloans@gmail.com

    Salam,
    Mr richard

  63. Satria permalink
    2 Oktober 2014 12:33

    Cuma mau share aja (Mohon maaf & mohon koreksi kalo salah), Mungkin Kredit via bank ato leasing syariah mungkin lebih murah AKAN TETAPI bila suatu saat kita akan melunasi sebelum jatuh tempo>kalo leasing/bank konvensional tinggal sisa pokok + penalty (biasanya 1% tapi kalo KTA Danamon Penalty-nya Buesar & mencekik bisa sampae 6%). Nah sepengalaman saudara saya di suatu bank syariah Dia pinjam 26 Juta, sudah bayar sampai skitar 18 juta & tinggal kurang sekitar antara 4-6x angsuran kali saya lupa>tapi dia harus mbayar total sampai sekitar 63 juta-an (detail-nya kurang paham entah itu sisa pokok+bunga), mohon maaf kalo ada yg salah sebab data kurang detail.

  64. Carlijne Sahrizan permalink
    8 Oktober 2014 07:35

    Apakah Anda perlu 100% Keuangan? Aku dapat melayani kebutuhan keuangan Anda dengan lebih sedikit Masalah pengembalian itu sebabnya kami mendanai Anda untuk hanya 3%. apapun Anda situasi, bekerja sendiri, pensiun, memiliki peringkat kredit yang buruk, kita bisa membantu. Pembayaran yang fleksibel lebih dari 3 sampai 20 years.Contact kami
    at: carlijnehrizan@gmail.com

    1 Nama Lengkap: ……………………….
    2 Kontak Alamat: …………………..
    3.Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ………………..
    4. Durasi Pinjaman ……………….
    5. Nomor Telepon Langsung: ……………..

    Salam,
    Mrs. Carlijne Sahrizan

  65. 8 Oktober 2014 17:36

    Halo, apakah Anda membutuhkan pinjaman? jika ya hubungi kami melalui email: (ryankingfinancialservices@gmail.com)

  66. 22 Januari 2015 12:04

    Mau kredir motor syariah yang termurah ?
    Khusus depok, tangerang dan sekitarnya, silahkan hubungi 08156627660
    Akan saya kirimkan perhitungan excel kredit motor.
    Bandingkan TOTAL angsuran dengan kredit lainnya.
    Produk Kredit Syariah selain motor juga ada.
    Terimakasih

  67. debra morgan permalink
    6 Februari 2015 15:55

    Hello Am Mrs, Debra Morgan Am sah dan dapat diandalkan pemberi pinjaman kredit memberikan pinjaman
    pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
    $ 12.000 untuk $ 7.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,
    Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika Anda
    membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah bagi Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    di: morgandebra816l@gmail.com
    Semoga Tuhan Memberkati.
    Salam,
    Mrs Debra morgan
    Email: morgandebra816@gmail.com

    Catatan: Semua balasan harus kirim ke: MORGANDEBRA816@GMAIL.COM

  68. Mrs Michellen permalink
    4 April 2015 07:39

    BERLAKU UNTUK KREDIT ANDA
    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda stres keuangan? Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah dan sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Jawabannya ada di sini, MichelleN Haward Kantor Pinjaman adalah jawaban untuk menawarkan semua jenis pinjaman kepada masyarakat atau siapa pun yang membutuhkan bantuan keuangan untuk mendanai proyek apapun. Kami memberikan pinjaman sebesar 2% suku bunga untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah kondisi yang jelas dan mudah. hubungi kami hari ini via e-mail di michellenhawardloans@gmail.com

    Catatan: Semua pemohon harus di atas 18 tahun

  69. ahmad sholikin permalink
    11 Juni 2015 13:12

    KISAH SUKSES SAYA DAPAT MODAL USAHA DARI BI Assalamualaikum mohon maaf sebelum’nya saya atas nama AHMAD SOLIHIN ingin berbagi cerita kepada sdr/i bahwa dului’nya saya hanya salah satu pedagan kecil kecilan di pasar tradisional di jawa timur yang sangat butuh modal usaha , dan saya pun sempat membuka postingan salah satu orang yang tidak bertanggun jawab yang mencerita’kan masalah modal usaha dan memposting email yang di gunakan menipu korbanya dan saya sempat di tipu 30 jt, tapi alhamdulillah semua itu ada hikmanya dan berkat do’a keluarga saya dan saya juga sangat berterima kasih kepada salah satu kerabat kerja saya yang telah membantu saya memberikan no hp salah satu deputi kabag teransfer bank indonesia yaitu bapak drs h sugianto lukman dan saya pun langsun memhubungi beliau dan beliau pun langsun memberikan arahan untuk mempersiap’kan beberapa berkas yang perlu di kirim ke ruangan beliau langsun ke BI pusat jakarta dan satu minggu kemudian alhamdulillah permohonan dana saya sudah bisa di cair’kan senilai Rp 750.000.000,00 setelah saya melengkapi semua permintaan dari bpk drs h sugianto , dan alhamdulillah 2 tahun kemudian bisnis saya berjalan lancar dan hutan piutan saya di BI pusat jakarta sudah lunas bahkan sekarang cabang usaha sudah meningkat dan berjalan dengan lancar alhamdulillah berkat bantuan BPK DRS HIDAYAT LUKMAN beliau selaku kabag transfer bank indonesia jakarta no hp beliau 0823-2444-3131 silah’kan hubungi beliau muda muda’han beliau bisa membantu seperti kisah sukses saya. Amin

    • Ega permalink
      28 Juni 2015 23:25

      Om,Bank Indonesia gak ada gitu2an

  70. 8 September 2015 11:12

    kebetulan saya juga punya tulisan tentang pembiayaan syariah om, siapa tau bisa bantu 🙂

    http://pencaricerah.com/2014/06/07/ringkasan-aturan-bank-indonesia-untuk-pembiayaan-kepemilikan-rumah-syariah-dan-pembiayaan-kepemilikan-kendaraan-bermotor-syariah/

  71. trustloan87@gmail.com permalink
    14 September 2015 23:38

    * Adakah anda memerlukan pinjaman segera?
    * Bayaran balik Mothly bermula dalam tempoh 8 bulan selepas anda telah mengumpul pinjaman dalam akaun bank anda.
    * Kadar faedah yang rendah 2%
    * Pembayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) tempoh.
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan.
    * Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan yang awal kurang daripada 24 jam, dan ***.
    *** Pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang kami perlukan.
    dari awak
     
    Hubungi kami sekarang
    E-mel: trustloan87@gmail.com
     
    Mr.Anthony Dave.
    Ketua Pengarah

  72. Mira Taufik permalink
    9 Januari 2016 11:13

    Senang fellows tahun baru, saya ingin berbagi saya ajaib 2016 kesaksian tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya pada 4 Januari tahun nya dari Jonnie Walker Corporation. Saya mulai mencari pinjaman karena pada Juli 2015, setelah bertahun-pertemuan dengan perusahaan pinjaman palsu online yang berbeda, saya bertemu Jonnie Walker Corporation pada 19 Desember 2015, dan setelah seri mereka dari proses dan pembayaran Biaya saya Of Transfer Kredit saya, saya kemudian menerima pinjaman saya di Pertama Senin (4 \ 01 \ 2016) tahun ini. Saya sangat berterima kasih kepada Korporasi Untuk menjaga kata-kata mereka mentransfer kredit saya untuk saya. Sekarang, saya bisa menyekolahkan anak saya kembali ke sekolah, saya sekarang bisa pergi dan menyelesaikan pendidikan universitas saya tanpa kendala keuangan. Saya berjanji untuk mendapatkan pelanggan untuk mereka dengan iklan Perusahaan mereka. Mereka mencari pinjaman dan Anda memiliki penipu ditemui, Anda dapat menghubungi mereka dan saya dapat meyakinkan Anda mendapatkan pinjaman Anda setelah Anda Biaya Of transfer. Hubungi email: Jonniewalker@financier.com
    Selamat!!!

  73. Karim permalink
    10 Januari 2016 04:16

    Hello, We are offering loans at 2% interest rates to all clients irrespective of location. For more inquiries on our funding programme. Contact us today via mail: karimfinance1@outlook.com

  74. Anam permalink
    5 April 2016 13:26

    Good

  75. Galih permalink
    6 April 2016 13:47

    inilah hikmah syariah, yg penting jangan kayak ISIS WAHABI aja, syariahnya akal2an buat bunuhin sesama muslim n non muslim

  76. Dangote Company permalink
    28 April 2016 11:45

    Tuan Nyonya
    Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
    Keuangan *
    * Home Loan
    * Investasi Pinjaman
    * Auto Pinjaman
    * Konsolidasi hutang
    * Line of Credit
    * Kedua Mortgage
    * Akuisisi kredit
    * Personal Loan
    Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 1,5%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 12 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
    Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
    dangotegrouploandepartment@gmail.com

  77. Ayesha Sadeeq permalink
    1 Juni 2016 21:39

    Halo, aku Mrs. Ayesha Sadeeq, manajer Pinjaman Sadeeq invetments, Apakah Anda dalam utang yang buruk? Anda ingin memperluas bisnis Anda, membayar tagihan Anda, renovasi rumah, atau jika Anda perlu tujuan keuangan assistance.Our adalah untuk memberikan kehidupan yang lebih baik kepada orang-orang di seluruh Globe dengan tidak ada biaya untuk kebijakan aplikasi pinjaman Kami memberikan pinjaman dengan suku bunga 2% kepada individu dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang dipahami.
    hubungi kami melalui email: (sadeeqinvestmentplan@gmail.com)

  78. 9 September 2016 15:07

    Terimakasih, sangat bermanfaat sekali. Kalau bukan kita umat muslim sendiri yang menjalankan ekonomi syariah siapa lagi ?

    Informasi pembiayaan syariah di BPRS Al Salaam bisa menghubungi via Whatsapp 081286991628
    Website resmi : http://www.bprsalsalaam.co.id

  79. Cunson Kathy permalink
    14 September 2016 22:51

    Halo, Saya cunson hamilton Katheren, saat ini tinggal di Texas, Amerika Serikat. Saya seprated kali ini dengan tiga anak-anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan Mei 2015 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya. Saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman pribadi dan perusahaan tetapi tidak pernah dengan sukses, dan sebagian besar bank menolak kredit saya. Demi Allah, saya diperkenalkan dengan seorang pria Allah pemberi pinjaman kredit swasta yang memberi saya pemilik 50,000USD pinjaman dan hari ini bisnis dan anak-anak saya lakukan baik pada titik ini, jika Anda harus menghubungi masing-masing perusahaan dengan mengacu mengamankan tanpa jaminan pinjaman, tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada co penandatangan dengan tingkat bunga hanya 1,5% dan lebih baik rencana pembayaran dan jadwal, silahkan hubungi pinjaman Mr Dangote Perusahaan (dangotegrouploandepartment@gmail.com). Dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini tapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk membiarkan orang tahu lebih banyak tentang dia dan Tuhan memberkati alsoi ingin lebih. Anda dapat menghubungi dia melalui email-nya.
    dangotegrouploandepartment@gmail.com dan saya juga menyadari bahwa beberapa dari Anda mungkin berpikir itu adalah stres tapi tidak, saya scammed $ 5.000 yang membuat saya merasa ingin menyerah tapi hari ini aku apa-apa karena untuk berkat Allah yang Mahakuasa dan Mr Dangote. Cunsonhamilton342@gmail.com jadi hubungi saya di atau hubungi saya di (682) 233-0439 untuk informasi, Nikmati hari Anda

  80. 27 September 2016 02:04

    Apakah Anda membutuhkan apapun dari pinjaman?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi?
    Butuh Kredit Usaha?
    Apakah Anda ingin membayar tagihan Anda?
    Anda ingin menjadi stabil secara finansial?

    Email: luiscarlosfinance@outlook.com

    Mengisi formulir aplikasi. 1) Nama Lengkap: 2) Negara: 3) Status: 4) Alamat: 5) Sex: 6) Pekerjaan: 7) Jumlah Dibutuhkan: 8) Durasi pinjaman: 9) Tujuan pinjaman: 10)
    Telepon: 11) Penghasilan Bulanan:

    Email: luiscarlosfinance@outlook.com

  81. kenry permalink
    14 Oktober 2016 14:51

    jangan Anda memiliki semua jenis masalah keuangan? Anda Perlu pinjaman untuk melunasi utang? adalah Anda dalam krisis keuangan? mempercayai kami untuk memperlakukan semua jenis pinjaman, lihat di bawah. Kami terdaftar dan perusahaan yang berwenang untuk mengeluarkan pinjaman sebesar 2%, dengan durasi minimal 6 bulan dan durasi maksimal 30 tahun.
    Kami memberikan pinjaman untuk minimum pada tahun 2000 untuk maksimal 50 juta.
    menawarkan layanan yang berbeda BAWAH *
    Pinjaman pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Perbaikan rumah
    * Pinjaman Inventor
    * Auto Pinjaman
    * Pernikahan Mortgage
    * Kesehatan Loan, dll
    Jadi .. jika Anda tertarik, silakan kembali ke kami melalui email kami credithome001@gmail.com
    Allah segala sesuatu mungkin

  82. 23 Oktober 2016 16:20

    Mohon jawabannya, saya kredit motor dg pembiayaan BMT,dulu DP 3jt sudah diangsur 2 bulan. Kalo sayaa mau membatalkan nya bisa gak??? Karena ternyata masih ada unsur riba. Mohon dijawab..trimakasih

  83. Stephine Adams permalink
    27 Oktober 2016 17:31

    Investasi keuangan
    Untuk semua kebutuhan Anda untuk pinjaman antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan, dan untuk memecahkan kebuntuan yang menyebabkan bank-bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda.
    Layanan kami adalah:
    * Keuangan
    * Pinjaman Tanah
    * Investasi Siap
    * Siap untuk Sekolah
    * Kredit Mobil
    * Hutang Konsolidasi
    * Line of Credit
    * Kedua Mortgage
    * Pembayaran Kredit
    * Personal Loan
    silahkan kirim email untuk informasi lebih lanjut sesegera mungkin: victoriafinanciallink@gmail.com

  84. All_States Hitel Alap permalink
    31 Oktober 2016 21:27

    Halo orang,
    Saya Hakeem Abdulrashid. Saya bekerja sebagai Loan Officer untuk All_States Pinjaman Hibah; salah satu perusahaan pinjaman independen terkemuka di seluruh dunia. Kami telah membantu pelanggan mengubah dan memperbaiki kehidupan dan bisnis mereka selama lebih dari 25 tahun. Kami memberikan pinjaman untuk membantu individu, perusahaan yang perlu memperbarui status keuangan mereka di seluruh dunia, dengan tingkat bunga tahunan paling tidak sebagai Low 2% dalam waktu satu tahun sampai 20 tahun periode durasi pembayaran untuk setiap bagian dari dunia. Kami memberikan pinjaman dalam kisaran 1.000 dolar untuk 500 juta dolar tanpa agunan. Pinjaman kami diasuransikan dengan baik. keamanan maksimum adalah prioritas kami. Hubungi kami hari ini.
    E-mail: hakeemabdul.loangrants@gmail.com
    Nomor Telepon: +1 (804) 859-5285

    Hakeem Abdulrashid
    Pinjaman Agen,
    All_States Pinjaman Hibah

  85. Annabel Barbara permalink
    20 Desember 2016 23:16

    Kami ingin membuka perusahaan untuk produksi minyak ini Desember 2016, saya
    dari Bandung Indonesia. Baru

  86. HARTFORD FINANCIAL SERVICE permalink
    7 Januari 2017 17:57

    Halo semua ini adalah (HARTFORD FINANCIAL SERVICE) dunia yang dikenal organisasi keuangan dengan sertifikasi jasa keuangan seperti yang kita memberikan pinjaman dari jenis apa pun ke mana saja di dunia pada tingkat yang paling menarik dari kontak 1,5% kami hari ini di (hartfordfinancialservice@gmail.com) karena kami akan memberikan mimpi keuangan Anda menjadi kenyataan
    terima kasih dan Tuhan memberkati Anda

  87. 1 Februari 2017 05:37

    Anda memang benar Ridwan. Ada kebenaran dalam komentar Anda. Saya juga telah menerima pinjaman dari organisasi ini disebut KIVA. Saya menghubungi (info.kivafunding@gmail.com) Mereka sangat tulus. Terima kasih untuk berbagi informasi ini.

  88. 10 Februari 2017 19:34

    Anda memang benar Ridwan. Ada kebenaran dalam komentar Anda. Saya juga telah menerima pinjaman dari organisasi ini disebut islamic organisasi pinjaman internasional. Saya menghubungi (islamicloanempowerment@gmail.com) pinjaman mereka menurut hukum Islam. Saya juga tidak membayar apa-apa uang. Mereka sangat tulus. Terima kasih untuk berbagi informasi ini.

  89. Johnson Hatton permalink
    10 Februari 2017 22:04

    We have a direct genuine provider for BG/SBLC specifically for lease, at leasing price of 4+2 of face value, Issuance by HSBC London/Hong Kong or any other AA rated Bank in Europe, Middle East or USA.

    Contact : Mr. Johnson Hatton
    Email:johnsonhatton@gmail.com
    Skype ID: johnson.hatton007

    Intermediaries/Consultants/Brokers are welcome to bring their clients and are 100% protected. In complete confidence, we will work together for the benefits of all parties involved.

    All inquires to Mr. Johnson Hatton should include the following minimum information so I can quickly address your needs:

    Complete contact information:
    What exactly do you need?
    How long do you need it for?
    Are you a principal borrower or a broker?

    Contact me for more details.

    Johnson Hatton

  90. ratna permalink
    12 April 2017 19:56

    Anda memang benar Herman. Ada kebenaran dalam komentar anda. Saya juga telah menerima pinjaman dari organisasi ini disebut Kiva organisasi internasional pinjaman. Saya dihubungi (info.kivafunding@gmail.com) dan saya hanya punya sangat sederhana pinjaman. Mereka sangat tulus. Terima kasih untuk berbagi informasi ini.

  91. lady jane permalink
    3 Juni 2017 14:19

    Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

  92. mariana permalink
    11 Juni 2017 02:53

    Saya Mariana Enzo meminjamkan Pinjaman Pemberi Pinjaman, kami adalah perusahaan pinjaman yang sah, terdaftar dan terjamin, dan kami memberikan pinjaman kepada individu, perusahaan, perusahaan pemerintah dan organisasi bisnis dan orang-orang dari segala jenis. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk tujuan apa pun? Apakah Anda dalam masalah keuangan? Apakah Anda butuh solusi keuangan? Mariana Enzo pinjaman Layanan adalah solusi untuk semua masalah keuangan Anda, pinjaman kami mudah dan cepat. Hubungi kami hari ini untuk pinjaman yang Anda inginkan, kami dapat mengatur pinjaman yang sesuai dengan anggaran Anda dengan suku bunga 2%. Jika berminat, hubungi kami via email: valleycumberland@gmail.com

  93. 18 Juni 2017 17:18

    Penawaran pinjaman yang dapat diandalkan !!!

    Inilah kesempatan bagi mereka yang dalam masalah keuangan dan mereka yang
    Menginginkan peningkatan finansial dalam hidup mereka, kami memberikan pinjaman dengan sangat baik
    Dengan tingkat bunga wajar 3%, kami memberikan semua jenis pinjaman untuk membantu
    Bangsa dari tekanan finansial. Banyak yang menderita dan butuh bantuan
    Memperbaiki status hidup mereka, banyak yang menganggur dan membutuhkan bantuan keuangan
    Memulai bisnis, banyak membutuhkan bantuan keuangan untuk membersihkan tagihan mereka dan
    hutang. Inilah keputusan yang bijak untuk Anda sekarang. Penawaran pinjaman kami tidak aman
    Pinjaman yang berarti tidak ada jaminan yang terlibat.

    Sebagai pencari pinjaman Anda berhak mengajukan pinjaman dengan berikut ini
    Kontak di bawah

    Nama: James Wilson
    Email: Wilsonfinancialcompenies @ gmail.

    Salam,
    Kreditur James Wilson

  94. herman permalink
    18 Juli 2017 21:40

    Assalamu’alaikum wr wb,

    Jika Bank anda mengatakan tidak untuk anda untuk pinjaman, di sana adalah tempat asli anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam saya menemukan online untuk semua saudara-saudara muslim dan saudari yang sedang mencari pinjaman cepat untuk cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Saya mendapat pinjaman dari 800 juta saya digunakan untuk memperluas pabrik pengolahan makanan dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka karena ada begitu banyak palsu pinjaman perusahaan online. Saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga mendapat pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti kebanyakan western pinjaman perusahaan itu adalah palsu. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan agunan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam dan peraturan yang berlaku. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka pinjaman proses cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati untuk menghubungi mereka (islamicloanempowerment@gmail.com)

    Wassalamu alaikum wr wb.

Trackbacks

  1. tmcblog.com » Kenapa Pembiayaan Syariah bisa lebih Ringan ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: