Lanjut ke konten

CBR 150, Dari Sentul Membelah Pasar

25 Juni 2011


Honda CBR 150 R. (foto:dapurpacu.com/istimewa)

SEPENGGAL info masuk dalam akun email saya beberapa waktu lalu. ASTRA HONDA MOTOR ,” PRESS CONFERENCE & TEST DRIVE “,- Press Conference (Ruang Mutiara Grand Melia Hotel, pkl 09.15 – 13.00) & Test Ride ( Sentul Internasional Karting & Motor Cycle Circuit (SIKC) Pukul 14.00 – 16.00wib.
Apa hubungannya dengan Honda CBR 150 R? Kalau dibaca dengan teliti, kalimat di atas memang tidak menyebutkan jenis motor apa yang akan dites di SIKC. Tapi, banyak di antara kita bakal menduga-duga, itu adalah ajang untuk menjajal motor sport yang dibalut mesin 150cc tersebut.
Tentu saja, bagi saya, info itu adalah lanjutan dari pernyataan manajemen Astra Honda Motor beberapa waktu lalu yang menyebutkan bahwa Honda CBR 150 R bakal masuk pasar Indonesia pada semester pertama 2011.

Nah, bagaimana peta bisnis motor sport 150cc paska masuknya CBR 150 R? Lazimnya pasar di Indonesia, ketika ada sebuah produk baru, sang eksisting bakal terganggu. Bisa dalam waktu sesaat, bisa juga dalam waktu panjang. Ingat ketika Yamaha Vixion masuk ke pasar pada 2007? Sang eksisting pun terusik. Bahkan, belakangan hingga kini Vixion merajai pasar motor sport secara total anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi). Bukan semata kelas motor sport 150cc.
Saya memperkirakan, pengalaman Vixion bakal menjadi inspirasi bagi banyak anggota Aisi, yakni membuat produk yang akhirnya diterima pasar dengan suka ria. Walau, sejak 2007 hingga kini, belum ada produk motor sport yang fenomenal mengobrak-abrik pasar layaknya Vixion.


Yamaha Vixion 2011. (foto:edo)

Peta 150
Kini, pasar motor sport kelas 150cc masih dikuasai Yamaha Vixion. Periode Januari-Mei 2011, penguasaan pangsa pasar Vixion dari informasi yang saya peroleh sekitar 43,87%. Jauh di atas para kompetitor yang memakai kapasitas mesin serupa.
Pemegang pangsa pasar kedua terbesar adalah Honda New Megapro yang meraih sekitar 34,77%. Catatan untuk New Megapro cukup bagus. Setidaknya, sejak masuk pasar pada Agustus 2010, produk pengganti Megapro 160cc itu, terus melejit. Mirip-mirip dengan varian Yamaha Byson.
Ya. Byson menjadi alternatif bagi konsumen penyuka motor sport 150cc dengan sistem karburator, mengingat Vixion memakai sistem injeksi. Tren Byson juga cukup bagus, sejak masuk pasar pada September 2010, pangsa pasarnya melejit dari sekitar 6,50% menjadi sekitar 9,20%.

Kehadiran New Megapro dan Byson praktis merongrong para eksisting, mulai dari Vixion, Kawasaki Ninja 150, hingga KLX 150. Tengok saja Vixion. Pangsa pasarnya anjlok dari sekitar 60,15% menjadi sekitar 43,87%. Demikian pula Ninja 150 yakni dari 10,53% menjadi sekitar 7,44%.
Konsumen tampaknya terus dibombardir oleh produk-produk motor sport 150cc. Kini, hanya dalam hitungan hari PT Astra Honda Motor (AHM) bakal merangsek pasar dengan satu varian lagi, CBR 150. Akankah sesukses New Megapro? Maklum, kabar terbetik, harga CBR 150 bakal di atas Rp 25 juta per unit. Sebuah harga yang relatif lebih mahal dibandingkan tiga pemimpin pasar yang dibanderol di bawah Rp 22 juta per unit. (edo rusyanto)

18 Komentar leave one →
  1. mangkurondo permalink
    25 Juni 2011 05:37

    Mudah2an Harganya 27juta…

  2. mangkurondo permalink
    25 Juni 2011 05:41

    Naek CBR 150 ngeri, ane pernah Pake CBR teman ke Cirebon lewat Pantura, bisa Tembus 140 Kpj, sebetulnya masih bisa betot gas, cm anenya yang ngeri…

  3. ngukur dalan permalink
    25 Juni 2011 06:09

    sekali-kali ah,…..

  4. 25 Juni 2011 07:29

    kirain membelah pasar = buat kulakan 😀

  5. 25 Juni 2011 07:56

    hmmmmmmm penasaran 😀

  6. 25 Juni 2011 07:56

    Yakin Vixion yang paling banyak kemakan. Sama -sama punya aura muda. Kalau NMP akan tetap nyaman di dunianya sendiri, dunia kantoran yang suka kenyamanan san gak suka neko-neko. Kalau byson agak lebay untuk orang yang cukup umur.

  7. softech_niQ permalink
    25 Juni 2011 09:11

    apache cocok untuk smua umur

  8. jonas permalink
    25 Juni 2011 11:37

    NMP aura design nya dari cbr, se-tidak2-nya masuknya cbr bisa lebih memasyarakatkan design baru honda. Cbr kesannya jauh dari motor harian juga gak pas buat motor keluarga beda dg nmp yg memang utk harian & keluarga. Suspensinya keras khas motor sport ngebut. Vixi ada ditengah2 antara sport tulen dan harian/keluarga.
    Bila cbr dibandrol sama dg thai Rp.22jt maka akan bagus sekali utk membuka pasar baru genre sport tulen yg akan memancing pabrikan lain ikutan. Tapi buat yg cari motor harian/keluarga pilihannya tetap vixi, nmp dan byson di klas 150cc.

  9. NEW YZF R15 permalink
    25 Juni 2011 15:55

    Saran u/ HONDA,
    Jangan Terlalu Tinggi Mematok harga Buat CBR150,
    Supaya Kocar-Kacir tu SI SOMBONG(YAMAHA) dgn VIXION nya.

  10. 26 Juni 2011 21:30

    26juta pas!

  11. niki permalink
    29 Juni 2011 00:33

    intrupsi bozz… NInja kawasaKI 150 ga masuk itungan dong bozz , ninja tu segmented bgt penggemarnya..bozz, ga bisa di samain ma megi n viksi n CBR 150 xekalipun..jgn mentang2 cc nya sama truz di pukul rata
    Motor kota n tampang doang ga bisa di samain ma mtr sirkuit…
    Ninja tu khusus hobi yg doyan ngebut..dan rata2 yg punya ninja biasanya punya motor 1 lg buat harian, karna ninjanya di pake buat nge ‘bali’ ato nyentul, walaw banyak jg ninja di pake buat harian , tp ttp ga bisa di samain boz..

  12. 4 Agustus 2011 23:27

    hubungkan q

Trackbacks

  1. Hedew . . . Vixion Rada Turun Yah Sharenya di 5 Bulan 2011 ini dibanding Tahun lalu « TMCBlog – Motorcycle News

Tinggalkan komentar