Lanjut ke konten

Titan Lampaui Target, Satria Fenomenal

12 Agustus 2010

Suzuki Titan. (foto:istimewa)

VOLUME penjualan sepeda motor Suzuki Titan 115cc dalam dua bulan terakhir telah melampaui target. Sebuah gebrakan awal yang cukup manis. Maklum, di lini sepeda motor bebek, Suzuki nyaris sulit mengejar dua rival mereka yakni Yamaha dan Honda.

Dari data yang saya peroleh terlihat, untuk tiga bulan yakni Mei-Juli 2010, total volume penjualan Titan sebanyak 40,019, terdiri atas Mei (7,434), Juni (15,020), dan Juli (17,565).

Penjualan bulan Mei hanya 7.434 unit boleh jadi karena Titan baru diluncurkan pada 25 Mei 2010. Artinya, penjualan belum bisa dipacu penuh. Nah, pada Juni dan Juli, barulah ujian sesungguhnya.

Dalam dua bulan terakhir, minat calon konsumen pada sepeda motor yang dibanderol Rp 10,695 juta on the road di Jakarta versi tromol, ternyata cukup tinggi. Bahkan, melampaui target yang dicanangkan manajemen Suzuki yakni 15 ribu unit per bulan.

Saat ini, harga Titan versi rem cakram dan velg jari-jari Rp 11,750 juta, sedangkan velg cast wheel Rp 12,850 juta.

Di lini bebek, Suzuki memiliki andalan lainnya yakni New Smash, New Shogun, dan Satria FU.

Khusus mengenai Satria FU, termasuk produk yang paling kebal krisis. Tengok saja data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) berikut ini. Pada Januari-Juli 2010, Satria FU yang bermesin 150cc mampu terjual 76.354 unit, atau naik 63,06% dibandingkan periode sama 2009 sebanyak 46.823 unit.

Suzuki Satria FU. (foto:istimewa)

Fenomena Satria

Kelincahan Satria FU juga teruji pada periode tersebut. Ketika produk terbesar segmen bebek pada 2009 menurun penjualannya, Satria FU justeru melenggang santai. Bahkan, naik 10,03% dibandingkan periode sama 2008 sebanyak 42.552 unit.

Sang pemimpin pasar segmen bebek yakni Honda Absolute Revo pada tujuh bulan 2009 terjual 455.374 unit alias turun 4,07% dibandingkan Januari-Juli 2008 yang sebanyak 474.725 unit.

Produk andalan Yamaha, yakni Jupiter Z bahkan terpangkas 20,60% yakni dari 319.586 unit (2008) menjadi 253.746 unit (2009).

Dari empat produk sepeda motor bebek Suzuki, Satria FU yang dibanderol Rp 18,45 juta ternyata paling laris manis. Sepanjang Januari-Juli 2010, New Smash hanya terjual sebanyak 25.381 unit, New Shogun sebanyak 46.939 unit,  dan Titan sebanyak 40.019 unit. (lihat tabel)

Satria memang fenomenal. Kebal krisis dengan penampilan lebih sporty. Kalau istilah anak muda di Jakarta, si ’Ayam Jago’. Pantesan bisa berkokok walau pasar sedang lesu. (edo rusyanto)

21 Komentar leave one →
  1. 12 Agustus 2010 08:05

    satria,, emang jagoan

    ABG sekarang kalo minta di beliin motor mesti minta nya satria FU.. :p

  2. au_ah permalink
    12 Agustus 2010 09:46

    FU memang fenomenal, gak aneh karena dgn teknologi yg dimilikinya memang diatas motor bebek kompetitor.
    cuma sayang harganya terus menerus naik….
    masih inget dulu 2008, fu masih dibandrol 16,5 jeti dan cs1 16,9 jeti (lebih murah fu).
    sekarang cs1 17,1 jeti sedang fu 18,5 jeti (lebih mahal fu).
    sesuai sih dgn teknologinya, tp kok cepet banget ya naiknya…?!

  3. karto permalink
    12 Agustus 2010 09:47

    ditempat saya buat anak skolah kalo minta ma ortu pilihan nya mesti kalo ndak vixion ya satria fu

  4. au_ah permalink
    12 Agustus 2010 09:47

    FU memang fenomenal, gak aneh karena dgn teknologi yg dimilikinya memang diatas motor bebek kompetitor.
    cuma sayang harganya terus menerus naik….
    masih inget dulu 2008, fu masih dibandrol 16,5 jeti dan cs1 16,9 jeti (lebih murah fu).
    sekarang cs1 17,1 jeti sedang fu 18,5 jeti (lebih mahal fu).
    sesuai sih dgn teknologinya, tp kok cepet banget ya naiknya…?!
    dlm 2 tahun fu udah naik 2 jeti sedang cs1 cuma 200 ribu.

  5. cakra_khrisna permalink
    12 Agustus 2010 10:12

    @ no 2

    Kalo harga nya gak dimahalin mas, Suzuki saya rasa bangkrut ni,, hahahahahaha…

  6. 12 Agustus 2010 11:18

    mantaf om artikel tentang suzukinya

    saya sebagai FBS sangat like this 😀

    Ga nyangka Titan bisa laku juga yah, tapi kok bulan ini market sharenya menurun

    kalo dilihat pertahun menurun terus 😦

    bisa om analisa ga?

    • 12 Agustus 2010 11:26

      market share suzuki? secara keseluruhan memang tergerus setiap tahun, terutama dalam tiga tahun terakhir. namun, di segmen bebek pada kurun januari-juli 2010, lumayan lah. kenapa? itu tadi, tertahan oleh fenomenalnya satria fu. lalu, kenapa fu bisa begitu? rasanya kita sudah tahu. selain tampilannya yg lumayan garang di kelasnya, tarikan ayam jago ini juga lumayan asyik, walau harganya lumayan tinggi untuk kelas bebek. smoga bermanfaat, trims.

  7. ashley permalink
    12 Agustus 2010 12:14

    mantap lah gan….

  8. oleh™ permalink
    12 Agustus 2010 15:07

    S titan emg oke pk ,jauh lbh nyaman di kendarai drpd smash yg lama 🙂 memang ank2 skolah kl minta mtr antara vixy dan FU bahan di tmpat saya FU lg diminati para cewe …

  9. 12 Agustus 2010 15:09

    Tapi kalo Suzuki terus bertahan dengan Satria , tanpa mengembangkan inovasi apapun untuk menyaingi kompetitor, bisa bahaya juga ya..

    Honda sudah melenggang dengan New Mega Pro. Yamaha, gosipnya akan mengeluarkan Byson.. bagaimana Suzuki?

    • 12 Agustus 2010 15:38

      suzuki kabarnya juga menyiapkan sport anyar, tapi gak tahu kapan? atau, mungkin skadar ganti wajah (facelift) kita tunggu saja nanti, smoga infonya sgera bisa diperoleh. trims bro dah mau mampir dan berbagi di sini. salam

  10. 12 Agustus 2010 15:41

    Sebenernya pabrik paling kaya ya suzuki. Dipepet kanan kiri, nyantai aja..

  11. atlet motorcycle permalink
    12 Agustus 2010 19:26

    satria fu ibarat minyak kemiri, minyak angin, sandal lily (sandalny bpk2, biasanya petani). Meski gak pernah di iklanin, gak pernah pengembangan riset kemauan konsumen, tapi tetep aja ada yg beli xixixi… Oh iya sepatu riker, nih sepatu favorit buat gerak jalan 17an. Dari jaman saya SD sampe adik bungsu sy kemarin jg pake riker xixixi…
    Modelnya tetep sama persis :-P.
    Oh ya mas edo, sori blm smpat ke kota buat nanyain harga pcx hehe. Btw hrg jkt brp sih?

    • 12 Agustus 2010 19:49

      di jakarta di banderol rp 32 juta per unit bro, aku tunggu loh kabarnya, hehehe…kidding. salam

  12. 12 Agustus 2010 22:09

    ngomong2 kalo suzuki roda 4 posisinya di mana ya? apakah lebih bagus keadaannya dibanding suzuki roda 2?

  13. diding permalink
    13 Agustus 2010 15:17

    Jadi penasaran pingin naik suzuki titan, kt ny serasa naik shogun, enteng n gesit, benerga ya ? Beda jauh ga ma smash 110 ya ?

  14. Karro permalink
    14 Agustus 2010 13:47

    Satria fu,dikasih aja gw ogah…be2k paling ga safety.kalo naik ni motor pengenya betot gas mulu,dilewatin motor lain rasanya ga rela.kaya pembalap pokoknya…wuzz… Tp sesudah turun kaki&tangan semutan semua,pinggang ma pantat panass…kapok dah…naik motor kok kyk hbs di pukuli orng.. 🙂

  15. onitelomoyo permalink
    26 Agustus 2010 11:08

    mang tabs dah FU” .,…..

  16. diding permalink
    3 September 2010 14:47

    hahaha…itu motornya apa jokinya yg salah urat, masa habis naik fu badan kaya di pukuli…

Tinggalkan komentar