Lanjut ke konten

Tidak di Jalur Motor, Ditilang Polisi

7 April 2011

Jalur pemotor di Jl Sudirman, Jakarta. (tino)

 

BRO Acoy sedikit kecewa. Bukan apa-apa. Dia merasa seluruh perilaku berkendaranya sudah tertib. Bahkan, soal urusan kelengkapan bermotor juga komplet. Mulai dari helm, hingga surat-surat kendaraan.

”Gue ditilang gara-gara tidak melaju di jalur motor. Gue gak tahu ada jalur motor di situ,” tukas pria muda yang sehari-hari mengendarai Honda CBR 150 itu, Kamis (7/4/2011) siang.

Proses tilang terjadi di perempatan lampu merah Jl MH Thamrin pertemuan dengan Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

”Proses tilangnya cepat banget. Gue diberhentiin, terus setelah dijelaskan kesalahan gue karena tidak berjalan di jalur motor, langsung dikasih tilang,” ujar bro Acoy.

Saat saya lihat surat tilang yang diberikan polisi lalu lintas yang menilang, ternyata bro Acoy diberi surat tilang slip merah. Artinya, sang pelanggar lalu lintas harus mengikuti sidang. Dalam slip tersebut disebutkan bahwa sidang berlangsung pada Jumat (15/4/2011) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Surat tilang. (edo)

 

Sanksi yang dibebankan kepada bro Acoy adalah pasal 287 ayat 1, Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam pasal tersebut diuraikan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan rambu lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf a atau marka jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

Wah, harus super waspada nih melintas di jalur Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat hingga Jl Sudirman, Jakarta Selatan. Maklum, disitu lajur motor berbaur dengan kendaraan umum, bahkan kendaraan pribadi juga ikut nimbrung.

Ngomong-ngomong, ada yang menarik saat bro Acoy ditilang oleh, sang petugas langsung bilang bahwa tidak ada istilah damai, permasalahannya diselesaikan di pengadilan. (edo rusyanto)

27 Komentar leave one →
  1. 7 April 2011 15:28

    laah…ini pemotor suruh campur aduk sama angkot, kopaja, metromini yang asapnya tebal plus ugal-ugalan + sruntulan?

    • 8 April 2011 20:09

      aturan diskriminatif tuh, pengendara motor disuruh gabung sama bus ugal2an, belom lagi jalurnya yg cuma satu ruas dan mesti dibagi2 dengan bus itu sering juga diembat mobil. kalo emang mau bener bikin aturan gitu biar tertib sekalian aja bikin jalur motor sama jalur mobil. kalo perlu bus dipisah sendiri jalurnya. baru deh tertib dan aman. ini jalur motor + bus 1 lajur di sebelah kiri. jalur mobil2 mewah 2 lajur di kanan + 1 lajur di kiri (jalurnya motor + bus) kalo lagi macet n lagi mau berhenti………yg bikin aturan kaga mikir ato mungkin pikiranya kaga nyampe.
      menyatukan pengendara motor dengan bus ugal2an = memperbanyak korban jiwa dalam kecelakaan (logika aja kalo tuh motor kelongger/kejepit bus)

  2. Awakku_1927 permalink
    7 April 2011 15:44

    motor kudu di jalur mmotor, kalo mobil boleh di jalur mobil dan motor…

    kampr*ttttt !!!

  3. 7 April 2011 16:21

    oohh.. pantes hari selasa lewat Thamrin banyak polisi pada pegang buku Tilang.. itu toh yg diincer..?? baru tau nih.. apa ada sosialisasi sebelumnya..??? maklum dah jarang lewat Thamrin euy…

    • 7 April 2011 16:26

      mungkin bagian dari Operasi Simpatik 2011 bro, trims.

      • dani permalink
        7 April 2011 17:27

        gak cuma jalur aja tapi lampu juga kena operasi, kelengkapan motor seperti tutup pentil, knalpot, semua yang ditilang ngumpul karena yang tadi itu belum lagi helm proyek

  4. bekchem permalink
    7 April 2011 18:09

    Pak Edo, itu bis taxi mobil pribadi juga sering buanget ngambil jalur motor, ditilang juga gak? saya jarang lewat situ tapi klo lewat PASTI ketemu yang ngambil jalur motor….>:(

  5. Suzuki Mania permalink
    7 April 2011 19:38

    Yoo.. Para polisi, bikin video aja yuk. Trus upload di youtube. Chaiya chaiya.. Acha acha.. Sharuk Khan.. Menghibur lho.

  6. softech_niQ permalink
    7 April 2011 19:55

    bawa motor CBR sih,mkx lngsng dtilang,,,cb bw motor butut,plng cm dperingatkn doang,,,hehehe.

  7. 7 April 2011 20:42

    Oom Edo, sedikit curhatan temen di FB.
    Apa kira-kira ini ada indikasi polisi gadungan?

    [Angga Octavianus
    ingin tanya donk : Polisi (polantas) berbaju dinas.., memakai motor bukan BM lebih tepatnya motor bebek honda absolute revo 110 warna hitam stripping silver, ngumpet di pinggir2 pohon… pas motor lewat tau2 diuber dan di ale2 suruh berenti… katanya ngebut padahal no speedgun.. dan lari motor cuman 60km/h, dateng2 setelah salam ini itu, mau damai atau tilang??!! TKP : jalan raya raden inten… barusan!

    sya berkelit saya ga speeding memang kondisi tadi agak kosong om, dia bilang saya ngebut percakapannya begini : malam pak.., boleh saya liat sim dan stnk
    saya kasih tp saya tahan…, trus dia ngmong gini.. mau ditilang apa damai?? bengong saya om.., saya bilang saya salah apa, katanya ngebut.., saya berkelit saya gak ngebut.., dia buka tilang saya bilang, saya siap ditilang tp saya mau tau bapak anggota mana, ga banyak omong tau2 dia naik motor n kabur.. makin bingung saya om… pokoke motornya revo.., pas berhentiin saya di dkt kantor PLN spotnya rimbun saya ga bisa liat mukanya pasti.., dan ngapalin plat nomorna..

    dia ini pake rompi ijo tp ditutup jaket lagi, cuman jaketnya ga disleting jadi keliatan seragam n rompi, cuman bingung deh.., udah 3x ane liat dia di jalan raden inten eh ntah knp hari ini gw yang kena…]

    • 7 April 2011 20:49

      wah…membaca uraian di atas, rasanya menimbulkan kecurigaan. mengingat, petugas jika menjalankan tugas pasti dibekali identitas yang jelas. btw, trims sharing-nya yah. salam

    • robotic_munky permalink
      8 April 2011 10:41

      itu bukan polisi gadungan kok, mang cara kerja polisi cari side job mang gtu . . .
      klo kita pinteran dikit, dia langsung ngacir . . . .

  8. 7 April 2011 20:59

    sampai kpn r2 dberlakukn ga adil?! Pdhl r4 serng mlakukn planggarn tp jarang bgt dtilang… Dasar polantas koplak…

  9. yonk permalink
    7 April 2011 21:51

    Data AISI Maret 2011 utk motor matik
    Honda 189.158
    Yamaha 165.008
    Semakin tertinggal aja matik yamaha

  10. jonas permalink
    7 April 2011 22:14

    Mungkin sebaiknya pengguna motor beralih ke mobil aja, jalurnya banyak, ada Tol. Ayok rame rame pindah….

  11. 7 April 2011 22:21

    mudah2an polkisnya adil, gak hanya motor aja

  12. 8 April 2011 00:26

    POLIS INDON SIAL! BISANYA CARI DUIT DGN CARA MERES ORANG ! TABRAK AJA KLO DI-STOPIN 😆

  13. 8 April 2011 08:13

    mantap…sekarang rakyat kecil makin dicekik…udah tiap tahun disuruh bayar pajak motor…ehh kalau salah naik motorpun masih kena tilang,,,
    kalau kita urutkan selama satu tahun ini pajak kita sudah lumayan banyak untuk sebuah motor
    Misal :

    Pajak Kendaraan Bermotor : Rp 300.000,00
    Untuk Biaya SIM Rp 200.000/5 : Rp 40.000,00

    Nah Untuk satu tahun kita harus merogoh kocek hampir segitu,,sebuah angka yang bisa dikatakan lumayan besar.
    apa setidaknya pemerintah terutama di JAJARAN pembuat peraturan juga memikirkan kebutuhan rakyat dibawahnya,,,mohon untuk di Jajaki dulu…

  14. 8 April 2011 08:19

    @kang ulid:
    sampai pejabat2 negri ini make r2 jg

  15. robotic_munky permalink
    8 April 2011 10:46

    ah dasar polishit, dah slama ni kerja digaji pake uang rakyat (pajak), masih suka minta jajan tambahan lagi dari rakyat . . .
    —-
    sebutkan 2 kata yang ada dibenak anda saat ini jika mendengar kata ‘Polisi’ ???

    kalo saya:
    1. maling
    2. chaiya 😀

  16. 8 April 2011 11:18

    N A S I B……………..S P E E C H L E S S mbah.
    Mazbro bikers banyakin minum air putih dan doa ajah biar mangkin sabar….

  17. 8 April 2011 13:28

    ini bukan soal damai, bukannya ada mekanisme nitip ke petugas ya?

  18. Aldian permalink
    28 April 2011 17:02

    trus sidangnya gimana pa? dikenakan denda berapa?

  19. 13 Agustus 2014 16:24

    berarti kalau lewat jalan layang casablanca harga tilangnya kena berapa? takutnya bisa 150 ribu mohon info secepatnya

Tinggalkan komentar