Lanjut ke konten

Jarak Tempuh 10 Ribu KM, Setang Sudah Oblak

12 April 2011

Thomas, lingkaran hijau, saat touring ke Ciateur, Bandung. (dok irfan)

THOMAS bertanya kepada saya, kenapa setang sepeda motornya, Yamaha V-ixion terasa keras dan suka melawan arah. Perbincangan pun mengalir santai di Jakarta, Senin (11/4/2011) sore. Setelah berbincang-bincang, sebagai sesama pengguna V-ixion saya sarankan agar dibawa ke bengkel resmi untuk diperiksa.

Malam harinya, saya mendapat email dari kawan tersebut. Berikut cerita lengkapnya.

Saya pemilik motor Yamaha V-ixion keluaran 2010, nopol B 6394 VBS. Motor tersebut saya beli pada Juli 2010. Sampai saat ini, jarak tempuh yang tertera pada kilometer V-ixion merah saya sekitar 10.400 km. Sehari-hari, saya menggunakan motor ini untuk berangkat kerja dengan jarak tempuh antara Ciledug-Semanggi sekitar 20-an km. Saya juga termasuk penyuka produk Yamaha. Saya sempat menunggangi Yamaha Force One keluaran 1995 dan Yamaha RZR 1993 selama beberapa tahun.

Sebagai pengguna motor V-ixion 2010, saya mengaku cukup puas. Sebab, selama hampir satu tahun pemakaian, saya tidak menemukan masalah berarti pada mesin. Berhubung motor baru, saya mengikuti petunjuk servis berkala yang tertera pada buku servis dan menggunakan oli rekomendasi Yamaha (Yamalube).

Dalam penggunaan sehari-hari, motor saya geber dengan kecepatan rata-rata 60-80 km/jam. Sedangkan kecepatan maksimal 100/km per/jam, itupun tidak lama-lama. Maklum masih motor baru. Motor ini pun sukses melahap jalur Puncak-Padalarang-Bandung-Subang ketika mengikuti touring IBC ke Ciater, pada 10-12 Desember 2010. Total jarak tempuh pulang-pergi sekitar 400 km. Kondisi motor, saya akui dalam kondisi prima sehingga bisa melaju dengan baik. Walaupun, keberangkatan yang dilaksanakan pada tengah malam menuju lokasi dihadang hujan lebat. Motor pada saat itu tidak saya paksa untuk melaju pada kecepatan tinggi. Paling-paling sekitar 80-90 km. Saat itu, seingat saya motor tidak melindas lobang-lobang besar yang berpotensi merusak kemudi (setang) atau kaki-kaki motor.

Namun, menjelang sembilan bulan menjajal V-ixion ini, saya mulai menemukan masalah. Masalah yang saya alami tidak berasal dari mesin, tetapi dari setang. Setang motor tiba-tiba mulai tidak nyaman dan terasa tidak stabil. Kejadian ini mulai saya alami awal April 2011. Awalnya, saya berpikir karena tekanan angin pada ban berkurang. Tetapi, saya cek tekanan angin ban depan dan belakang masih bagus. Namun, ketidakstabilan setang makin terasa sejak 7 April 2011.

Saat motor dijalankan, setang seolah-olah hendak melawan kehendak pengendara. Ketika ingin belok kanan atau kiri, setang motor seakan-akan berkehendak ke arah sebaliknya. Ini membuat saya cemas jika hendak berbelok atau akan menyalip kendaraan lain. Bukan tidak mungkin setang yang tidak terkendali berpotensi mengakibatkan kecelakaan fatal.

Berdasarkan pembicaraan saya dengan Bro Edo, ini merupakan masalah yang pernah ditemui pada motor Yamaha V-ixion. Bedanya, masalah ini baru terasa pada motor dengan rata-rata jarak tempuh telah mencapai sekitar 30 km atau di atas itu. Sedangkan motor saya baru menempuh sekitar 10.400 km. Saya ingat-ingat, saya memang pernah melindas lobang besar di daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur, pada 12 Maret 2011. Saat itu, motor saya pacu dengan kecepatan sekitar 60 km/jam dan berboncengan. Posisi lobang tidak terlihat karena situasi saat itu malam hari. Sebelumnya, pernah juga melindas lobang, tetapi tidak sebesar lobang yang terakhir itu.

Saya tidak tahu, apakah itu yang menjadi penyebab komstir menjadi oblak. Jika demikian, tentu ini menjadi pertanyaan terkait kualitas kemudi/komstir produk Yamaha V-ixion keluaran 2010. Pasalnya, kalau berdasarkan pendapat Bro Edo, penyakit ini justru baru dialami untuk produk serupa keluaran lebih awal dengan rata-rata jarak tempuh sudah mencapai sekitar 30 ribu km. Dan saya pikir, bukan tidak mungkin pada jarak tempuh sejauh 30 ribu km tersebut, motor-motor V-ixion yang lebih senior dari motor saya ini juga telah banyak melindas berbagai lobang di jalanan. Terima kasih.

Thomas

85 Komentar leave one →
  1. softech_niQ permalink
    12 April 2011 09:23

    kwalitas pertamaxx

  2. satriafu150 permalink
    12 April 2011 09:28

    Gimana kondisi Velg depan dan bearing roda, masih normalkah semua itu??? Kemudian kondisi ban, apakah sudah waktunya untuk diganti????

  3. softech_niQ permalink
    12 April 2011 09:32

    jrk tempuh yg dceritakn itu 30 KM atw 30rb KM…????

    • AshleyzZzzz permalink
      12 April 2011 09:35

      kayanya kalo si vixi bro thomas 10 rbu, kalo seniornya 30 rb,,gpp gtu kali…cmiww yah…

  4. AshleyzZzzz permalink
    12 April 2011 09:34

    mungkin lagi dpt yg kurang bagus bantalan komstirnya kali mas….

  5. alternative permalink
    12 April 2011 09:55

    Ganti aja mas setiap 10.000km…. :p

  6. gadget12 permalink
    12 April 2011 10:23

    waduh jadi ikut concern nih, soalnya saya juga jadi pemilik vixion 2010 dgn jarak tempuh baru 6000an km…memang belum ada gejala kayak gitu sih tapi tetep aja jd khawatir, mungkin ada yang bisa mencerahkan…

  7. 12 April 2011 10:25

    penyakit bawaan itu mas!!!tapi ada obatnya kok…

    • Dani Ramadian permalink
      12 April 2011 11:44

      Bawaan orok tah Rud???
      Sido nang Bromo kapan awakmu???

      Lhooo…kok OOT
      😦

  8. Awakku_1927 permalink
    12 April 2011 11:40

    jiakakakakak….
    silahkan hubungi ahlinya… sodara alonerider aka Nugraha Adhi…
    masternya komstir oblak
    :mrgreen:

  9. JABUL2 permalink
    12 April 2011 11:42

    honda beat yang kutunggangi aja baru beberapa bulan dari diler dah kaku.. ketok sana ketok sini akirnya di ahass…

    • www.prasetyojanjang.com permalink
      13 April 2011 08:37

      Ga nyambung ente mas. kita lagi ngobroloin V-xion mas…
      [BC detected]

      Ente makenya gimana masbro?
      ane juga pake bEAt udah 1 tahun aman2 aja, tapi bedanya ane kagak modif.

  10. Kris ysc Bdg permalink
    12 April 2011 12:18

    coba cek laher roda/bearing rodanya, biasanya kalo lindes lobang yang “kena” bearing rodanya. diganti aja ga lebih dari 100ribu ko 🙂

  11. 12 April 2011 13:28

    sama bro,punyaku mulai km6000an dah mulai ada gejala kayak gitu,kata kepala be-res yamaha emang vixion lemahnya di situ.

  12. 12 April 2011 14:14

    trims utk pemuatannya Bro Edo. trims juga utk saran2 dari para blogger. saya segera cek up motor ke bengkel resmi Yamaha.

    • 12 April 2011 14:16

      ok bro thomas, semoga cepat rampung yah, btw nantiboleh juga disharing lagi yah hasilnya untuk masukan bagi kita-kita semua. salam

  13. real_injection permalink
    12 April 2011 15:09

    Untuk ukuran motor sport kok baru 10 rb km sudah oblok….
    mungkin kwalitasnya sudah di turunkan kali…
    mentang2 laku ….

  14. bekchem permalink
    12 April 2011 15:12

    hmmm….berarti bener, Mr. Grey saya juga terasa suka counter. Sedikit sharing, waktu itu saya bawa ke beres Depok (margonda) taglinenya sih klo ga salah terbaik dan terpercaya, lupa, berhubung saya awam bgt mslh ginian y saya bilang aja, stangnya berat, minta dikendorin dikit -_-“, tapi kaget buanget lha kok alat servicenya (untuk perbaiki keluhan yang ini) pake getokan, kayak pahat/obeng + palu -_-“, pikir saya alatnya GA ADA gitu??!!!??. Finelah (wlo rada g rela), Gejalanya ilang dikit, tapi selang beberapa minggu kambuh lagi, bolak balik tetep sama, ilang timbul. Atas saran temen saya, saya bawa aja Di beres FSS Cempaka Putih. Keluhannya saya bilang aja stang suka counter+kendor klo ngrem kenceng, ditulis di tulis deh stang oleng. Pas service saya perhatiin dikencengin bagian komstirnya sama kayak yang di Depok tapi make alat, ternyata alatnya ADA!!!!!!! weleh, gelo juga ngebayangin waktu service di Depok. Hasilnya udah lebih baik sekarang, wlopun setiap service saya minta cek saja, tapi ya lebih asyik lagi klo YMKI bisa kasih informasi lebih jelas masalah kulitas stang ini heheee………:)

    • 12 April 2011 15:39

      trims banyak atas sharingnya bro, sangat bermanfaat. salam

  15. rony permalink
    12 April 2011 16:03

    cek aja komstirnya…hehehe..
    rata2 vixie kaya gitu…

  16. 12 April 2011 16:43

    hhmm… emang pernah denger kalo kelemahan Luna (v-ixion) dKomstirnya.. tp Alhamdulillah Luna-ku dah melahap 48.900 KM.. udah Riding ke berbagai daerah selama Touring.. Liat aja di http://brigadebm2c.blogspot.com/… dan Baru berasa oleng akhir2 ini dan kata bengkel sih harus ganti komstir.. skrg udah 48.970 KM tp masih bisa diStel2 di FSS Cempaka Putih.. enak2 aja nih.. hehe.. yah kemungkinan sih bulan Juni baru Ganti Komstir persiapan ke Dieng kalo jadi..

    salam bro

  17. 12 April 2011 16:47

    oh iya lupa.. My Luna tuh tiba drumah Tgl 30 Agustus 2008.. Selain Touring dah 3x pulang kampung juga Jakarta – Ciamis sampe Kebumen 1x ..^_*..

  18. masterXeon permalink
    12 April 2011 17:01

    mantap nih artikel ginian….
    ayo pada sharing masalah dan pengalaman dengan piksien….

  19. wong ndeso permalink
    12 April 2011 17:01

    yah dari sekian puluh ribu, bro dapat yang rada jelek, ya lagi apes aja…

    bawa aja ke bengkel resmi bro ke cempaka putih tadi (yang punya alat), setahu saya ntu ada standard cara ngencengin komstir…
    kalo kaga salah, setelah dikencengin pake torsi standard, lalu dikendorin lagi sekian derajat…

    trus dicoba… tidak boleh oblak dan tidak boleh seret…

    nyobanya, tekan rem depan lalu motor didorong ke depan…nah terasa oblak gak?

    pastinya lagi dibawa lari, trus tangan dilepas dari setang…motor harus tetep lempeng…

  20. 12 April 2011 17:16

    kayaknya sama ma penyakit Pulsar nih, KOMSTIRRRRRRR…….

    solusinya tinggal stel kekencengan/kekendorannya aja. tapi kalo gak gak bisa (dikendorin dikit oblag, dikencengin dikit berat/counter) ya musti ganti komstirnya..

    kalo boleh saran, coba buka trus kasih gemuk lagi baru kencengin. sapa tau gemuknya dah abis jadi rada seret/berat/counter..

    @bekchem:
    kalo soal alatnya, ya alatnya cuma kunci ring, obeng getok ama palu (konvensional). kuncinya emang ada, kalo gak salah kuncinya itu kayak kunci buat ngendorin ama ngencengin shock…

    IMHO

  21. Virus permalink
    12 April 2011 18:47

    hm…sebener ny masalah utama jalanan di mana pun di Indonesia bopeng bopeng smuaaa alias berlubang lubang (banyak jebakan betmen)…terbukti masalah yg sama jg menimpa bro adecahya pemilik pulsar…dan ane juga kena pemilik satria FU150, samaaa komstiiir oblak…selama masih bs di setel cuma itu jalan satu-satu nya…+ cek juga laher/bearing depan, biasa ny gejala goyang karawang gitu juga bs berasal dari laher/bearing depan baru cek ke komstir…

  22. 12 April 2011 20:12

    emang gak ada mtor yg smpurna, ada aja masalahnya,
    kalo maslah pd supra x gue cm 2 yaitu suara mesinnya minim bngt dan irit bbm
    nyelez.co.id

  23. Arsenal permalink
    12 April 2011 20:22

    Yang penting laku keras

  24. 12 April 2011 20:53

    Adakah tanggapan dr YMKI tentang fenomena ini Om?

    • 12 April 2011 20:56

      setahu saya sih belum ada bro. belum baca barangkali. trims atensinya yah. salam

    • www.prasetyojanjang.com permalink
      13 April 2011 08:40

      YMKI ga ada team reaksi cepatnya kali masbro, padahal kan bisa berkembang jadi imej jangka panjang piksien…

    • 13 April 2011 18:33

      belum ya, padahal ini dah jd fenomena, gak hanya kejadian satu dua

      imej itu kayanya dah mulai terbentuk bro

  25. davied permalink
    12 April 2011 21:58

    vixion ane jg gt,km 10rban da mulai ada penyakit,ane bawa kebengkel gak ada respon apa2,mgkn nabrak lubang katanya,dan penyakit itu mulai muncul pada saat shock depan saya turunin,kata orang bengkel itu ada pengaruh jg.klo skrg ane biarin aja…ksel jg..tp mo gmn,ternyata ni mmg penyakit..dan katanya ni juga ada kaitannya dengan model rangka vixion..

  26. devil permalink
    12 April 2011 22:14

    ciri khas vixion itu..
    pernah dibahas oleh bro arie slight di bloknya. dengan rangka vixion yang model begitu (delta box), komstir akan mendapat beban yang lebih besar dari pada model rangka cradle (kyk tiger,scorpe), apalagi jika stang depan pake diturunin segala, jadilah beban makin besar tuh komstir,. Jika bahan komstir yang kurang bagus makin cepat oblak deh..

  27. hamtaro permalink
    12 April 2011 22:35

    kalo vega zr kakak ane jg gitu.. gak tau,tu orang jalan kemna aja.. km udah 20rb-an..
    rasanya kalo naek tu motor,kayak mo miring atau belok2 sendiri.. padahal stangnya seolah2 gak mau dibelokin

  28. Goyip permalink
    12 April 2011 23:10

    Ya sudahlah motor sekarang emang kayak gitu semua gak andang merk…kecuali kawasaki…ha…ha…

  29. Vyzex permalink
    13 April 2011 00:27

    Kilometer 10 ribu ganti komstir
    Nanti km 30 ribu ganti ring piston

    ( piss om edo)
    Hehehe

  30. 13 April 2011 05:12

    Sama gejalanya. Vixi saya baru kerasa senin kemaren di KM 10.550-an.
    Motor terakhir pake hari jumat, sabtu – minggu jadwal’y libur. Pas senin mau berangkat, kug dkecepatan kurang dr 20 km, setang motor terasa berat/ gejala oleng. Saya pikir ini kekurangan tekanan angin. Setelah dtambah angin kug masih ada gejala ngebuang ini.
    Pas mau ganti oli, saya Tanya aja k bengkel umum langganan, yg mekanik’y udah saya kenal. Trus dia memeriksa kondisi roda depan & pengendalian setang. Kata’y, kondisi bearing roda masih bagus, tapi pada bagian setang, terasa ngebuang/ gx stabil.
    Apakah ini termasuk gejala komstir oblak pak Edo??

  31. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE permalink
    13 April 2011 11:35

    hehehehehehe baru tau yach penyakit nich motor,ngga jauh beda ama mx,wakakakakak 😆 😆 😆

  32. 13 April 2011 14:59

    pengalaman saya:

    Vixi 2009, sekitar akhir 2010 setirnya jg kerasa ngelawan. trnyata gara2 komstirnya kotor/kering gara2 sering dicuci pake air yg mengandung bnyk mineral (domisili saya kuta, bali, yg disinyalir bnyk mengandung garam :mrgreen: ). oleh mekaniknya cuman dibersihin dan dikasih pelumas aja biar ga kering dah beres, bahkan sampe skrg. oia, vixi saya dah dimodif pake stang Yamaha YT dan sering dipake turing jg. dan sampe skrg aman2 aja tuh komstirnya 🙂

  33. Modar permalink
    13 April 2011 15:05

    Ya solusinya sebenarnya cukup ganti laher/bearing komstir vixion pake laher/bearing komstir rx king. Gejala itu akan hilang n pasti jauh lebih awet karena kekuatan n kelenturannya beda jauhhh

  34. 13 April 2011 16:11

    Bro & Sis,

    Siang tadi, Rabu (13/4), saya sudah cek up motor terkait setang gak stabil. Saya cek up sekalian servis rutin di bengkel resmi Yamaha: PT Surya Prima Graha Motor, Jl. Raya Prapatan Joglo No. 24, Kembangan Jakarta Barat. Bengkel ini juga merupakan tempat saya beli motor V-ixion. Mekaknik bilang, komstir masih bagus tapi perlu disetel karena setang berat. Mekanik setel dengan mengurangi kekencangan pada baut setang, tanpa diketok2. Setelah disetel, setang sudah lumayan stabil tidak ngelawan lagi, walau saya ngerasa masih gak sempurna saat saya kendarai menuju kantor. Masih sedikit terasa agak goyang, tapi gak separah sebelumnya. Berhubung skalian servis (masih dapat servis gratis) untuk kilometer 10 ribuan, setel-menyetel setang gak dikenai biaya. Trims

    • 13 April 2011 16:31

      trims atas tambahan informasinya bro, smoga senantiasa selamat dalam perjalanan. amin

  35. 14 April 2011 10:57

    ikut nimbrung mbah edo…kalo saya mengalami di HSX 125…KM baru 13rebuan…setelah saya bongkar sendiri..ternyata jalur kabel speedo dan jalur kabel gas + cuk yang bikin setang tidak mulus ketika diputar..nyantol gitu…setelah saya urut ulang…masalah selesai…bahkan untuk turing jogja-purwokerto (210KM) tidak ada masalah

  36. 15 April 2011 13:50

    Semuj kok crita viksen,yg laen mana,klu aku xeon,gmn abang2 tentang xeon apa kelemahan nya mhn jawapan nya dong.

  37. IPY permalink
    16 April 2011 02:15

    Setiap service wajib di cek komstir, sdng 24000km diganti gemuk nya lumasi dgn greas atau gemuk baru…dlm buku panduan ada…
    Aku pnya vixion sdh penggunaan +13000KM ngga ada masalah sama komstir karena setiap service di beres mekanik selalu mngecek komstir bila kendor langsung di kencangkan…

  38. irfan permalink
    15 Mei 2011 22:32

    nasib nasib an

  39. 31 Mei 2011 22:49

    alhamdulillah….vixi ane udah 3 x jakarta cilacap…skrang 10.000 an….gk ada msalah…hajar lobang juga sering…skarang malah ganti velg byson…..jdi spido dicomot deh..terkadang kerasa juga rada2 gmana gtu………tpi ttep vixi is good lah..

  40. 17 Agustus 2011 19:58

    kasus nya sama dengan saya gan motor ane YAMAHA VIXION baru 13000 km, kejadiannya mendadak sehari sebelumnya ga kenapa2.. tiba2 besok harinya ster motor saya macet dan motor tidak stabil, karena saya menganggap bukan hal yang terlalu urgent.. dua hari kemudian saya tergelincir.. saat menikung.. karena motor dengan sedirinya berbelok kekanan dan agak macet ketika dikembalikan kekiri.. akhirnya saya terjatuh. Untung saya tidak sedang melaju kencang. Saat itu juga saya bawa Ke Bengkel Resmi Yamaha Terbesar dikota bogor.
    setelah diperiksa ternyata kom stir bagian bawahnya hancur akibat karat yang parah. saya merasa heran motor baru setahun sudah rusak kom steer nya, padahal saya gunakan secara wajar. Dansaaat ini motor saya tidak kembali seperti baru.. tetap masih kadang-kadang lari kekanan.

    gitu bro curhat gue.. YAMAHA tolong perhatikan para biker..

  41. 17 Agustus 2011 20:06

    Tambahan informasi gan..tolong perhatikan ketika ganti kom steerr (Vixion)… punya ane diganti.. ternyata tidak persis sama dengan aslinya (padahal bengkel resmi) ( tanpa bantalan plastik)…. motor akan mengalami momentum balik pada steer ketika melalu jalan yang tidak mulus….. stelah ane ganti dengan kom yang persis sama (ane cari sendiri di toko dipinggir jalan), lumayan getarannya jadi hilang….. Aneh bgt kok diganti tidak sesuai aslinya….., ternta gan tetap harus diperhatikan ketika dibengkel… sekalipun bengkel resmi.

  42. 1st permalink
    10 Oktober 2011 15:47

    kalo banyak kejadian berarti salah desain, paling nggak desain tidak boleh menampung air hujan atau habis cuci, tapi harusnya konsen dengan yang seperti ini..jangan ngejar jaulan saja..bisa jadi bom waktu hidup konsumen indonesia

  43. 10 Oktober 2011 15:58

    vixion temen saya juga begitu,scorpio tahun 2007 temen sya juga sama.BYSON milik komandan satpam tmpt saya bekerja juga begitu,tapi vegaR yg saya pake g ad masalah dgn komstir.
    rata2 motosport yamaha bermasalah di bagian komstir,mlh yg vixi tmn saya 3 bln langsung ganti komstir.krn oglak n g safety riding bgt.

  44. 11 Oktober 2011 02:18

    Ane juga pernah pake vixion, pernah jatuh 2x sampai kaki-kaki depan perlu di press. menghajar lobang berpuluh2 kali.

    Tapi komstir baru berasa sedikit oblak pas udah 30rb KM (kenapa bisa pas gitu yak :D)
    Tapi oblak-nya juga ga parah gitu. ga sampe ngebuang segala. Cuma bunyi aja klo kena lobang

  45. spacey permalink
    11 Oktober 2011 19:33

    Saya gak punya v.ixion jadi gak tau gimana rasa v.ixion komstir oblak. Tapi pengalaman pernah ngerasain motor yang komstirnya oblak/kendor ada. Yaitu di supra X 100, jupi Mx bekas masuk selokan, astrea grand, beat dan vario mmc.

  46. karis permalink
    12 Oktober 2011 19:23

    Koq bisa ya? mungkin banyak faktor mas, bisa jadi kualitasnya yang jelek, atau juga karena efek melindas lobang besar, bisa jadi juga ketika perlakuan pas service di bengkel….

    http://karisnsz.wordpress.com/2011/10/12/saatnya-ganti-oli-bm1-synthetic-motor-oil-untuk-si-pio/

  47. smurf_hitam permalink
    14 Oktober 2011 13:46

    materi yang dipakai yamaha itu yang jadi masalah mas, juadi kudu bongkar semua untuk di cek dimana masalahnya. Materi bahannya memang kurang bagus, saya bandingkan dengan pabrikan sebelah, as shockbreaker pabrikan sebelah sama punya Vixion lebih mahal punya pabrikan sebelah padahal as shockbreaker motor bebek dan lebih kecil diameternya tapi lebih berat dan mantep. soal design yamaha lebih baik, soal materi yang dipakai setingkat dibawah pabrikan sebelah

    *pabrikan sebelah: penjualan semakin merosot, dan mengandalkan satu motor untuk ujung tombaknya

    • edm135 permalink
      10 Januari 2013 13:56

      oo itu yang merknya “S” ya ???

  48. priyono permalink
    25 November 2011 08:15

    Saya punya motor bukan viksen tetapi New Jupiter MX 2011 baru 6 bulan tapi ± seminggu ini stir rasanya berat kekiri. Motor ini belum pernah jatuh atau kena lubang yang berat. Rasanya saya tidak nyaman menggunakan motor tersebut. Motor ini masih dibawah jarak tempuh 3000 km.

  49. FB > HYSK permalink
    10 Desember 2011 01:12

    mana nih om jaos ??

  50. Oejang permalink
    14 Desember 2011 09:41

    Iya nih MX ane juga komstir nya udah gak enak, tapi km udah nyampe 50530, kurang lebih 2 tahunan motor ane, apa karena dah lama ya? jadi rusak gitu biasanya sih rutin tiap bulan service di bengkel resmi yamaha….

  51. 15 Januari 2012 23:33

    saya udah 3 tahun 10 bulan pake vixion. overall ssemua nyaman. vixion saya keluaran maret 2008 warna biru. masalah terjadi malah ketika umur motor 6 bulanan. saat saya melaju 120an, tiba2 langsung drop kecepatan, dan pada akhirnya mesin mati dan ga mao nyala. 2 menit kemudian baru bisa nyala lagi. tp ternyata motor ga bisa di bawa lari. kecepatan max cuma 30 kpj. lebih dari itu mesin langsung mati. pas saya bawa ke dealer, katanya bensin kotor, saya kuras dan langsung ganti pertamax, masalah tetep muncul. akhirnya coba di cek di alat FI nya, ada masalah di injector sama sensor2 di bag mesin sebelah kiri, sehingga ga bisa mengantarkan sinyal ke ECU dan aki pun ga ngecharge gara2 itu. ketika itupun dealer di daerah ane ga sanggup dan ane langsung di suruh ke yamaha pusat di cempaka putih. ane juga pusing, cara bawa motornya gimana dari cikarang kesana, wong cuma bisa lari 30 km/jam -__-“. bisa di urus dealer dgn jangka waktu 1-2minggu. akhirnya ane bawa pulang lagi motor. pas ane bawa pulang, lama2 motor ga bisa dipake starter, terus lampu orange di speedometer nyala terus kadang kedip2. dan setelah ane baca2, ternyata itu masalah kelistrikan. langsung ane coba2 ganti sikring, dan akhirnya motor bisa starter lagi. lama2 motor bisa narik lagi, tp kadang suka kambuh. annehnya, tuh penyakit sembuh sendiri tanpa ane obatin. pas ane kuliah dan motor ane bawa ke jogja, pas ane servis d dealer sana, kata dealernya ternyata motor ane merupakan salah satu yg nomor mesinnya tercatat sebagai motor yg dapet gratisan ganti fuel pump dari yamaha. katanya sii vixion ane masih pake fuel pump asli dari jepang yg belum dikalibrasi dgn suhu indonesia, fuel pump sangat sensitiv thd suhu (katanya). sayangnya masa pergantian udah kadaluarsa, dan kalo mao ganti harus biaya sendiri T.T.. ydh ga ane ganti, soalnya belom timbul masalah lagi. ane bisa ngambil kesimpulan mungkin yg dulu motor ane ga mao lari gara2 fuel pump nya error, soalnya memang seperti bensin mampet.
    tapi sampe sekarang, motor ane ga pernah kenapa2. ga pernah ada masalah di mesin lagi. masih bisa di bawa 140 km/jam. pengaturan CO motor ane diubah jd +4. dibawa turing jogja jakarta, madiun, magetan, naek gunung dll masih oke. udah pernah dibawa jatoh 3 kali. tangki udah 3 kali pengok. dan sekarang speedometer rusak pas jatoh yg ketiga kalinya. sampe retak speedonya. haha. tapi, alhamdulillah masih seimbang dan masih bisa dipake lepas tangan 2. sekarang ane pake ban besar, jd ga bisa lagi narik 140 kpj.

  52. 15 Januari 2012 23:38

    o iya, untuk masalah komstir ane pernah ngalamin juga. dulu waktu umur motor setahunan. abis nabrak lobang. tapi di bawa ke dealer langsung beres. ternyata cuma mengencang aja komstirnya. dikendurin dikit langsung tokcer lagi.

  53. V-nemesis permalink
    13 Maret 2012 12:05

    ane pake vixi ban ama pelek udh gede, pas 30rb km keatas udh gk nymn lage handlingnya,apakah ntu komstirnya jg oblaxs mas? wdew,deg2an neh….

  54. julius permalink
    29 Mei 2012 14:34

    kalo vivionku sudah dipake dari ujung Kalimantan Selatan sampe ujung Kalimantan Timur (sekali jalam 670 km). Sdh pernah 4 kali pp. Engine ngak masalah, tp kongstir-nya oblak juga sih. Ada teman nyaranin, pake bearing nenas utk konstir-nya, katanya dari pengalaman sendiri agak lebih awet.

  55. edo permalink
    31 Mei 2012 16:24

    memeng kualitas bearing stang kemudi yamaha dbwah honda.

  56. tirta andika permalink
    14 Juli 2012 07:05

    IYA ne…akujuga ad pngalaman kek gt..skrang stang ku..suka oblak gt klo dbwa ke jalan berbatu..apalg pas kena poliisi tidur dijlan…wih…bunyi dak dak gt..krna takut ku bwa ke bgkel resmi yamaha..kata org bngkel disuruh ganti mangkuk stang nya….pas nanya kena brpa????wih kget aku..ampe mau pingsan..ganti mangkuk stang asli yamaha???th kena 480 rbu????wah…gempossss…..malah kenanya d tnggal tua pula.th,kantong..pas^^…akhirnya..wa cari ke bngkel yg uda pengalaman juga nanganin motor moge ato motor sport kek vixie gt..pas nanya disana…kena 200 rb..untuk ganti mangkuk stang ..nya..ya tapi bukan ori..buatan thailand punya ne mangkuk stang..trus wa ganti …de…..ee…stlah diganti…..petama da ilang th..penyakit..ee besok pas mau brangkat ker…th penyakit kambuh..lagi..pas bawa ke jaln bebatuan dkat rumah..bunyi lagi..dak dak dak..dak…wah brenti lgsung..gwe……asli bingung…ga tau mesti gmana lg????biar balik kek awal lagi…akhirnya…bwa lgi ke bengkel yg berbeda….ganti lagi dah tuh mangkuk stang…kli ni yg dbwah 200 rbuan..da ganti ke yg ke 2….x…nya…ternyata masih bgtu juga????aduh…………bngung…duit da abis bnyak..tapi hasil; ga ada?????gmna donk para vixioners????please help me???apa mesti aku lgsg ke dealer nya aja????ganti dsna???HIK HIK HIK HIK HIK HIK………………….

  57. 30 Januari 2013 00:39

    Mas saya maw naya ni? Vixion saya tahun 2010 pas ganti mangkok stang, saya diriin standar 2 nya kok motor saya gak seimbang, tampa disentuh terasa berat kekiri,tpi pas bawa gak masalah, apa penyebab nya mas, mohon info nya tanks

  58. faisal permalink
    23 Maret 2013 20:21

    kalo memang masalah komstir adalah masalah dari vixion generasi pertama sampe New Vixion sebelum NVL
    apakah di NVL sudah ada perbaikan dan penyempurnaan ? terimakasih

  59. naranara permalink
    1 April 2013 22:00

    Lapor gan, NVL saya ban depannya kaya “ngagaleong”/menggeleyer/goyang lah ya.. Kalo ketemu tambalan aspal.. Nah kalo gitu kenapa ya? Ko bisa gitu? Apa ban nya? (Dunlop bawaan pabrik) apa gara2 genti cakram modifan? (Yg lebar2 tu) apa gara2 di genti stang? (Stang ninja tapi bukan jepit). Mohon pencerahan. Nuhun/tengkyu sebelum n sesudahnya..

  60. yudhie permalink
    10 Mei 2013 21:13

    sama,, punyaku juga gitu,,, beberapa kali nyaris celaka gara2 stir nya melawan, ane otak atik sendiri aja akhirnya gak pa2, jangan terlalu percaya sama bengkel atau mekanik, bulsyit semua.. mereka maunya ganti, ganti dan ganti…cari untung biar partnya cepat laku., klo kitanya iya2 aja di makan tu sama tu bengkel,,, habis duit hasil tak memuaskan…jika punya tool sendiri lebih baik bongkar sendiri, ,jd lebih tau, nambah wawasan..lebih aman lg klo punya teman mekanik, jadi bisa di pandu, .

  61. Erry permalink
    28 Mei 2013 08:42

    Sepertinya ini ulah oknum Yamaha, karena gua uda 3x komstir ny kena gr2 sehabis servis di bengkel yamaha.

  62. yusuf permalink
    26 Juni 2013 22:14

    ane mau nanya nih kok Mio J ane kalo pelan stir kerasa ny pingin belok ke kiri mulu . .

    trus kalo tekanan angin ny kurang kerasa bgt ngebuang .

    kira2 kenapa ya bro itu?

    itu kejadian mulai kerasa pas ngehajar lubang di kalimalang gara2 di pepet 😦

    minta solusi ny dong master 🙂

  63. raffa pratama permalink
    18 November 2013 11:17

    Yang jelas komstir untuk yamaha emang kurang bagus sejak dulu….saya pengguna rx king sudah ganti komstir 3kali orisinil.skrng saya ganti byson 2012 sudah ganti komstir pula bulan kmarin….. Penyakit sama oblak dan keras saat belok…..hadeeeeeeeeeh

  64. kopet permalink
    21 Desember 2013 16:33

    tetep laku.. buktinya semua motor sport honda dari dulu tangkinya cepet bocor tp tetep laku..

  65. 10 Maret 2014 10:49

    If some one wants expert view concerning blogging after that i suggest him/her
    to go to see this blog, Keep up the nice job.

  66. feliks permalink
    31 Mei 2014 16:10

    mungkin di mangkok stang nya..udh aus atau ada maslh di sana..biasa n klu msk lubg kecil j udh berasa kyk mw lepas..

  67. fani nur trisnanto permalink
    20 Juni 2014 11:20

    kenapa ya ,byson hbs jth skoknya kok g center.tp udah di bongkar kok masih aja g lurus

  68. Gus Mardhi permalink
    20 Juni 2014 20:54

    Kejadian hampir sama,dengan New Jup MX’ku mass…
    Masalah setangnya.

  69. 14 April 2015 10:46

    Penyakit yang sangat rentan terjadi pada motor VIXION / New VIXION…,Mangkok stang nya

Trackbacks

  1. Yamaha Kudu Tanggap Atas Permasalahan Komstir Oblak…!!! « Safety First !!!
  2. Pernyataan Putri Indonesia – Kurang Etis dan tidak Fair ! « INDOBIKERMAGS

Tinggalkan komentar