Skip to content

Suatu Malam di Sudut Amigos Jakarta

3 Agustus 2018

ORANG-ORANG memadati ruangan di salah satu sudut kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Mereka duduk rapih di kursi yang tersedia. Sebagian wajah yang hadir saya kenal. Mereka para jurnalis, baik dari media cetak, daring, maupun jurnalis foto. Sebagian lainnya tampak sejumlah penyanyi dan para musisi.

Malam terus bergulir. Alunan musik dan lantunan lagu menghipnotis mereka yang hadir. Tak sedikit tamu yang mengikuti lantunan lagu dari para penyanyi yang hadir. Tak cukup bernyanyi, sebagian dari mereka pun ikut menari. Suasana di cafe Amigos terasa hidup.

Sudah sejak lama kita mengenal pengaruh syair lagu dan musik dalam kehidupan manusia. Di era perjuangan, lagu dapat membakar semangat juang dan nasionalisme. Di era kekinian bahkan dapat mempengaruhi kepada gaya hidup.

Ya. Lagu dan musik dapat mempengaruhi perilaku. Baik secara langsung, maupun tidak langsung.

Melihat hal itu Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) mendorong musisi dan penyanyi ikut menyelipkan pesan keselamatan jalan dalam karya-karyanya. Lagu dan musik juga dinilai mampu menjadi medium penting dalam menyebarluaskan kesadaran berlalulintas jalan yang aman dan selamat.

Karena itu, saya bersama teman-teman di Jarak Aman mengapresiasi lagu ‘Kontemplasi’ karya Hariyanto Boejl sang penyanyi balada Tanah Air. Apresiasi diberikan di sela Konser Musik Kontemplasi di Jakarta, Selasa (24/7/2018) malam.

Apresiasi atau penghargaan diberikan juga terkait atas kiprah Hariyanto yang mendukung kampanye keselamatan jalan besutan Jarak Aman. Salah satunya lewat ajang Road Safety Festival 2018 yang digelar di Jakarta beberapa waktu lalu. Ajakan kebaikan yang mencuat dalam syair Kontemplasi senafas dengan kampanye keselamatan jalan yang intinya mengajak orang untuk hidup lebih baik lagi dan bertoleransi di jalan raya.

Fakta data memperlihatkan bahwa mayoritas pemicu kecelakaan lalu lintas jalan adalah faktor manusia. Ironisnya, aspek dominan di faktor manusia yang memicu kecelakaan itu adalah tidak tertib dan lengah. Aspek tidak tertib adalah perilaku melanggar aturan. Nah sisi kemanusiaan dan ajakan berbuat baik yang disuarakan Hariyanto terasa pas bagi pengguna jalan agar tidak tergoda melanggar aturan yang bisa memicu kecelakaan.

Sementara itu, Hariyanto mengatakan, tidak ada kata terlambat untuk selalu menebar kebaikan. Demi mewujudkan hal tersebut setiap orang harus memandang jauh ke depan demi mendapatkan arah dan kemungkinan tindakan yang lebih bermakna bagi setiap orang. Salah satu bentuknya adalah melakukan kontemplasi.

Arti kontemplasi lebih kepada merasakan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, memikirkan dan merenungkan konsep kehidupan, mengevaluasi diri, menghayati perjalanan hidup selama ini. Semua itu ditempuh supaya tidak terlalu mengikuti kebiasaan yang terjadi selama ini.


“Saya menulis lirik lagu berjudul Kontemplasi dan membuat Konser Kontemplasi di Amigos, Jakarta, Selasa (24/7/2018) malam. Tujuannya saya tidak ingin salah melangkah dalam menjalani kehidupan. Sebab, usia terus bertambah dan ajal pun tidak tahu kapan tiba. Semoga lagu Kontemplasi bisa memberikan inspirasi bagi semua orang yang terjun dalam berbagai profesi,” tutur Hariyanto.

Dia menambahkan, dirinya berharap bisa memperbaiki diri sendiri dan mengajak orang lain untuk menebarkan virus kebaikan.

Dalam Konser Kontemplasi, Boejl, panggilan akrab Hariyanto, juga meluncurkan mini album yang terdiri atas tiga lagu, yaitu Kontemplasi, Introspeksi, dan Negeri Pelangi.

Sepak terjang Boejl, dalam blantika musik nasional memang tergolong baru. Namun, suami dari Etty Novitasari, 44 tahun, tetap memiliki tekad kuat untuk berkreasi dalam dimensi berbeda.

“Setelah puluhan tahun malang-melintang di dunia fotografi, saya pun merasa dunia tarik suara bisa menghibur banyak orang sekaligus menebarkan kebaikan,” tutur Boejl.

Selamat mas. Terus bergerak menebar kebaikan. (edo rusyanto)

3 Komentar leave one →
  1. 3 Agustus 2018 13:29

    Kadang kita yang udah hati hati saja msh d senggol ya kak..

  2. AVATAR permalink
    6 Agustus 2018 10:49

    Kunbal ya gan … Follback juga ya

Trackbacks

  1. Suasana Malam di Sudut Amigos Jakarta – Berita Tiga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: