Lanjut ke konten

Silakan SImak Pesan di Tengah Musim Mudik Lebaran Ini

14 Juni 2018

DALAM dua pekan musim mudik Lebaran jutaan kendaraan bermotor melaju hampir dalam waktu yang nyaris bersamaan. Semangat orang untuk pulang kampung menjadi tradisi yang kuat di kehidupan masyarakat kita.

Laju kendaraan para pemudik kian lengkap dengan mereka yang tidak pulang kampung, namun mengisi liburan dengan berwisata keluar kota. Beragam kendaraan bermotor pun tumpah ruah. Antrean kendaraan menjadi pemandangan lumrah.

Tentu saja wajah lalu lintas jalan kita tak semata diisi dengan kepadatan kendaraan. Sisi kelam bernama kecelakaan masih terus hadir. Kecelakaan terus membayangi pengendara yang kelelahan, ngantuk, atau tidak berkonsentrasi ketika melaju di jalan raya. 

Ada kecelakaan saling bertabrakan. Lalu, ada yang kecelakaan tunggal terbalik di sisi jalan, bahkan masuk ke sungai dan tambak. Hingga H-3 atau tiga hari jelang Idul Fitri 2018 tercatat 771 kasus kecelakaan yang merenggut 163 jiwa.

Di tengah-tengah itu semua, para pemangku kepentingan keselamatan jalan dengan gigih menyerukan pentingnya berlalu lintas jalan yang aman dan selamat. Pesan-pesan keselamatan pun bermunculan di mana-mana. Tak semata di sisi jalan dengan balita atau spanduk, tentu juga meruyak di jagat media sosial. 

Ajakan berkendara yang aman dan selamat hadir tak semata dari para pemangku kepentingan seperti Korlantas Mabes Polri beserta jajarannya, maupun instansi lain seperti kementerian perhubungan. Kalangan korporasi, media massa, dan pegiat keselamatan jalan ikut meramaikan dengan caranya masing-masing.

Bahkan, pesan keselamatan jalan juga mencuat dari pengguna jalan itu sendiri. Para pemudik mencantumkan pesan keselamatan di kendaraannya. Para pesepeda motor sebagiandi besar menaruh pesan di tas atau barang bawaannya. Fenomena ini menjadi sisi lain di tengah hiruk pikuk perjalanan musim mudik.

Walau, sebagian besar pesan-pesan yang muncul dari pemudik bersepeda motor berisi kalimat bernada jenaka, pastinya semua ingin tiba di tujuan dalam kondisi sehat dan selamat. Begitu juga ketika kembali ke kota tempat tinggal.

Semoga kecelakaan dapat terus ditekan sehingga nuansa mudik Lebaran menjadi lebih menyenangkan. (edo rusyanto)

foto:
IG lakalantas polres bogor
IG infoponorogo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: