Skip to content

2017, Lebih Dari 19 Ribu Pedestrian Jadi Korban Kecelakaan

10 Januari 2018

KECELAKAAN lalu lintas jalan masih membayangi para pejalan kaki di Indonesia. Data PT Jasa Raharja mencatat bahwa penerima santunan dari kelompok pejalan kaki dan sejenisnya mencapai 19.337 orang pada 2017.

Artinya, setiap hari, ada sekitar 53 pejalan kaki yang menjadi korban kecelakaan. Mereka mencakup korban meninggal dunia dan korban yang menderita luka-luka.

Tahun 2017, kelompok pejalan kaki merupakan 16% dari total korban kecelakaan. Mayoritas korban masih didominasi penggguna sepeda motor, yakni sekitar 75%. Tahun itu, total korban kecelakaan tercatat 121.805 orang. Sekitar 24% adalah korban meninggal dunia.

Kembali soal pejalan kaki yang menjadi korban kecelakaan. Tahun 2017, korban dari kelompok pengguna jalan ini tercatat turun sekitar 2,1% dibandingkan setahun sebelumnya.

Di dunia, pejalan kaki termasuk dalam kelompok yang rentan menjadi korban kecelakaan. Data Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyebutkan bahwa 22% korban kecelakaan afalah pejalan kaki. Angka itu setara dengan 747 pedestrian tewas per hari.

Sepatutnya kita para pejalan kaki lebih waspada ketika berlalu lintas jalan. Selalu memperhatikan situasi sekitar, baik ketika berjalan, terlebih ketika menyeberang jalan. Khusus menyeberang jalan, ketika tidak ada fasilitas seperti zebra cross atau jembatan penyeberangan orang (JPO), mutlak untuk senantiasa memperhatikan pergerakan kendaraan. Serta, tentu saja memberi isyarat ketika hendak menyeberang sehingga para pengendara tahu ada pedestrian yang menyeberang jalan.

Tentu saja, di sisi lain, para pengendara mutlak memberi prioritas kepada pejalan kaki yang hendak menyeberang. Kesadaran pengendara untuk memprioritaskan pejalan kaki perlu terus dipupuk. Apalagi, Undang Undang (UU) No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) sudah mengatur hal itu. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: