Lanjut ke konten

Spanduk-spanduk Keselamatan Jalan Pun Bertebaran

4 Januari 2018

BENTUK kepedulian masyarakat maupun para pemangku kepentingan (stakeholder) keselamatan jalan (road safety) amat beragam. Beberapa tahun terakhir kepedulian tadi dituangkan dalam kalimat ajakan ataupun peringatan. Kalimat itu salah satunya diekspresikan dalam spanduk.

Isi kalimat-kalimat dalam spanduk tadi tentu saja juga beragam. Sekalipun dari substansi nadanya mengerucut pada ajakan atau peringatan lebih berhati-hati ketika berkendara. Ada juga yang isi kalimatnya didasari oleh peringatan akan bahayanya kecelakaan lalu lintas jalan.

Spanduk-spanduk bertebaran seantero Nusantara. Di Nusa Tenggara Timur (NTT) misalnya. Ada spanduk bernada ajakan, yakni “Bersahabat, Santun di Jalan”.

Lalu, di Jogjakarta ada spanduk bertuliskan “Kecelakaan Memiskinkan Kita”.

Sedangkan. Di Kalimantan Selatan, ada ajakan untuk tidak ngebut, “Penunggu jalan di sini senang ngikuti pengemudi yang suka ngebut.”

Gerakan moral yang mencuat lewat pesan-pesan itu bukan tanpa alasan. Masalah kecelakaan lalu lintas jalan sudah mencemaskan kehidupan sosial masyarakat. Bagaimana tidak. Setiap hari ada 280-an kasus kecelakaan yang merenggut 70-an jiwa per hari.

Ironisnya, mayoritas pemicu kecelakaan tadi adalah perilaku pengguna jalan. Khususnya, perilaku ugal-ugalan alias melanggar aturan.

Misal, sudah tahu saat lampu pengatur lalu lintas berwarna merah adalah berhenti. Namun, justeru diterobos. Lalu, tabrakan.

Atau, sudah ada rambu dilarang melintas, masih saja diterabas. Melawan arah. Lalu, memicu kecelakaan.

Masih banyak perilaku yang berisiko memicu kecelakaan di jalan. Kesemuanya dapat dengan mudah dilihat di sekitar kita. Karena itu, gerakan moral yang dilakukan masyarakat adalah ajakan berperilaku lalu lintas jalan yang aman dan selamat. (edo rusyanto)

foto:
IG ibadzafa15
dok IBC

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: