Lanjut ke konten

Melongok Sejenak Kecelakaan Sepeda Motor di Kota Bandung

2 Januari 2018

Motorola
RAZRV3x
85.98.90R
2009:02:11 17:37:48

HARI kedua 2018, yakni Selasa, 2 Januari pagi, saya mendapat kiriman visual kecelakaan sepeda motor dengan sepeda motor melalui media sosial instagram. Dalam video berdurasi sekitar satu menit itu terlihat sepeda motor menabrak dari arah belakang sepeda motor lainnya. Kecelakaan terjadi di persimpangan jalan Kota Bandung, Jawa Barat.

Tentu sebuah kabar tidak menggenakkan. Upaya para pemangku kepentingan (stakeholder) di Bandung untuk menekan jumlah situasi tidak menggenakkan itu bukan tidak sedikit. Sebuah pekerjaan sulit, walau sulit bukan berarti tidak bisa.

Fakta data memperlihatkan bahwa dari sisi pengguna jalan, sepeda motor merupakan yang terbesar dalam kecelakaan lalu lintas jalan di kota berpenduduk 2,49 juta jiwa itu. Maklum, Ibu Kota Provinsi Jawa Barat tersebut memiliki pertumbuhan kendaraan bermotor yang cukup tinggi. Pada 2010, jumlah kendaraan bermotor rata-rata meningkat 11% per tahun. Kondisi itu tak sebanding dengan pertumbuhan jalan yang 1,29% per tahun. Praktis, sejumlah problem lalu lintas jalan pun mencuat, mulai dari kemacetan hingga kecelakaan lalu lintas jalan.

Kini, jumlah kendaraan bermotor yang tercatat setidaknya lebih dari satu juta unit. Dari jumlah itu sekitar 69% nya adalah sepeda motor. Ledakan jumlah kendaraan bermotor dituding sebagai salah satu faktor penyebab terhadap kecelakaan lalu lintas jalan.

Kembali soal keterlibatan sepeda motor dalam kecelakaan. Data Bandung Road Safety Annual Report menyebutkan, keterlibatan sepeda motor mencapai 72% merujuk data 2015-2016.

Dari sisi korban cedera, pengguna sepeda motor tercatat mencapai sekitar 73% dari total korban. Sementara itu, dari sisi korban yang meninggal dunia, pesepeda motor mendominasi hingga 71%.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa kecelakaan lalu lintas jalan menempati posisi ke-10 sebagai penyebab kematian warga Kota Bandung. Kontribusi kecelakaan menyentuh angka 2,5% dari total penyebab kematian di kota berjuluk Paris van Java itu. Pada 2015-2016, sebanyak 184 orang tewas akibat kecelakaan di kota tersebut. sementara itu, korban luka berat mencapai 29 orang dan luka ringan 1.580 orang. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: