Lanjut ke konten

Aksi Simpatik Anak-anak Muda Pengguna Kereta

22 Desember 2017
tags:

RATUSAN ribu orang setiap hari memanfaatkan kereta rel listrik (KRL) di Jakarta dan sekitarnya. Angkutan umum massal ini menjadi idola warga Depok, Bogor, Bekasi, dan Tangerang. Serta, tentu saja warga Jakarta.

“KRL sekarang cukup nyaman, walau selalu penuh, bahkan saat malam hari, terlebih dari arah Jakarta ke Bogor,” ujar Arief, warga Bogor, saat berbincang dengan saya, di Jakarta, baru-baru ini.

Hampir setiap hari, pria muda itu menggunakan ular besi untuk pergi dan pulang kerja. Dia tinggal di kawasan Ciawi, Bogor, sedangkan kantornya terletak di kawasan Jakarta Selatan.

“Saya juga sering naik kereta, terlebih saat masih kuliah di Depok,” ujar Fiyan, seorang pemuda di Jakarta.
Namun, kata dia, di tengah kenyamanan para penumpang kereta, ada saja ulah orang-orang tidak bertanggung jawab. Mulai dari tindakan pencopetan hingga pelecehan seksual. “Biasanya, berdalih kereta yang bergoyang, ada yang memanfaatkan menggesek-gesekkan tubuhnya ke lawan jenis,” kata dia.

Di tengah itu semua, lanjutnya, komunitas pengguna kereta melakukan aksi spontanitas, Jumat, 22 Desember 2017 siang. Aksi yang berlangsung sekitar dua jam itu bertempat di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Sekitar 15 anak-anak muda menggelar aksi simpatik di sela kopi darat (kopdar) KRL Mania.

“Tujuannya untuk memberikan peringatan kepada penumpang KRL agar lebih waspada,” papar prira bertubuh gempal itu.
Soal pilihan di Stasiun Manggarai, tambanyah, karena Manggarai merupakan stasiun transit terbesar di Jakarta. “Jadi, kami bisa menarik perhatian banyak orang,” kata Fiyan. (edo rusyanto)

foto:ruhullah

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: