Skip to content

Santunan Kecelakaan Tembus Rp 6 Triliun

12 September 2017

DALAM lima tahun terakhir, 2012-2016, jumlah santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas jalan tembus Rp 6 triliun. Kecelakaan demi kecelakaan masih mewarnai jalan raya di Indonesia.

Santunan tersebut mencakup bagi seluruh korban, mulai luka ringan hingga meninggal dunia. Jumlah ini baru berasal dari PT Jasa Raharja. Entah dari sumber lain.

Pastinya, kecelakaan berdampak panjang. Salah satunya adalah soal ekonomi. Kecelakaan bisa merepotkan ekonomi keluarga. Apalagi jika korban yang meninggal dunia adalah tiang ekonomi keluarga. Semua bisa menjadi berantakan.

Setidaknya, secara ekonomi dapat membuat korban kecelakaan dan keluarganya repot mengeluarkan biaya untuk perawatan rumah sakit. Atau, setelah sembuh tidak seproduktif seperti sebelum terlibat dalam kecelakaan lalu litas jalan.

Dalam rentang waktu 2012-2016, jumlah santunan biaya perawatan korban kecelakaan mencapai sekitar Rp 2,5 triliun. Sebuah angka yang tidak kecil mengingat angka itu setara dengan untuk mengobati sekitar 364 ribu orang.

Sekadar menyegarkan ingatan kita. Menurut data PT Jasa Raharja, sepanjang 2012-2016, jumlah total korban kecelakaan tercatat setengah juta orang lebih. Sekitar 71%-nya menderita luka-luka, baik menderita luka ringan dan luka berat. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: