Skip to content

Dokter Cantik Ini Naik Motor Sambangi Warga

28 Juli 2017

DOKTER muda berparas cantik ini ramai diperbincangkan netizen beberapa hari ini. Foto dirinya sedang naik sepeda motor mendapat banyak perhatian.

Ya. Dia adalah dokter Indah Kusumah yang tergabung dalam tim Layad Rawat, ambulans sepeda motor Kota Bandung, Jawa Barat. “Negara yang mendatangi warga, bukan warga yang selalu mendatangi negara,” ujar Walikota Bandung, Ridwan Kamil soal konsep Layad Rawat bersepeda motor, dalam akun Instagram pribadinya, Rabu, 26 Juli 2017.

Layad Rawat yang diluncurkan untuk masyarakat tidak mampu itu terdiri atas 11 ambulans motor dan satu ambulans mobil berfasilitas lengkap. Layanan yang digulirkan Pemerintah Kota Bandung itu memang bukan yang pertamakali di Indonesia. Sebelumnya sudah ada layanan serupa seperti yang digulirkan Polres Brebes, Jawa Tengah. Dalam peluncurannya pada Jumat, 9 Juni 2017 disebutkan bahwa tiga ambulans motor Brebes merupakan hasil kerja sama kepolisian setempat dengan Dinas Kesehatan Brebes.

Kembali soal ambulans motor di Bandung. Menurut Ridwan Kamil, program Layad Rawat mencakup 1.590 dokter, perawat, dan tenaga kesehatan. Mereka akan datang ke rumah-rumah warga tidak mampu.”Perawatan hanya untuk situasi pasien yang tidak kritis atau jika berat tetap dirujuk ke rumah sakit oleh tim Layad Rawat,” katanya.

Untuk layanan ini disediakan aplikasi layad rawat di playstore atau telepon 119.

Nah, di dalam program itu Indah Kusuma yang juga gemar menyanyi itu didapuk sebagai duta Layad Rawat. Tugas mulia melani warga tidak mampu tampaknya bukan hal baru bagi dokter lulusan Universitas Ahmad Yani (Unjani) itu. Dia kerap melakukan kegiatan sosial bersama teman-temannya. Pada Ramadan 2016, dia melakukan kegiatan peduli dan berbagi dengan anak-anak yatim piatu. “Which I really like. Semoga kedepan bisa bikin acara charity yang lebih berfaedah,” tuturnya dalam akun instagram yang diunggah 20 Juni 2017.

Foto dokter kelahiran 9 April 1994 ini sempat dipajang fotonya di dalam akun instagram Walikota. Ada foto dirinya sedang naik sepeda motor lengkap dengan helm. Selain itu, tentu saja foto ketika ia sedang melayani warga tidak mampu. Sebuah tugas yang mulia.

“11 ambulance motor untuk pungkal pengkol masuk gang sempit sudah disiapkan. Ambulance mobil khusus yang dilengkapi dengan EKG/USG dan lain-lain juga disiapkan, semua gratis, termasuk obat-obatannya,” tutur Ridwan Kamil.

Semoga tim Layad Rawat juga menjaga konsentrasi dengan terus fokus dan waspada saat bersepeda motor menyambangi para pasien. Berbekal konsentrasi yang tinggi, ketrampilan berkendara yang mumpuni, serta kepedulian pada aturan dan etika berkendara, kita harapkan tugas mulia tim itu berjalan mulus. Sekalipun ambulans mendapat hak utama di jalan raya, tetap saja para tenaga medis yang bersepeda motor itu harus terus waspada melihat situasi lalu lintas jalan dengan seksama. Jangan sampai dokter dan timnya terluka akibat kecelakaan lalu lintas jalan.

Apalagi pada 2016, di Kota Bandung setiap empat hari jatuh satu korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas jalan. Maklum, setiap hari terjadi dua kecelakaan di Kota Kembang tersebut. (edo rusyanto)

foto:
akun ig indahkus_
akun ig ridwankamil

One Comment leave one →
  1. vegadeth permalink
    31 Juli 2017 09:33

    jd pengen sakit nih, Btw bekasi kan jawa barat, masuk ga om? hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: