Skip to content

Mengintip Lokasi Kecelakaan Paling Mematikan di Jakarta

26 Juli 2017

DUA perempuan muda itu tentu tak pernah menyangka. Perjalanannya menggunakan sepeda motor berujung petaka.

Sepeda motor yang mereka tumpangi ketika melintas di Jalan Raya Cakung-Cilincing (Cacing), Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara, terserempet sepeda motor lain. Irsep, ketika sebut saja begitu, tidak mampu mengedalikan tunggangannya. Irsep dan rekannya, Karnim, kita sapa saja begitu, terjatuh ke aspal. Ironisnya, dari arah belakang datang truk kontainer. Brak!

Kecelakaan pada Kamis, 28 April 2016 itu menjadi salah satu kecelakaan maut yang terjadi di Jakarta utara (Jakut), DKI Jakarta pada 2016. Tahun lalu, Jakut menjadi lokai kecelakaan paling mematikan di kota Jakarta.

Mari kita tengok data Korlantas Mabes Polri.

Pada 2016, Jakut menjadi kawasan kecelakaan paling mematikan di wilayah Polda Metro Jaya. Wilayah hukum kepolisian ini mencakup Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Dari beberapa wilayah itu, khusus di Jakarta, kawasan Jakut merupakan lokasi paling banyak merenggut korban jiwa. Di Jakut, setiap dua hari ada satu korban kecelakaan yang meninggal dunia akibat kecelakaan.

Dari sisi kontribusi korban meninggal, Jakut menempati posisi nomor wahid di wilayah Polda Metro Jaya. Menurut data tahun 2016, kontribusi Jakut sekitar 16,23%.

Lokasi kedua yang paling mematikan adalah kawasan Jakarta Timur (Jaktim). Di kota ini setiap tiga hari ada satu korban tewas akibat kecelakaan. Sedangkan dari sisi kontribusi mencapai sekitar 10,93%.

Selain itu, kota Jakarta Barat (Jakbar) menempati posisi ketiga paling mematikan di Jakarta pada 2016. Tahun lalu, setiap tiga hari ada satu korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas jalan. Dari sisi kontribusi, kawasan ini menyumbang sekitar 9,05%.

Sementara itu, dari sisi kejadian, kawasan Jaktim justeru menempati posisi teratas di Provinsi DKI Jakarta. Pada 2016, di Jaktim terjadi dua kecelakaan per hari. Sedangkan posisi kedua ditempati Jakut, yakni satu kecelakaan per hari. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: