Skip to content

Lima Kawasan Paling Banyak Dihuni Mobil

20 Juli 2017

DI Indonesia, saat ini populasi mobil sudah menyentuh 10,3% dari total kendaraan yang tercatat di Korlantas Mabes Polri. Per 2016, jumlah kendaraan di Tanah Air mencapai sekitar 128,3 juta unit.

Kendaraan bermotor itu mencakup mobil penumpang, bus, mobil barang, kendaraan khusus (ransus), dan sepeda motor. Tentu saja kendaraan bermotor yang paling dominan masih dipegang oleh sepeda motor. Si roda dua masih menjadi favorit karena dinilai lebih mangkus dan sangkil. Belum lagi harganya yang relatif terjangkau oleh kebanyakan masyarakat kita.

Nah, dari keseluruhan jumlah mobil yang tercatat, berikut ini adalah lima kawasan yang paling banyak dihuni mobil jenis penumpang alias mobil pribadi.

Pertama, kawasan Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek).
Di kawasan ini, pada 2016, bersemayam sekitar 3,67 juta mobil penumpang alias mobil pribadi. Jumlah itu jauh lebih besar dibandingkan empat wilayah lainnya. Jumlah mobil di kawasan ini menyumbang sekitar 19% dari total populasi kendaraan bermotor. Jauh lebih kecil dibandingkan sepeda motor yang mencapai sekitar 75%.

Kedua, kawasan Jawa Barat, yakni 1,36 juta unit.
Kontribusi mobil penumpang terhadap total kendaraan bermotor di Jawa Barat mencapai sekitar 13%. Sepeda motor masih dominan di kawasan ini dengan kontribusi sekitar 81%.

Ketiga, kawasan Jawa Timur sekitar 1,30 juta unit.
Di provinsi ini sepeda motor masih didominan, yakni berkontribusi sekitar 87% terhadap total kendaraan bermotor. Sedangkan sumbangan mobil penumpang sekitar 8%.

Keempat, Jawa Tengah sekitar 1,08 juta unit.
Sumbangan mobil terhadap populasi kendaraan bermotor di provinsi ini sekitar 7%. Jauh lebih kecil dibandingkan sepeda motor yang sekitar 88%.

Kelima, Sumatera Selatan sekitar 1,03 juta unit.
Inilah provinsi di luar Pulau Jawa yang memiliki jumlah mobil paling besar. Kontribusinya sekitar 12% terhadap jumlah kendaraan bermotor di Sumsel. Mirip dengan di Jawa, sepeda motor masih dominan, yakni sekitar 82%. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: