Skip to content

Lima Kecelakaan Paling Mematikan Tahun 2017

18 Juli 2017

MEMASUKI bulan ketujuh tahun 2017 Indonesia belum bisa terlepas dari petaka jalan raya. Kecelakaan demi kecelakaan terjadi. Korban pun terus berjatuhan.

Ratusan, bahkan ribuan kecelakaan terjadi hingga pertengahan Jul 2017. Jerit tangis, kesedihan, dan teriakan minta tolong mewarnai lalu lintas jalan di berbagai kota di Tanah Air.

Dari ribuan kecelakaan yang terjadi tersebut tercatat setidaknya lima kecelakaana paling mematikan di Indonesia. Kelimanya terjadi di lima lokasi yang berbeda. Disebut paling mematikan karena akibat kecelakaan yang ditimbulkan merenggut jumlah korban jiwa yang cukup banyak.

1). Kecelakaan Bus di Probolinggo

Kecelakaan maut menggegerkan Desa Curah Sawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo , Jawa Timur, Jumat, 14 Juli 2017 sekitar pukul 02.30 WITA. Jeritan tangis dan kesakitan memecah udara dingin yang berbalut kegelapan. Sebanyak 10 orang meregang nyawa dan belasan menderita luka-luka.

Mereka adalah korban dari tabrakan bus malam Medali Mas nopol N 7130 UA dengan truk bermuatan pupuk DR 8600 AB. Bus berpenumpang sekitar 40 orang itu berangkat dari Bali menuju Malang, Jawa Timur.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Burung dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/7), menyatakan, awalnya, kendaraan truk Hino dengan nomor polisi DR-8600-AB yang dikemudikan Munawir berjalan dari barat ke timur. Kemudian terjadi serempetan dengan bus Medali Mas bernopol N-7130-UA yang dikemudikan Rifai Kerto. Saat di jalan menikung, truk berjalan di tengah-tengah menghabiskan bagian jalan yang semestinya dipakai kendaraan dari arah berlawanan. Tak pelak tabrakan pun terjadi dengan bus Medali Mas yang melaju kencang dari arah sebaliknya.

2). Kecelakaan Minibus Maut di Dairi

Minibus berpenumpang 12 orang terbalik dan masuk ke dalam kolam di pingir jalan. Buntutnya, sembilan orang meninggal dunia dan selebihnya menderita luka-luka.

Peristiwa mengenaskan yang menimpa penumpang Toyota Avanza hitam BK 1568 KM itu terjadi di desa Tanjung Beringin, kecamatan Sumbul, Dairi, Sumatera Utara (Sumut), Senin, 2 Januari 2017 sekitar pukul 16.00 WIB. Mobil melaju dari arah Medan menuju Sidikalang. Informasi yang beredar menyebutkan bahwa mobil itu melaju dengan kecepatan tinggi. Padahal, kondisi jalan saat itu menurun, sempit dan menikung. Selain itu, kondisis jalan pun agak rusak.

Kapolres Dairi AKBP Kobul Syahrin Ritonga yang dihubungi Republika, mengatakan, mobil keluar badan jalan. Lalu, terbalik dan masuk kolam yang berada di bahu jalan sebelah kiri yang kedalamannya lima meter dari permukaan jalan. Seluruh penumpang yang meninggal dan selamat merupakan keluarga besar Lamsir Banjarnahor, warga desa Martudu, Baktiraja, Humbang Hasundutan.

3). Kecelakaan Bus Pariwisata di Cipanas

Jerit kesakitan dan meminta tolong kembali terdengar di kawasan Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu, 30 April 2017. Bus pariwisata menabrak sejumlah kendaraan dan akhirnya terjerembab di ladang milik warga.

Delapan orang meninggal dunia dan belasan lainnya mengalami luka-luka. Bus pariwisata bernomor polisi B 7057 BGA menabrak tiga mobil, empat sepeda motor, dan sebuah angkot jurusan Cipanas – Puncak. Saat itu, bus melaju dari arah Puncak menuju Cipanas.

Laman kompas.com menyebutkan bahwa kecelakaan terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Mengutip keterangan resmi pihak kepolisian, laman itu memberitakan bahwa kejadian di Cipanas menjadi peristiwa mengenaskan kedua di kawasan Puncak, setelah sepekan sebelumnya terjadi hal serupa di Gadog, Bogor.

4). Kecelakaan Mobil Travel di Jembrana

Niat para pemudik asal Jember, Jawa Timur (Jatim) berlebaran di kampung halaman pupus. Mobil travel microbus Elf yang mereka tumpangi dari Bali menuju Jember, Jatim bertabrakan dengan truk tronton, Sabtu, 17 Juni 2017 sekitar pukul 21.30 WITA.

Kecelakaan di KM 121-122 atau 300 meter sebelah barat dari Pura Tirta Segara Rupek, Gilimanuk, Melaya, Jembrana, Bali ini merenggut delapan korban jiwa. Selain itu, tiga korban luka berat dan dua korban luka ringan. Kesemuanya penumpang mobil travel.
Korban bergelimpangan ketika microbus Isuzu Elf bernopol S 7485 N dari arah timur (Denpasar) menuju Jember menabrak Truk Hino bernopol DK 9455 WL yang melaju dari arah barat (Gilimanuk) dengan tujuan Denpasar. Sebelum menabrak truk Hino, saksi mata melihat mobil travel berpenumpang 13 orang itu oleng dan melaju dengan kecepatan tinggi.
Seluruh korban kecelakaan maut tersebut merupakan buruh proyek yang bekerja di Petitenget, Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

5). Kecelakaan Minibus di Probolinggo

Jalur Pantura Jawa, persisnya di kawasan Desa Tamansari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur menjadi saksi bisu kecelakaan maut antara mobil Toyota Avanza dengan bus pariwisata, Sabtu, 24 Juni 2017. Enam dari tujuh penumpang Avanza meregang nyawa, sedangkan satu dalam kondisi kritis.

Hasan, salah satu keluarga korban, menjelaskan, dalam kecelakaan ini, dia kehilangan anak, mertua, adik kandung, dan adik ipar. Sedangkan anak laki-lakinya dalam kondisi kritis.

Buntut dari kecelakaan itu puluhan penumpang bus dari Bali tujuan Blitar dan Tulungagung, keduanya di Jawa Timur, sempat tekatung-katung di tempat kejadian.

Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara mengatakan, kecelakaan itu terjadi akibat human error sopir Avanza. “Avanza menyalip kendaraan di depannya lalu menabrak bus pariwisata. Akibatnya, kecelakaan tak bisa dihindarkan,” kata dia. (edo rusyanto)

Sumber: berbagai media massa
Foto: tribunmedan

Iklan
One Comment leave one →
  1. 19 Juli 2017 12:16

    Minta izin yah admin yang terhormat untuk post and share di sini
    Peluang menguntungkan, gak perlu keluarin biaya banyak Di Langitqq
    merefrensikan teman dapet bonus dan bonus Refferal 20% seumur hidup
    Mini D3p0 15Rb
    Mini Wd 25Rb
    Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi :
    PIN BBM : D86DE61B
    WA : +855969560855

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: