Skip to content

Ini Syarat Kalau Mau Membatasi Motor

12 Juli 2017

Pembatasan pergerakan lalu lintas sepeda motor sudah diterapkan di Indonesia, khususnya di Jakarta, sejak 17 Januari 2015. Tanggal itu menandai mulai diberlakukannya sanksi bagi para pelanggar aturan tersebut.

Sepeda motor dilarang melintas di jalur utama kota Jakarta, persisnya di dua ruas jalan protokol, yaitu Jl MH Thamrin dan Jl Medan Merdeka Barat. Keduanya terletak di Jakarta Pusat yang dikenal sebagai pusat pemerintahan serta pusat ekonomi dan bisnis. Sedangkan jam pembatasan berlaku dalam rentang pukul 05.00 hingga pukul 23.00 WIB.

Awalnya, latar belakang pembatasan sepeda motor santer dikaitkan dengan upaya menurunkan kecelakaan lalu lintas jalan. Namun, belakangan isu itu reda dengan sendirinya dan alasan pun bertumpu pada soal upaya mengurai kemacetan lalu lintas jalan di Jakarta yang sudah demikian kronis. Masyarakat pun dapat memahami untuk alasan tersebut.

Secara hukum, pembatasan pergerakan lalu lintas jalan cukup kuat. DKI Jakarta memiliki Peraturan Daerah (Perda) No 5 tahun 2014 yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pada 28 April 2014. Dalam aturan ini disebutkan bahwa untuk melaksanakan pengendalian lalu lintas jalan, salah satunya Pemda dapat melakukan pembatasan lalu lintas sepeda motor pada kawasan tertentu dan/atau waktu dan/atau jaringan jalan tertentu.

Perda tersebut merujuk pada UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang diteken oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 22 Juni 2009. Selain itu, merujuk pada PP No 32/2011 tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisis Dampak, serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas yang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 21 Juni 2011. Kedua regulasi ini memungkinkan untuk terjadinya pembatasan lalu lintas sepeda motor.

Kapan sebuah ruas jalan dapat melakukan pembatasan?

Di dalam PP 32/2011 ditegaskan bahwa jalan yang dibatasi sedikitnya memenui kriteria memiliki perbandingan volume lalu lintas kendaraan bermotor dengan kapasitas jalan pada salah satu jalur jalan sama dengan atau lebih besar dari 0,5 (nol koma lima). Dan kedua, telah tersedia jaringan dan pelayanan angkutan umum dalam trayek yang memenuhi standar pelayanan minimal pada jalan, kawasan, atau koridor yang bersangkutan.

Masih merujuk pada PP 32/2011, angkutan umum yang disediakan harus memenuhi standar pelayanan minimal (SPM). Defenisi SPM bila merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 98 tahun 2013 yang diteken Menteri Perhubungan EE Mangidaan pada 30 Desember 2013 meliputi; keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan, dan keteraturan.

Salah satu aspek dalam keteraturan, khususnya dalam jarak antara kendaraan angkutan perkotaan disebutkan bahwa pada waktu puncak paling lama 15 menit dan non puncak paling lama 30 menit. Penentuan waktu puncak disesuaikan kondisi masing-masing daerah.

Artinya, jika angkutan umum yang dimaksud telah terwujud, pembatasan sepeda motor pun dapat melenggang dengan mulus. Namun, tetap dengan catatan, dilakukan sosialisasi dengan massif dan tepat sasaran. Lalu, pemerintah menjalankan transparansi informasi ke publik perihal alasan pembatasan dan dampak dari penerapan pembatasan. Apakah ada efeknya dalam mengurai kemacetan lalu lintas jalan? (edo rusyanto)

foto:istimewa

Iklan
2 Komentar leave one →
  1. 12 Juli 2017 08:41

    Pembatasan di ruas jalan tertentu, sebenarnya cuma mengalihkan kemacetan ke ruas yang lain.

    Menurut saya populasi kendaraannya yg mesti. dikendalikan. Hampir setiap negara maju memiliki regulasinya.

    Seperti misalnya di korsel:

    http://indomoto.com/2012/12/09/begini-lho-cara-korea-selatan-mengendalikan-populasi-kendaraan-bermotor/

  2. 19 Juli 2017 12:19

    Minta izin yah admin yang terhormat untuk post and share di sini
    Peluang menguntungkan, gak perlu keluarin biaya banyak Di Langitqq
    merefrensikan teman dapet bonus dan bonus Refferal 20% seumur hidup
    Mini D3p0 15Rb
    Mini Wd 25Rb
    Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi :
    PIN BBM : D86DE61B
    WA : +855969560855

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: