Skip to content

Sampai 2020, Sekitar 71 Juta Motor Masuk Indonesia

11 Juli 2017

SEPEDA motor masih menjadi pilihan kebanyakan orang di Indonesia. Kendaraan bermotor itu dipilih sebagai alat transportasi.

Si roda dua dianggap mangkus dan sangkil. Tak heran, para produsen yang tergabung di dalam Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) memprediksi sepanjang empat tahun kedepan bakal terjual sekitar 27,8 juta sepeda motor di Indonesia.

Artinya, dalam rentang 2017-2020 itu setiap jamnya bakal masuk sekitar 794 motor ke Tanah Air. Itu baru dari anggota Aisi loh. Masih ada pemain bisnis sepeda motor lainnya yang tidak tergabung dalam asosiasi tersebut.

Nah, masih menurut data Aisi, sepanjang 10 tahun, yakni dari 2011-2020, total sepeda motor yang menggerojok pasar di Indonesia mencapai sekitar 71,5 juta unit.

Angka itu setara dengan sekitar 7,1 juta motor per tahun. Atau, setara dengan sekitar 19 ribuan unit per hari. Luar biasa kan?

Sekali lagi, sepeda motor diminati mengingat kendaraan yang satu ini dapat mengantar penumpangnya dari satu titik ke titik lain (point to point).

Berbeda dengan menggunakan angkutan umum yang untuk mencapai satu titik dengan titik lain harus berganti dua atau tiga moda transportasi. Disinilah alasan kepraktisan mendominasi menjadi latar belakang kenapa konsumen membeli sepeda motor.

Secara umum, penggunaan sepeda motor saat ini memang untuk alat transportasi. Banyak yang saya temui para pengguna sepeda motor untuk mencari nafkah. Baik itu untuk pergi ke tempat kerja, maupun untuk ke tempat wirausaha.

Ironisnya, di sisi lain, keterlibatan sepeda motor juga masih tergolong tinggi di dalam kecelakaan lalu lintas jalan. Data Korlantas Mabes Polri pada 2016 menyebutkan bahwa keterlibatan sepeda motor menyentuh sekitar 71%. Artinya, dari total kendaraan yang terlibat kecelakaan, kontribusi sepeda motor sebanyak itu. Dapatkah ditekan? (edo rusyanto)

Iklan
2 Komentar leave one →
  1. gilaroda2ga permalink
    11 Juli 2017 14:41

    Sampe 200jt, 1orang 1motor…josss

  2. 19 Juli 2017 12:18

    Minta izin yah admin yang terhormat untuk post and share di sini
    Peluang menguntungkan, gak perlu keluarin biaya banyak Di Langitqq
    merefrensikan teman dapet bonus dan bonus Refferal 20% seumur hidup
    Mini D3p0 15Rb
    Mini Wd 25Rb
    Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi :
    PIN BBM : D86DE61B
    WA : +855969560855

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: