Skip to content

Ceroboh Saat Berbelok Bikin Runyam

7 Juli 2017

SUATU ketika seorang pesepeda motor terjerembab lantaran hendak berbelok. Tidak tanggung-tanggung, sebuah bus besar yang menyebabkan penunggang kuda besi itu tunggang langgang.

Saat kecelakaan, kuda besi terlindas roda bus. Begitu juga dengan pengendaranya. Namun, Dewi Fortuna masih berpihak pada sang pengendara. Dia masih dapat berdiri dan berjalan, sedangkan sepeda motornya teronggok di permukaan aspal.

Cerita soal berbelok yang berujung petaka daftarnya cukup panjang. Tentu, kita tak ingin masuk dalam daftar tadi. Caranya mudah, mulailah dengan meremehkan cara berbelok yang aman dan selamat.

Fakta data yang saya peroleh memperlihatkan bahwa dari sudut perilaku pengemudi, aspek ceroboh saat berbelok menyumban sekitar 14% kecelakaan lalu lintas jalan pada 2016. Setiap harinya terjadi sekitar 40 kecelakaan. Angka itu naik sekitar 5% dibandingkan setahun sebelumnya.

Bayangkan, setiap hari 40 kecelakaan terjadi karena ceroboh saat berbelok. Sudah pasti daftar korbannya juga cukup panjang. Lantas, bagaimana supaya tidak ceroboh?

Pertama, pastikan saat hendak berbelok memberikan isyarat. Nyalakan lampu isyarat. Itupun jangan mendadak. Setidaknya 10 detik sebelum berbelok sudah menyalakan lampu isyarat, tentu segera matikan lampu isyarat ketika sudah berbelok.

Kedua, cermati situasi sekitar. Caranya, pandangan dilemparkan ke arah tujuan hendak berbelok. Lalu, lihat kaca spion untuk memastikan kondisi cukup aman alias tidak ada pergerakan dari belakang yang membahayakan.

Ketiga, perlambat laju kendaraan. Sebisa mungkin laju kendaraan dikurangi ketika hendak berbelok. Ingat, semakin cepat laju kendaraan, kian terbuka celah untuk terjadinya kecelakaan.

Ketiga hal itu selalu saya terapkan ketika hendak berbelok dan cukup membantu kenyamanan, keamanan, dan keselamatan saat berlalu lintas jalan. Bukan mustahil ada resep tambahan untuk urusan yang satu ini. Hal itu sah-sah saja, bahkan bisa saling melengkapi. Tidak ada ruginya untuk saling berbagi dan peduli. Betul? (edo rusyanto)

Iklan
One Comment leave one →
  1. 18 Juli 2017 19:25

    http://life.108jakarta.com/2017/07/fujifilm-hentikan-produksi-mirrorless-xt1-dan-xt10?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: