Skip to content

Mengabaikan Jalur Hak Pejalan Kaki Berisiko Seperti Ini

6 Juli 2017

PERNAH lihat foto seorang perempuan mengadang pesepeda motor yang melintas di trotoar Jakarta? Atau, pernah menonton video perempuan menentang pesepeda motor melintas di trotoar kolong jembatan Semanggi, juga di kota Jakarta?

Ya. Itulah ekspresi kegeraman pedestrian atas perampasan hak jalurnya melintas. Sudah jelas trotoar adalah jalur pedestrian berjalan kaki, bukan untuk kendaraan bermotor.

Tahukah kita bahwa mengabaikan hak jalur pejalan kaki berbuah getir?
Setahu saya jalur hak pejalan kaki mencakup trotoar, jembatan penyeberangan orang (JPO), dan zebra cross. Untuk yang terakhir, merupakan tempat pedestrian menyeberang jalan. Fasilitas yang satu ini juga kerap diabaikan. Banyak kendaaan bermotor yang berhenti di area tersebut. Entah kenapa.

Nah, mengabaikan jalur hak pejalan kaki ternyata bisa berbuah kecelakaan lalu lintas jalan. Perilaku seperti itu menyumbang sekitar menyumbang sekitar 7% terhadap total kejadian pada 2016. Tiap hari, ada 20 kasus kecelakaan. Angka itu naik sekitar 2% dibandingkan setahun sebelumnya.

Sejatinya hak pejalan kaki dilindungi oleh Undang Undang (UU) No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Regulasi itu menempatkan semua pengguna jalan sesuai porsinya. Lazimnya aturan, ada ancaman sanksi bagi para pelanggar aturan. Namun, terlepas dari hal itu ada baiknya kita senantiasa menggunakan akal sehat dan nurani bahwa merampas hak adalah perilaku bar-bar.

Guna menyegarkan ingatan kita, pada 2016, kasus kecelakaan menabrak orang ternyata juga meningkat, yakni sekitar 5%. Jenis kecelakaan menabrak orang menyumbang sekitar 15% terhadap total kecelakaan di Indonesia. Angka itu setara dengan 44 kasus setiap hari.

Oh ya, data-data dalam tulisan ini saya kutip dari Korlantas Mabes Polri untuk periode Januari-September 2016. Semoga berfaedah. (edo rusyanto)

Iklan
One Comment leave one →
  1. 6 Juli 2017 14:40

    sungguh terlalu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: