Skip to content

Selamat Idul Fitri, Selamat Kembali ke Rumah

24 Juni 2017

SUARA takbir berkumandang. Gemuruh beduk bertalu-talu. Nuansa kebahagiaan dan keceriaan terlihat diseantero sudut kota dan perkampungan. Mereka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 hijriah atau tahun 2017 menurut kalender masehi.

Para muslimin dan muslimat bersalam-salaman, saling memaafkan lahir dan bathin. Perjuangan ibadah puasa selama satu bulan terlunasi dengan kebahagiaan tiada tara. Semua kembali suci untuk hidup yang lebih baik.

Hidup yang lebih baik senantiasa saling menghormati dan menghargai. Antar anggota masyarakat saling menjaga perasaan dan sudi berbagi, termasuk di jalan raya. Perilaku berlalu lintas jalan pun sejatinya ikut sudi saling menghargai, tak ada lagi saling serobot. Apalagi melanggar aturan.

Kita tahu, ketika aturan dilanggar seenaknya siap-siap saja berujung petaka. Kecelakaan lalu lintas jalan amat mudah terjadi ketika para pengguna jalan berperilaku ugal-ugalan alias melanggar aturan. Sudah amat banyak fakta untuk hal itu. Seharusnya, kita bisa belajar banyak bila ingin terhindar.

Betul bahwa kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan sulit dibendung, tapi kita bisa memangkas fatalitasnya. Memperkecil potensi dampak buruk akibat kecelakaan. Langkah awal untuk itu adalah dengan berperilaku lalu lintas jalan yang Independent Bikers Club (IBC) sebut sebagai ‘Bersahabat, Santun di Jalan.’

Senantiasa menggunakan nurani dan akal sehat. Itulah esensi keadaban kita sebagai manusia. Itu pula yang selalu digaungkan oleh Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) bahwa perikemanusian kita menjadi tameng ketika berlalulintas di jalan raya. Manusia yang bernurani dan selalu menggunakan akal sehat sadar betul bahwa merusak tatakrama sama dengan menghancurkan kehidupan.

Selamat Idul Fitri 1438 H, mohon maaf lahir dan bathin. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: