Skip to content

Bahaya Tersembunyi Ceroboh Saat Menyalip

13 Juni 2017

PERNAH berpapasan dengan pengendara yang menyalip seenak hatinya? Bikin repot?

Kerepotan dapat bertambah saat ulah sang penyalip tadi berbuntut insiden. Apalagi, kalau sampai berujung kecelakaan. Urusan menjadi panjang. Tak semata kehilangan waktu, namun bisa lebih dari itu.

Pernah saya baca berita soal kecelakaan sepeda motor yang diawali oleh kecerobohan saat menyalip atau mendahului. Tabrakan adu kambing pun tak terhindarkan. Tidak tanggung-tanggung, melibatkan tiga sepeda motor. Remuk sudah.

Ironisnya, kecelakaan itu merenggut korban jiwa seorang pelajar. Bisa dibayangkan remuk redamnya hati orang tua dari pelajar itu. Anak yang diharapkan memiliki masa depan cerah harus meninggal di jalan raya lantaran kecelakaan lalu lintas jalan.

Sering orang lupa bahwa teledor mendahului di jalan raya merupakan pembunuh tersembunyi. Pada 2016, perilaku ceroboh saat nyalip menyumbang sekitar 12% terhadap total kecelakaan di Tanah Air. Saat itu, setiap hari terjadi sekitar 30 kecelakaan karena perilaku ini. Miris.

Supaya tidak ceroboh saat menyalip perlu membekali diri dengan beberapa jurus. Pertama, pastikan sebelum mendahului sudah punya informasi cukup mengenai pergerakan lalu lintas dari belakang, samping, dan depan. Informasi tadi memperlihatkan situasi cukup aman.

Kedua, pastikan tidak ada marka garis putih menyambung. Kalau ada marka jalan ini lebih baik niatnya ditunda.

Ketiga, pastikan saat mendahului kondisi jalan dan lingkungannya cukup memungkinkan. Misal, tidak menanjak, menikung, menurun, apalagi jalan bergelombang atau berlubang. Kondisi lain yang perlu mendapat perhatian adalah area jembatan dan sekolah yang banyak anak menyebrang.

Tiga jurus itu menjadi kata kunci agar tidak ceroboh saat menyalip. Sekali lagi, mendahului membutuhkan perhitungan matang. Kecermatan analisis atas situasi yang ada membutuhkan konsentrasi prima. Kalau sebatas mengandalkan keberanian, nekat. (edo rusyanto)

Foto: instagram tmcpoldametro

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: