Skip to content

Kecelakaan Menabrak Orang Meningkat

5 Juni 2017

18512372 293904454371046 8408302216053522432 n

PEJALAN kaki maupun orang yang ada di sisi jalan harap ekstra waspada. Salah-salah bisa menjadi korban tabrakan kendaraan bermotor yang lepas kendali.

Sudah banyak contoh untuk hal itu. Bagaimana penyeberang jalan diseruduk sepeda motor atau mobil. Bahkan, orang yang sedang duduk di warung pinggir jalan pun bisa menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Miris.

Tahukah kita bahwa jenis kecelakaan kendaraan menabrak orang ternyata jumlahnya meningkat?

Dalam catatan Korlantas Mabes Polri terlihat bahwa kasus menabrak orang naik sekitar 5% pada 2016. Data itu memperlihatkan bahwa kontribusi jenis kecelakaan ini mencapai sekitar 15% terhadap total kasus kecelakaan di Indonesia. Rerata terjadi sekitar 40 kecelakaan per hari.

Data yang saya peroleh itu memang tidak merinci lebih jauh. Tidak diketahui berapa kasus kecelakaan kendaraan yang menabrak pejalan kaki atau penyeberang jalan. Juga tidak diketahui berapa kasus kecelakaan yang menabrak orang di pinggir jalan, misal sedang di warung atau di dalam rumah.

Pastinya, jenis kecelakaan yang satu ini mutlak menjadi perhatian kita semua. Khusus bagi para pengendara, mutlak untuk lebih memprioritaskan para pejalan kaki maupun pesepeda kayuh. Dua kelompok pengguna jalan ini termasuk dalam kategori yang rentan kecelakaan. Tentu saja dampak yang ditimbulkan terhadap korban dapat lebih buruk pula.

Di sisi lain, para pejalan kaki juga tak boleh lengah sedikit pun ketika melintas di jalan raya. Entah itu sekadar berjalan maupun ketika menyeberang, terlebih di area yang tidak memiliki fasilitas penyeberangan orang. Lewat kewaspadaan yang tinggi diharapkan ikut meredam potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas jalan. Sekali lagi, langkah itu bagian dari kita untuk ikhtiar, yakni upaya untuk tetap aman dan selamat ketika berlalu lintas jalan.

Oh ya, data yang saya kutip di atas adalah untuk periode Januari-Oktober 2016 dibandingkan periode sama setahun sebelumnya. (edo rusyanto)

Grafis: akun IG kemenhub

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: