Skip to content

Tahukah Bahwa Kecelakaan Tunggal Lebih Mematikan?

4 Juni 2017

DAMPAK kecelakaan tunggal ternyata cukup serius. Bila dilihat dari komposisi korban yang meninggal dunia, kecelakaan tunggal lebih mematikan dibandingkan jenis kecelakaan lalu lintas jalan lainnya.

Jumlah korban meninggal dunia akibat berbagai jenis kecelakaan di jalan sekitar 15% dari total korban pada 2016. Namun, korban meninggal akibat kecelakaan tunggal mencapai sekitar 22% dari total jumlah kecelakaan.

Data Korlantas Mabes Polri itu menimbulkan pertanyaan lanjutan, kenapa kecelakaan tunggal lebih mematikan?

Saat berlalu lintas jalan, kecelakaan tunggal dapat dipicu oleh faktor internal dan eksternal pengendara. Faktor internal boleh memiliki beragam aspek seperti lengah, sakit, atau mengantuk. Sedangkan aspek eksternal dapat berupa jalan rusak atau berlubang dan penerangan lampu jalan yang minim atau tidak ada penerangan sama sekali.

Kondisi fisik pengendara yang sedang sakit, ngantuk, dan lengah bisa memicu kecelakaan tunggal. Kendaraan yang dikemudikan bisa menabrak pohon atau dinding. Bahkan, bisa terperosok ke sungai atau jurang.

Begitu juga jalan yang rusak dan minimnya lampu penerangan jalan. Kondisi ini bisa membuat pengendara terjerembab, khususnya pesepeda motor.

Kecelakaan tunggal dapat lebih mematikan ketika lokasi kejadian sulit terjangkau tim bantuan atau pertongan medis. Keterlambatan pemberian pertolongan bisa membuat situasi lebih buruk.

Oh ya, data kecelakaan tunggal di atas untuk periode Januari-Oktober 2016. Dan, tahukah Anda bahwa dalam sepuluh bulan 2016 saja terjadi lonjakan 12% dibandingkan periode sama 2015.

(edo rusyanto)

Foto: tmc polda metro jaya

Iklan
One Comment leave one →
  1. 12 Juni 2017 09:32

    ngerii

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: