Lanjut ke konten

Begini Perkiraan Arus Mudik di Jalan Tol

1 Juni 2017

LALU lintas jalan selama musim mudik Lebaran selalu diwarnai kemacetan. Arus kendaraan tersendat disana-sini, tidak ketinggalan tentu saja di area jalan tol.

PT Jasa Marga selaku operator jalan tol terbesar di Indonesia memprediksi ada peningkatan arus kendaraan di jalan tol pada masa puncak arus mudik tahun 2017 dibandingkan setahun sebelumnya. Peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol itu berbeda-beda di setiap ruas tol yang ada.

Perusahaan pelat merah itu memperkirakan, untuk di gerbang tol Palimanan arah ke kota-kota di Jawa Tengah, peningkatannya bakal signifikan. Bila pada 2016 tercatat sekitar 64 ribu kendaraan, tahun ini diprediksi melonjak 65,46% menjadi sekitar 106 ribu kendaraan. Luar biasa.

Lalu, di gerbang tol Manyaran arah Jatingaleh diprediksi melonjak sekitar 22% menjadi sekitar 55 ribu kendaraan. Sedangkan peningkatan ketiga terbesar dicatat di gerbang tol Kanci (exit) yang diprediksi sekitar 14%, yakni menjadi sekitar 16 ribu kendaraan.

Khusus untuk tahun 2017, masa puncak arus kendaraan di jalan tol diprediksi terjadi pada Jumat, 23 Juni atau H-2 Lebaran. Sedangkan perkiraan masa puncak arus balik pada Jumat, 30 Juni 2017 atau H+4.

Pada puncak arus mudik 2016, jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol mencapai 384.896 kendaraan. Sedangkan tahun ini diprediksi mencapai 444.658 kendaraan. Artinya, bakal ada lonjakan sekitar 16%. Sekali lagi, itu baru pergerakan pada masa puncak semata.

Lantas, bagaimana jika dibandingkan dengan lalu lintas harian normal? Ternyata melonjak drastis. Maklum, pada situasi normal, tercatat per hari 245.813 kendaraan. Artinya, melonjak sekitar 81%. Luar biasa.

Oh ya, jumlah kendaraan itu dicatat di delapan gerbang tol yang mencakup Cikarang Utama (entrance), Ciawi (exit), dan Cileunyi (exit). Lalu, Kanci (exit), Palimanan (arah Jawa), dan Cikupa (arah Merak). Selain itu, Manyaran (arah Jatingaleh) dan Tembalang (arah Jatingaleh). (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: