Skip to content

Mimpi Memindahkan 44 Ribu Pemudik Bersepeda Motor

26 Mei 2017

PEMERINTAH tampaknya terus berupaya menjaga keselamatan para pemudik Lebaran. Khusus bagi para pesepeda motor, salah satu jurus yang dipakai adalah dengan memindahkan mereka ke moda angkutan umum lewat program mudik gratis.

“Tahun 2017, target kami sebanyak 44.700 sepeda motor pemudik pindah ke moda angkutan lain seperti bus, kereta api, dan kapal laut,” ujar Kapuskom Kementerian Perhubungan (Kemenhub) JA Barata, saat berbincang dengan saya di kantornya di Jakarta, baru-baru ini.

Kalau dibandingkan dengan torehan tahun 2016, target itu melonjak 155%. Salah satu yang membuat lonjakan terjadi karena angkutan dengan kapal laut dihidupkan kembali. “Tahun 2016 tidak ada yang diangkut dengan kapal laut, tahun ini ada 16 ribu yang kami harapkan untuk diangkut,” tutur dia.

Dua kota tujuan mudik yang menggunakan kapal laut adalah Bandar Lampung (Lampung) dan Semarang (Jawa Tengah). “Konsentrasi kami memang ke kota-kota di Pulau Jawa yang banyak mencatat perjalanan mudik memakai sepeda motor,” ujar pria berkacamata itu.

Bagi pemudik yang hendak memanfaatkan program mudik gratis dengan kapal laut dapat menghubungi kantor Kemenhub. Satu keluarga maksimal tiga orang. Berbeda dengan program mudik yang menggunakan kereta api, mereka yang naik kapal laut tidak diwajibkan membeli tiket.

Maklum, mereka yang memilih memakai kereta api harus menunjukan telah memiliki tiket, barulah sepeda motornya diangkut gratis dengan kereta api. Namun, kemenhub juga memfasilitasi pemesanan tiketnya sehingga tidak perlu antre panjang seperti jalur biasa. “Makanya untuk yang mudik pakai kereta api sudah hampir mencapai target yang sebanyak 18 ribu motor,” kata Barata.

Memindahkan 44.700 pemudik bersepeda motor ke angkutan umum tentu bukan pekerjaan mudah. Bisa jadi itu adalah mimpi indah yang harus diwujudkan. Sekalipun kalangan swasta ikut bergerak lewat program mudik gratis, tampaknya masih sulit. Di sisi lain, sulit memang bukan berarti tidak bisa.

Perhatian pada pemudik bersepeda motor bukan tanpa alasan. Perjalanan jarak jauh hingga ratusan kilometer menanggung risiko tinggi. Terbukti pada musim mudik Lebaran keterlibatan sepeda motor dalam kecelakaan lalu lintas jalan jumlahnya mendominasi.

Upaya mencegah terjadinya kecelakaan memang tak semata dengan memindahkan ke angkutan yang lain. Ketika jutaan sepeda motor pemudik tak tertampung angkutan umum, upaya kita adalah mengajak agar manajemen perjalanannya tetap aman dan selamat. Kami menyebutnya, mudik sehat=mudik selamat. (edo rusyanto)

foto:david

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: