Skip to content

75% Penerima Santunan Jasa Raharja Kalangan Pesepeda Motor

10 Mei 2017

img 20170406 06246 1491587885152

JUMLAH korban kecelakaan yang menerima santunan dari PT Jasa Raharja mencapai 120.910 orang pada 2016. Tahukah Anda bahwa dari jumlah tersebut sekitar 75% nya atau hampir 91 ribu orang adalah dari kalangan pesepeda motor. Baik itu pengendara maupun yang dibonceng atau yang menumpang di sepeda motor.

Korban yang menerima santunan tersebut beragam. Ada yang menderita luka-luka, meninggal dunia hingga mereka yang menderita cacat tubuh.

Lalu, setelah kalangan pesepeda motor, korban kedua terbesar yang menerima santunan adalah dari kelompok pejalan kaki/sejenisnya, yakni sekitar 16%. Angka itu setara dengan hampir 20 ribu orang. Sedangkan kelompok lainnya, seperti penumpang mobil dan pengendara mobil sekitar 11 ribu orang atau setara dengan sekitar 9%.

Kembali ke kalangan pesepeda motor. Jumlah penerima santunan pada 2016 ternyata meningkat dibandingkan dengan setahun sebelumnya. Pada 2015, penerima santunan dari kalangan pesepeda motor sekitar 76 ribu orang. Data Jasa Raharja mencatat, lonjakan di kelompok ini mencapai sekitar 19%.
Apakah artinya para pengendara sepeda motor rawan kecelakaan lalu lintas jalan? Bisa jadi.

Sementara itu, dari sisi jumlah total santunan yang disalurkan Jasa Raharja pada 2016 tercatat sekitar Rp 1,43 triliun. Angka itu melonjak sekitar 11% dibandingkan dengan tahun 2015 yang sekitar Rp 1,29 triliun.

Oh ya, PT Jasa Raharja adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang tugasnya menghimpun dan menyalurkan dana santunan korban kecelakaan. Jenis kecelakaan yang disantuni mulai dari kecelakaan lalu lintas jalan, laut, hingga udara.
Tentu besaran santunan berbeda-beda, mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 50 juta bagi korban meninggal dunia. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: