Skip to content

Pelanggaran yang Sesungguhnya Bisa 200 Kali Lipat

8 Mei 2017

BERAPA banyak pelanggaran lalu lintas jalan di Indonesia setiap tahun? Lalu, kita tergoda untuk bertanya, kenapa pelanggaran masih terus terjadi?

Bahkan, pertanyaan bisa merembet, apa dampak dari pelanggaran tersebut?

Mau tahu jawabannya? Mari kita tengok sejenak data Korlantas Mabes Polri.

Tahun 2016, jumlah pelanggaran lalu lintas jalan tercatat sekitar 8,5 juta kasus. Artinya, setiap hari ada sekitar 2.300-an pelanggaran. Jenisnya macam-macam, mulai dari pelanggaran surat-surat hingga marka dan rambu jalan.

"Jumlah pelanggaran masih cukup tinggi, bahkan fakta sesungguhnya bisa saja 100 atau 200 kali dari yang tercatat," ujar Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, Brigadir Jenderal (Brigjen) Chrysnanda Dwi Laksana, dalam suatu kesempatan, di Jakarta, baru-baru ini.

Pernyataan sang jenderal amat masuk akal. Maklum, saat ini pencatatan masih dilakukan manual. Sudah menjadi rahasia umum bahwa jumlah aparat tak mampu memantau seluruh pergerakan kendaraan di seantero jalan Nusantara.

Nah, jumlah pelanggaran tahun 2016 bila dibandingkan dengan tahun 2015 angkanya terjadi peningkatan sekitar 7%.

Data Korlantas Polri memperlihatkan bahwa pada 2015 jumlah pelanggaran sebanyak 7,9 juta kasus. Artinya, setiap hari terjadi 2.100-an pelanggaran.

Amat mungkin pelanggaran terjadi karena tidak tahu akan aturan yang ada. Di situasi berbeda, ada yang sekadar ikut-kutan. Bahkan, bisa jadi sudah tahu tapi tidak mau tahu.

Apapun alasannya, fakta memperlihatkan bahwa pelanggaran dengan mudah kita lihat di jalan raya. Dampak pelanggaran bisa menyakitkan, yakni memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas jalan. Di bagian lain, lantaran melanggar aturan, terbuka lebar bagi sang pelaku menjadi pelaku kecelakaan. Untuk yang ini tentu saja tambah menyakitkan. Maklum, pelaku kecelakaan bisa diganjar hukuman pidana. Bisa berupa penjara atau denda. Bahkan, bisa kena keduanya. Pahit kan? (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: