Skip to content

Ini Fakta Bahwa Kecelakaan Memiskinkan Kita

28 April 2017

BANYAK yang bertanya-tanya, apa iya kecelakaan lalu lintas jalan bisa memiskinkan masyarakat? Lalu, kenapa hal itu bisa terjadi?

"Data yang kami miliki menyebutkan bahwa kecelakaan lalu lintas jalan membuat miskin 62,5% keluarga korban kecelakaan yang meninggal dunia," tutur Budi, direktur operasi PT Jasa Raharja, dalam Focus Group Disscusion (FGD) di Korlantas Mabes Polri, di Jakarta, Jumat, 28 April 2017 pagi.

Bayangkan, ada berapa keluarga dari 25 ribu lebih korban meninggal dunia akibat kecelakaan pada 2016. Mereka berasal dari beragam kelompok sosial ekonomi, mulai dari kelas bawah hingga atas. Bukan mustahil diantara mereka adalah para tiang ekonomi keluarga.

Bisa jadi keluarga tersebut kehilangan tiang ekonomi keluarga. Sumber pendapatan keluarga berkurang drastis, sedangkan biaya atau pengeluaran keluarga jumlahnya kian membengkak. Di titik inilah kehidupan ekonomi keluarga menjadi limbung.

"Di bagian lain, 67% keluarga korban yang menderita luka berat tingkat kesejahteraannya menurun," tambah dia.

Amat mungkin yang tadinya sempat liburan keluarga secara berkala menjadi turun drastis jumlahnya. Atau, bila semula sempat menabung dengan baik menjadi berkurang, bahkan tidak sama sekali.

Selain itu, kata Budi, kecelakaan memiskinkan 13% keluarga korban kecelakaan yang menderita luka berat. Di sisi lain, dari total keluarga korban kecelakaan yang menderita luka berat, sebanyak 7% diantaranya mampu memulihkan ekonominya.

Ya. Kecelakaan berdampak luas. Ada dimensi sosial, ekonomi hingga hukum. Khusus dampak ekonomi, kehidupan keluarga bisa morat marit ketika tiang ekonomi keluarga tiada. Karena itu, butuh antisipasi yang cermat mengingat kecelakaan hadir tanpa diduga.

Banyak instrumen untuk menguatkan ekonomi keluarga. Mulai dari memperluas sumber pendapatan keluarga, menabung hingga asuransi. Khusus soal asuransi, masyarakat kita masih belum familiar. Butuh edukasi mendalam akan pentingnya peran asuransi dalam menjaga stabilitas daya tahan ekonomi keluarga. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: