Skip to content

Lewat Sini, Banyak Motor yang Bergoyang

27 April 2017

TIGA hari belakangan ini saya melihat pemandangan baru di sepanjang jalan menuju Patung Pancoran, Jakarta Selatan. Banyak pesepeda motor yang bergoyang. Maksudnya, laju kendaraannya rada oleng, walau tanpa insiden.

Lokasi persisnya di Jl Raya Pasar Minggu dari arah pertigaan pertigaan Kalibata, Jakarta Selatan menuju patung yang punya nama asli Patung Dirgantara. Pemandangan serupa saya lihat pada Rabu, 26 April 2017 sore.

Di sisi jalan terdapat sebuah spanduk peringatan dengan warna yang cukup mencolok mata. Spanduk itu berisi tulisan ‘Hati-hati!!! Jalan Beda Tinggi dan Berbutir.’

Mereka yang bergoyang bukan lantaran sedang mendengar lagu Turun Naik yang sedang ngehitz. Tapi, lantaran si roda dua melaju di atas jalan yang sedang menjalani pekerjaan pelapisan aspal. Kondisi permukaan jalan ada yang berbeda tinggi dan adan yang berbulir. Maklum, permukaan aspal dalam kondisi sudah digaruk alat berat.

Goyangnya si kuda besi ada yang nyaris berujung kecelakaan. Lantaran pengendaranya sigap, petaka pun batal hadir. Tapi, ada juga yang memilih melambatkan kendaraannya dan melenggang di sisi paling kiri. Tidak masalah.

Suasana justeru menjadi tidak karuan saat ada yang tidak sabar. Termasuk pengemudi mobil yang membunyikan klakson nyaringnya. Bisa jadi dia tidak memahami bagaimana effort orang tertentu dalam mengatasi lintasan seperti itu.

Jawaban paling pas hanyalah tetap fokus dan waspada. Caranya melepas pandangan sejauh mata memandang kedepan. Dan, berpegangan erat ke setang motor. Berbekal konsentrasi seperti itu bisa lebih aman dan selamat di jalan yang bergelombang. Jajal deh. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: