Skip to content

Kuis Ala Australia Buat Jaga Kewaspadaan Pengemudi

20 April 2017

MALAM merangkak menuju dinihari ketika sebuah pesan tertulis masuk via akun facebook saya. 

“Malam pak Edo. Apa kabar?” tulis Efi, dari seberang sana, baru-baru ini. 

“Baik. Apa kabar Efi?” jawab saya. 

Dia pun menjawab hal yang sama. Kami sudah cukup lama tidak berkomunikasi karena kesibukan masing-masing. 

Efi adalah perempuan muda yang gemar berjalan-jalan alias traveling ke manca negara. Kolega saya yang satu ini terkenal cukup dinamis. Suatu waktu ada di Asia, namun di lain kesempatan ada di Australia. Saat berkomunikasi dinihari itu dia sedang ada di Kolombia, Amerika Latin. 

“Pak saya lagi liat-liat foto perjalanan saya di Australia kemarin. Eh, nemu yang kayaknya seru buat dibagi ke followers pak Edo,” sergahnya.

Wah, pasti menarik nih. Seru saya dalam hati. “Foto apa?”

Efi pun mengirimkan foto yang dia maksud. Tampak terlihat ada papan rambu jalan yang bertuliskan pertanyaan kuis. Sedangkan di foto lainnya ditegaskan bahwa kehadiran kuis diharapkan dapat membantu kewaspadaan para pengendara.

“Foto diambil di antara kota Maryborough dan Bundaberg, Australia. Nah, yang di Bruce Highway ini rambu jalan yang berisi pertannyaan trivia quiz,” tuturnya.

Menurut dia, jalanan di Australia banyak yang lurus dan mulus. Kadang, membuat bosan dan bikin ngantuk. “Jadi biasanya di tiap highway ada anjuran dari pengatur jalan raya untuk para pengendara berhenti untuk berisitrahat biar nggak terlalu capek,” kata Efi.

Pertanyaannya, tutur dia, seputar sejarah Queensland dan apa yang menarik dari negara bagian tersebut. Papan pertama isinya pertanyaan, lalu papan berikutnya setelah beberapa kilometer (km) berisi jawaban atas pertanyaan yang ada. “Jarak antar papan rambu yang satu dengan yang lain sekitar 5 kilometer,” urainya.

Kehadiran kuis itu bagi Efi cukup membantu.

“Saya pernah nyetir dari Brisbane, ibu kota Queensland, ke Bundaberg yang jaraknya 400 km. Pas liat rambu ini di tengah-tengah perjalanan justeru bikin semangat karena pengen tau jawabannya,” kata dia.

Dia menceritakan, jalur perjalanan Brisbane-Bundaberg ditempuh dalam delapan jam karena diselingi dengan berhenti untuk istirahat tidur. “Karena sehari sebelumnya gantian nyetir jarak 1.300 km dalam waktu 14-15 jam. Sebenarnya untuk perjalanan Brisbane-Bundaberg tanpa berhenti bisa ditempuh 4-5 jam,” tukasnya.

Menarik juga nih kuis, batin saya. Kewaspadaan pengendara menjadi bekal untuk tetap berkonsentrasi ketika mengemudi. Lewat konsentrasi yang terjaga diharapkan mampu memperkecil potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas jalan. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: