Skip to content

Coba Lima Jurus Ini Jika Ketemu Razia Lalin

19 April 2017

KITA kenal beragam bentuk operasi kepolisian lalu lintas di jalan raya. Sebut saja misalnya, Operasi Simpatik, Operasi Zebra, dan Operasi Patuh.

Ketiganya, kalau kita perhatikan seksama, bermuara pada persoalan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan berlalu lintas jalan.

Tak bisa diabaikan bahwa persoalan keselamatan berlalu lintas menempati porsi terbesar. Itu dalam pemikiran saya. Maklum, kepolisian berujar bahwa kecelakaan senantiasa diawali oleh pelanggaran aturan di jalan. Kalau pelanggaran dapat ditekan, kasus kecelakaan juga bisa berkurang dong?

Nah, menghadapi razia lalu lintas jalan sesungguhnya hal yang biasa. Selaku pengendara perlu memperhatikan beberapa hal agar suasana tetap nyaman dan aman. Kalau pengalaman saya seperti ini.

Pertama, selalu membawa kelengkapan surat-surat seperti surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan surat izin mengemudi (SIM). Tentu, masa berlaku surat-surat itu pastikan tetap hidup.

Kedua, ikuti arahan petugas ketika diminta menepi di tempat yang aman dan selamat. Sebisa mungkin ketika berhenti tidak ikut menambah kemacetan lalu lintas jalan.

Ketiga, jawab salam petugas dan ikuti arahan permintaan menunjukan surat-surat yang diminta.

Keempat, pastikan razia yang dihadapi adalah benar adanya/legal. Salah satunya dengan melihat papan informasi adanya kegiatan razia.

Kelima, jika dianggap bersalah karena suatu pelanggaran, mintalah kejelasan kesalahan yang dimaksud dan regulasi yang dilanggar. Tentu, lihat juga identitas sang petugas.

Sebagai warga negara, kita para pengguna jalan tentu saja wajib mematuhi aturan yang berlaku di jalan raya. Salah satunya, mengikuti tata karma operasi yang berlaku.
(edo rusyanto)

Iklan
2 Komentar leave one →
  1. 20 April 2017 10:04

    Reblogged this on Suetoclub's Blog.

  2. 20 April 2017 20:07

    hahaha,,, kalo boleh saya kasih nama jurusnya adalah “ILMU KUDU” alias kudu lengkap surat2 dan sopan sama pak polisi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: