Skip to content

Salah Satu Manfaat SEE, Menghindari Tabrak Samping

17 April 2017

BUKAN mustahil kecelakaan terjadi saat kita berputar arah atau berbelok. Tabrakan terjadi karena ada pengendara lain yang datang dari samping dengan kecepatan tinggi. Brak!

Contohnya seperti dalam tayangan video ini. Mobil yang hendak berputar arah diseruduk pesepeda motor yang melaju kencang di sisi kanan jalan.

Kalau kita perhatikan seksama, mobil memang sudah memberi lampu penunjuk arah atau sein untuk berbelok. Namun, bisa jadi pesepeda motor tidak menduga pergerakan itu. Jadilah tabrak samping.

Kita para pengguna jalan, khususnya pesepeda motor, tak boleh lengah sedikitpun ketika berkendara. Resep untuk mencegah tabrakan seperti video di atas yang utama adalah menerapkan SEE alias see, evaluate, dan execute secara maksimal.

SEE bermakna menghimpun informasi dengan melihat ke arah depan, belakang, dan sekeliling. Lalu, mengkalkulasi risiko. Misal, apakah ketika mendahului sudah cukup aman. Terakhir, mengambil keputusan apakah perlu untuk mendahului atau tetap melaju di belakang kendaraan yang ada di depan.

Langkah penting dalam SEE adalah menebar pandangan jauh ke depan untuk menyerap informasi sebanyak-banyaknya. Hal itu untuk mengantisipasi pergerakan yang muncul dari obyek bergerak. Di sisi lain, juga mengantisipasi obyek bergerak yang ada di depan seperti misalnya lubang dan gundukan di permukaan jalan.

Belok atau Berputar Arah

Oh ya, bagi kendaraan yang hendak berbelok atau berputar arah, mohon perhatikan hal-hal ini. Pertama, pengemudi kendaraan yang akan berbelok atau berbalik arah wajib mengamati situasi lalu lintas di depan, disamping, dan di belakang kendaraan. Kedua, memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan.

Nah, khusus untuk langkah kedua, bila tidak dilakukan bisa kena semprit pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

Tuh kan. (edo rusyanto)

foto:dok ibc

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: