Skip to content

Perilaku Patwal Presiden yang Bikin Anda Terpana

9 April 2017

SEORANG wartawati yang ngepos di Istana Presiden suatu hari mengirimi saya sebuah link youtube cukup menarik. Wartawati kolega saya ini sehari-hari meliput kegiatan Presiden Republik Indonesia.

Hampir seluruh kegiatan penting Presiden diliput oleh kolega saya ini. Entah itu aktivitas di Istana, di pelosok daerah hingga keluar negeri.

Link yang Novy Lumanauw, nama kolega saya, kirimkan ternyata berisi tentang bagaimana perilaku pasukan pengawal Presiden. Dalam video berdurasi sekitar empat menit itu digambarkan bagaimana kebiasaan baru para pengawal di jalan raya. Saya sebut baru karena baru pertamakali mengetahui tata cara itu. Sebelum-sebelumnya saya tidak mendengar tata cara yang ada di video tersebut.

“Tidak membunyikan sirene, tetap sopan dan santun. Acungkan jempol apabila masyarakat umum sudah memberikan akses sebagai tanda ucapan terimakasih,” kata pria yang dalam video itu sedang memberikan pengarahan kepada tim pasukan pengawal.

Adegan memberi acungan jempol tampak di video tersebut. Pasukan pengawal presiden (Paspampres) berbaju batik menjulurkan tangan dan mengacungkan jempol kepada warga pengguna jalan. Begitu juga pengawal presiden yang mengendarai sepeda motor dan berbaju serba hitam.

“Tidak ada penutupan jalan semuanya mengalir seperti biasa. Jangan sampai kita lewat mengganggu masyarakat umum,” tutur pria berseragam militer yang memberi pengarahan tadi.

Dalam tayangan video tampak rombongan Presiden melaju membelah kemacetan lalu lintas jalan tanpa riuh rendah suara sirene. Pasukan pengawal bersepeda motor melaju dengan santun. Ada dua jenis pasukan bersepeda motor, yakni dari Kepolisian RI dan Paspampres. Sekalipun demikian kesiagaan penuh terlihat jelas dari ekspresi para pengawal tersebut. senjata siap di tangan dan komunikasi terus terjalin melalui pesawat radio.

Lebih lengkapnya, silakan lihat di link ini. Anda pasti terpana. (edo rusyanto)

foto:youtube

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: