Skip to content

Perempuan Ini Emosi Mobilnya Diserempet di Tol

21 Maret 2017

WAJAH Dina, kita sebut saja demikian, tampak memerah. Siang itu dia menceritakan pengalaman tidak mengenakkan yang dialaminya di jalan tol. Mobilnya diserempet.

“Waktu itu, saya niat pindah lajur ke kiri. Tahu-tahu ada mobil lain. Kejadian deh, bruk!” tutur dia, pertengahan Maret 2017, siang.

Dirinya dan sang penyerempet akhirnya sama-sama menepikan kendaraannya. Mereka pun saling adu argumen. Dina ditempatkan sebagai pengendara yang melanggar aturan karena melintasi garis putih menyambung. Sang penyerempet merasa dirinya benar. “Eh, dia langsung kabur. Saya jadi bingung. Apakah saya salah? Saya kan sudah menyalakan lampu sein,” sergah dia.

Kejadian seperti Dina bukan mustahil cukup banyak di jalan raya. maksudnya, orang pindah lajur seenaknya di area yang memiliki marka jalan garis putih menyambung. Kita tahu, marka jalan itu bermakna tidak boleh dilintasi untuk berpindah lajur. Bagaimana kalau situasinya darurat?

Tentu lain cerita. Kondisi darurat seperti mengalami kerusakan mesin atau kerusakan ban. Terpaksa melintasi marka jalan garis menyambung tadi.

Di jalan tol, marka jalan mutlak diperhatikan, tentu termasuk marka jalannya. Jika Dina diserempet yang bikin mobilnya lecet, lain lagi dengan Tata, kita sapa saja demikian.

Pria muda itu melintasi marka jalan menyambung karena merasa buru-buru dan berujung kena tilang. “Saya melintasi marka jalan menyambung karena buru-buru mau ketemu klien,” tutur pria itu saat berbincang dengan saya di Jakarta, baru-baru ini.

Dia merasa tidak apa-apa melibas marka jalan itu. Apalagi, katanya, dia melihat banyak orang yang melintas di bahu jalan. “Saya mungkin apes karena tahu-tahu ada mobil polisi di dekat saya,” seloroh dia.

Rasanya masih ada pengendara seperti Tata. Permisifme demikian kental. Marka dan rambu seakan menjadi hiasan. Atau, jangan-jangan memang banyak yang belum memahami makna rambu. Misalnya, apa makna warna rambu hijau dan biru yang sering kita lihat di jalan tol? Ada yang tahu? (edo rusyanto)

One Comment leave one →
  1. 27 Mei 2017 09:55

    mantap (^_^)

Tinggalkan Balasan

